Sharing a Complaint

Waktu hari Sabtu kemaren gue mampir ke MTA, ke Vision Counter yang ada di Galeria Matahari. Di sana lagi sale .. DVD seharga 59-69ribu, VCD seharga 15ribu. Judul-judul yang gue liat buat DVD antara lain: Lilo & Stitch, The Last Samurai, Ocean's Eleven, Hercules, The Princess Diaries, The Majestic, dll. Gue ambil Ocean's Eleven yang cuma available satu copy. Gue kocok-kocok, it sounded firm inside. Terus gue bawa ke petugasnya (cewek), gue minta DVD-nya dibuka soalnya gue mau check disc-nya. (Pengalaman beberapa kali sale Vision, pas dibuka di counter disc-nya cacat .. I even wonder, jangan-jangan karena itu mereka sering ngadain sale sampe semurah itu). Tapi si Mbak bilang ga bisa, harus bayar dulu di kasir, nanti baru dibuka. Gue sempet ragu-ragu, karena seandainya kenapa-napa, urusan bakalan jadi panjang kalo gue udah bayar. But hell, I ignored my sense .. toh disc-nya ga floating.

Jadi gue bayar nih, 59ribu .. cash. I suggest it would be easy to be refunded if I paid by cash. Pas gue balik lagi ke counter buat ambil DVD-nya, ternyata itu udah dibuka sama salah satu petugas lainnya dan udah dipasang di player mereka. Hmm. Not good. Gimana seandainya itu disc malah scratched karena player mereka? Gue bilang sama itu petugas, ga perlu dicoba, gue cuma mau liat disc-nya. Tapi entah ngerti or nggak, kayaknya dijadiin angin lalu aja, dan itu DVD tetep diputer. Gue diemin sampe menunya keluar, dan gue bilang: "Cukup, Mas. Keluarin aja, saya cuma mau liat disc-nya."

Disc-nya dikeluarin .. and voila .. there were scratches here and there. Ga deep sih, tapi cukup annoying. Gue yakin itu bukan karena abis diputer di player, tapi karena emang dari sebelum dibuka udah scratched. Gue ngajuin pertanyaan bodoh ke si Mas, "Ini kenapa nih?" .. dan dijawab dengan sama bodohnya, "Ini karena kena ini .. (sambil nunjuk ke clam case-nya) ..". Gue minta ganti copy yang lain .. dan si Mas berikut si Mbak langsung ngebongkar-bongkar tumpukan DVD yang ada di sana .. which was useless, karena gue sendiri udah ngebongkar dan tau kalo film itu cuma ada satu copy. Tapi gue diemin, dan gue biarin mereka nyari-nyari for a while. Selagi nyari, si Mbak ngajuin tawaran klise: "Ga mau ganti judul lain, Mbak?". I knew it .. and I snapped: "Nggak mau. Saya cuma mau film yang itu." Bongkar-bongkar lagi .. sia-sia .. nawarin lagi: "Ga mau judul lain aja, Mbak?" .. and again, gue jawab: "Saya ga tertarik sama film lain".

Oke. At this point, mungkin gue bisa aja berbaik hati waiving the complaint and grabbed some other vcds/dvds for instant .. but I really wanted to make them see it, and I didn't want to let them go away that easy. Gue mau tau, solusi apa yang bisa mereka tawarkan ke gue. Dan ternyata sampe sejauh ini, selain nawarin judul lain, ga ada. Sampe akhirnya gue sendiri yang ngajuin masalah refund, dan ternyata ditolak mentah-mentah sama mereka. They thought I was stupid enough not knowing that refund could be done in any case of factory faulty in certain period of time, not to mention it was within the same day of purchase (walaupun emang di struk selalu tertulis "barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan") .. I had lots of experience in voiding, rebating, refunding expenses. Mereka cuma ga mau repot aja.

Sampe Andri dateng buat lunch bareng, dan dia liat tampang gue udah mulai keras .. wondering what was happening. Petugas-petugas yang lain juga udah menjauh dari lokasi counter, ngeliatin aja dari kejauhan (termasuk si Mas yang tadi nyoba disc). Dateng satu petugas cewek dengan seragam jacket, perhaps one of the supervisors .. nanya ini itu sama si Mbak, and again .. nanya: "Ganti judul lain aja gimana? Soalnya filmnya ga ada lagi yang lain." Gue jawab: "Kalo ga ada, ya saya ga jadi beli. Saya minta uang saya dikembaliin." Dijawab lagi dengan tampang meminta pengertian: "Nggak bisa, Mbak." And I had had enough, I exploded. "DARI SEBELUM BAYAR SAYA UDAH MINTA DVD-NYD DIBUKA BUAT DIPERIKSA. SAYA PUNYA PENGALAMAN NERIMA DISC SALE YANG CACAT. TAPI GA DIKASIH, DIMINTA BAYAR DULU. OKE, SAYA BAYAR .. DAN KENYATAANNYA BENER CACAT KAN?? SAYA TAU KALO UDAH DIBAYAR, URUSAN BISA JADI PANJANG KAYAK BEGINI. SEKARANG INI SALAH SIAPA?? SALAH SAYA??!! MEMANG SIH CUMA 59RIBU, TAPI SAYA MINTA SOLUSINYA GIMANA SEKARANG???!!!"

Boy, I surely made a scene. Gue emang sering complain, tapi jarang banget gue complain dengan suara keras di depan umum begitu (gue ngerti banget ga enak rasanya dibentak-bentak, but I couldn't help it). Gue tuh bener-bener ga abis pikir, masih ada satu solusi yang ga mereka tawarin ke gue (atau mungkin yang ga terpikir sama mereka, hell, gue ga mau ngedikte solusi apa yang harusnya mereka kasih ke gue .. pinteran dikit napa kalo jualan?). Oke kalo refund seemed impossible for them. Gimana kalo mereka nelepon ke outlet Vision yang lain (atau Vision pusat), check stock, dan minta transfer antar outlet?? Gue rela kok nunggu beberapa hari sampe itu transferan dateng .. it's better than accepting their lame offer about changing the title over and over again, ignoring my answer .. keliatannya mereka berusaha banget mengubah pikiran gue. Andri yang selama ini diem aja, akhirnya buka suara (mungkin karena ngeliat kepala gue udah berasap, ato mungkin karena ga enak banyak orang yang udah tertarik ngelirik-lirik ke TKP - tempat kejadian perkara). Dia ambil disc-nya, terus ditunjukin ke si Mbak-Mbak itu .. "Ini disc-nya cacat parah lho, Mbak. Coba deh, tolong dicari lagi .. di tempat lain mungkin ada".

Naaaaah. Baru deh, si Mbak ambil inisiatif buat check ke Hero di basement .. sampe setengah lari. Gue sama Andri nunggu lamaaaaa .. sempet ngeliat si Mbak udah balik .. tapi terus ngilang lagi .. akhirnya muncul lagi ngambil nota pembelian en DVD yang cacat itu. Here came the refund! Andri masih basa-basi nanya: "Bisa direfund ya, Mbak?" .. dan si Mbak dengan senyum dipaksain (udah mo nangis) ngejawab: "Bisa. Ini saya minta tolong supaya dikasih refund". Hah. See?

Uang gue dikembalikan dengan selamat. Dan gue masih irritate sama this unfortunate incident, gue sempetin bilang ke si Mbak dan supervisornya: "Itu disc yang cacat pisahin aja, jangan dijual lagi. Nanti kena complain lagi." Terus gue tinggal. Pft. Gue sendiri kecewa karena gue lebih prefer dapet ganti disc dibanding dapet uang kembali. But anyway .. gue bakalan jauh-jauh dari Vision Galeria MTA, for temporary.

Oh .. berita sukacitanya nih .. sebelum lunch, gue nyempetin mampir ke Duta Suara MTA .. dan ternyata ada satu copy Ocean's Eleven yang di-sale dengan harga yang sama. I grabbed it, brought it to the cashier .. and asked for a disc-checking. Si kasir ngangguk dan tanpa banyak bicara masukin code penjualan ke mesin register, terus dia langsung buka itu DVD dan nunjukin disc-nya ke gue. It was perfect! Sampe gue kasih anggukan setuju, baru dia terima uang yang gue sodorin and closed the sale. Smooth. I wished I went there first.

Moral of the story: always check the disc before you pay for it. if it's not possible, check the disc right after you pay for it .. if it's a faulty, do not ever buy the offer for changing it with any other title .. no matter what. *evil grin*.


As posted in here.

0 comments: