Buta Aksara

Di Carrefour ITC Kuningan, ada satu travelator arah naik yang bar-nya masih aja dalam perbaikan sejak beberapa bulan yang lalu. Di sana ditempel kertas-kertas pengumuman yang memberikan peringatan yang meminta orang-orang supaya ga pegang itu bar.

But yet, I touched it anyway. Out of curiosity. Nothing happened though. Bar-nya ga bergerak. Ga ada aliran listrik menyengat. Ga copot juga. So, apanya sih yang rusak sampe ga boleh dipegang? *shrug*

Sampe ada kejadian yang membuktikan bahwa bar travelator yang tidak bergerak itu bisa menimbulkan masalah. Dan ga tanggung-tanggung. Kejadiannya terjadi dua kali.

Pertama. Beberapa saat yang lalu, gue naik itu travelator. Agak jauh di depan gue ada seorang ibu yang udah berumur, entah sengaja, entah ga tau, entah ga baca, megang itu bar. Maksudnya sih mungkin ya cuma cari pegangan aja, daripada jatoh kale. Tapi karena barnya ga bisa bergerak ngikutin naik, jadinya tangan si ibu yang ketarik ke bawah .. Gravitasinya ternyata heboh sampe badan si ibu ikut berputar 180 derajat, jadi menghadap ke belakang. Paniklah dia .. super panik sampe manggil-manggil nama siapa gitu. Badannya makin lama makin condong ke bawah, tapi ya kok pegangannya ga mau dilepas .. yah .. jatoh deh jatoh .. *pikir gue*

Gue masih terpesona sama kejadian yang berlangsung di depan gue. Sampe dari arah belakang gue ada cowok yang teriak "BU .. BU .. PEGANGANNYA DILEPAS, BU! DILEPAS!!" Trus .. DUK DUK DUK .. dia lari naik nyamperin itu ibu. Si ibu masih teriak-teriak panik, si cowok sambil lari masih minta si ibu supaya pegangannya dilepas. Ga ada follow up, akhirnya tuh ibu langsung dipeluk sama tuh cowok, trus tangannya ditarik lepas dari bar.

Kedua. Tadi siang. Adengan yang serupa, dengan aktris utama yang berbeda (atau sama ya? Kayaknya sih ini ibu lebih muda). Tapi kali ini, posisi gue pas ada di belakang si ibu. Lagi-lagi ada tangan nyangkut di bar travelator. Lagi-lagi dia nyaris ketarik ke bawah. Lagi-lagi dia panik. Sampe gue yang bilang "Jangan dipegang, Bu!!" Sukses dicuekin karena dia udah panik duluan, rasanya pengen gue tepis aja tuh tangan dari bar .. tapi kok gue pengen juga liat tuh ibu jatoh sekalian. Hah. Biar kapok. Untung masih ada malaikat yang berbaik hati. Cowok yang di sampingnya (kayaknya gue liat dia pake ID card Carrefour), langsung narik si ibu supaya menjauh dari bar. Raut si ibu masih keliatan shock sampe di atas .. dan gue masih ga abis mikir .. kok bisa begitu ya??

Dan sekali lagi gue pegang itu bar, ga ada kejadian apa-apa. Ga kerasa ada magnet di sana. Ini apa gue yang sakti, atau ibu-ibu itu yang sial?? Padahal kalopun itu bar memang ga bergerak, apa susahnya sih lepas pegangan biar ga keseret.

Pikir-pikir, memang larangan semakin memancing keingintahuan. Atau memang pada dasarnya orang-orang udah ndableg.

Orang merokok pas di dekat tanda "Dilarang Merokok". Lukisan yang dipajang ditempeli tulisan "Dilarang Menyentuh Lukisan", masih aja ada yang toel-toel. Di Taman Safari banyak area hewan yang diberikan peringatan "Dilarang Memberi Makan Hewan". Toh para pengunjung masih bisa ngelempar pisang dan wortel ke para hewan. Malah gue temuin di area Baby Zoo .. kalo ga salah di salah satu kandang monyet .. ada tulisan "Dilarang Melempar Makanan atau Rokok ke dalam Kandang". OMG!! Barangkali di masa depan, peringatan "Dilarang Merokok di dalam Kandang" bakalan dipasang buat melarang para monyet tersebut.

Mungkin bagusnya ga usah ditempel peringatan aja. Toh ga dibaca juga. Gue sih baca, tapi gue cuekin .. hohoh ...

Gue termasuk salah satu yang sulit dilarang. Barang-barang yang ga boleh dipegang, malah gue pegang. Apalagi kalo di toko hewan, dimana ada anak-anak anjing di dalam kandang .. kan biasanya ada larangan buat memasukkan jari ke dalam mulut anak anjing lah, dilarang memegang anak anjing lah .. how could I help it?? They're so cute!! And they're so happy that I touched them, I let them licked my fingers. Tapi gue selalu berhati-hati. Setiap larangan itu kan pasti ada maksudnya.

(Yang jelas bukan gue yang teriak-teriak gara-gara mau jatoh keseret travelator).

Moral of the story:
Makanya .. kalo ga bisa baca, JANGAN PEGANG-PEGANG!! Bar travelator Carrefour ITC Kuningan rusak terus gara-gara banyak yang buta huruf.

0 comments: