Holiday on Ice - Hollywood: A Journey on Ice through the Film-Making History

Gue beli tiket yang Silver Class Rp 150.000,-, tgl 12 November 2005, show jam 15.15. Beli dua, tadinya buat Andri .. ternyata buntutnya gue nonton bareng Honey Lemon. Hehehe.

Jadi abis siang-siang ke Subtitles buat ngebalikin dvd en nyewa lagi, gue di-drop sama Andri di depan Istora Senayan. Udah mepet tuh, sekitar jam 14.45. Honey dah nunggu di depan pintu gerbang, panas-panasan karena emang ga boleh masuk tanpa tiket (keciaaaan). Di gerbang itu ada security line yang meriksain tas. Karena di tiket tertulis "Dilarang membawa rokok, korek api, kamera video, kamera profesional, senjata tajam/api dan bahan peledak ke dalam arena pertunjukan". Gue bawa kamera digital .. boleh dong? Apa itu termasuk kamera profesional? Lah gue ngejepret aja masih suka burem-burem .. zoom-nya aja cuma mentok sampe beberapa meter. Terus gue bawa Bread Talk .. boleh dong? Tapi Honey nekad bawa handycam .. padahal gue udah kasih warning sebelumnya, tapi tetep aja H2C (Harap-Harap Cemas) bisa lolos. Naah .. kita masuk deh ke antrian. Gue sodorin langsung tas gue yang di dalemnya ada kamera .. security-nya ngintip-ngintip saking kecilnya itu tas .. terus nanya "Ga ada kamera kan, Bu?". Gue bilang "Ga ada." Oke, dipersilakan lewat. Hahaha. Dan bagusnya, itu security yang meriksa tas gue nggak ngeliat ada Honey yang cuek berdiri agak jauh dari gue tanpa diperiksa tasnya. Jadi handycam-nya lolos tuh ..

Sampe di entrance, kecegat sama another line of security .. katanya ga boleh bawa makanan dan minuman. Arrrrghhhh .. gimana seh? Ga tertulis di tiket!!!! Tapi diminta makanannya dimasukin ke tas aja. Gue pusing .. lah tas gue kecil, mana muat dimasukin sekantong Bread Talk? Honey juga nenteng satu kaleng coke dan satu botol aqua .. tasnya kecil juga .. gimana?? Mau balik lagi ke mobil, ga rela .. soalnya jauh .. dan gue mau makan itu Fire Floss di dalem .. Akhirnya daripada ribut, gue gepengin aja tu roti, gue paksa masuk tas .. dompet gue keluarin biar ada space. Honey juga begitu .. muat juga deh. Grrrrr!! Ternyata di dalem ada counter-counter makanan seperti pizza dan lain sebagainya. Pantesan. Tapi mereka harusnya nulis juga di tiket *ga mau terima*.

Masuk ke dalem, cari pintu S1 seperti yang dicap di tiket. Cari-cari posisi, lho kok penuh? Gue liat S2 di seberang sana, yang sama-sama Silver Class rada kosong. Gue deketin security yang jaga di pintu masuk, gue tanya apa boleh ke seberang? Dijutekin, dibilang ga boleh pindah kelas, kan udah ditulis di tiket "Dilarang keras pindah ke kelas lain". Rese!! Itu gue juga udah tau!! Gue debat "Pak, itu kan sama-sama Silver Class .. harganya sama kan?? Saya juga ga niat pindah kelas kok!!" Dijawab, ya udah aturannya begitu Mbak, ga boleh pindah kelas. Buset. Ini siapa yang bego ya? *meninju angin, menendang udara*.

Ya udah. Cari punya cari, gue sama Honey memutuskan duduk agak ke atas biar rada jauh dari security. Terus ga sabar, gue langsung buka en makan roti .. biarin, ga peduli mo diliat sama security or nggak .. dendam! Sambil ngeluarin kamera juga, ngeker-ngeker .. nyoba zoom maksimal sampe sejauh mana sih .. ternyata not bad lah. Gue bisa shoot dengan cara naroh kamera gue di atas lutut, asal penonton yang di sebelah gue ga bergerak dari posisi duduknya aja. Liat-liat situasi .. Trans TV termasuk sponsor .. so guys, mungkin nanti show ini bisa tayang juga di TV .. Liat lokasi yang Platinum Class juga .. mantap bo. Selantai dengan ice floor, dan hampir tanpa batas. Ga heran announcer juga meminta anak-anak dijaga supaya ga masuk ke ice floor .. wong tinggal lompat doang kok ya .. heheh ..

Tepat jam 15.15 show dimulai. Hebat lhooo .. on time! Ada announcement peraturan-peraturan, termasuk ga boleh ada kamera, video dan lain sebagainya. But who cares? Rules are meant to be broken .. especially when they have securities yang ga tau bedanya pindah kelas atau pindah lokasi .. yang juga udah ngegepengin roti gue. So .. gue siap-siap .. pastinya dengan sangat berhati-hati dan main kucing-kucingan sama security juga. Yang jelas kesulitan, ya Honey. Karena dia mesti ngangkat handycam-nya .. jadi ga bisa gitu leluasa. Kalo gue nyantai aja .. display cameranya bisa gue tutup pake tangan, though masih kecolongan juga dapet angle yang miring-miring, shaky, plus rada static gitu karena gue ga mau terlalu banyak ngegeser lensa kamera .. bisa menimbulkan kecurigaan. Lampu Istora dimatiin .. keliatan para penonton banyak yang bawa lampu fosfor warna-warni .. cantik banget .. mereka beli di luar gedung. Sayang gue ga nemu yang jualan pas di pintu masuk karena keburu-buru ..

(Note: Yang gue kasih tanda *** berarti gue dapet klip-nya, either sekelumit or full .. karena kamera gue punya limit 3 menit/klip .. dan juga ada beberapa kali mesti gue matiin soalnya depan gue nutupin. Yang ga ada tanda bintang berarti ga dapet klip, karena pas itu security lagi ketat-ketatnya, terutama di awal Babak II. Penonton yang duduk di sebelah gue aja sempet disamperin sambil ditanya "Bapak bawa handycam ya?" Padahal jelas-jelas dia ga bawa .. dan jelas-jelas di sebelahnya ada gue yang lagi mangku kamera .. dan Honey yang juga lagi ngumpetin handycam di bawah tasnya .. bwahahahaha ..).

Babak I dimulai dengan lakon satu orang sutradara dan dua orang aktor. Aktornya ini yang satu gede, yang satu kecil. Ceritanya mereka lagi audisi. Tapi ngaco mulu aktingnya .. eh, narinya .. Mereka bertiga ini tampil selang-seling sebagai hiburan di antara show sequences.

Cerita berikut .. James Bond***. Dramanya .. cewek James Bond diculik sama penjahat. Terus Bond berusaha nyelamatin, sempet kena tangkep sampe diancem laser segala .. plus dengan tembakan-tembakan yang bikin Honey lompat karena kaget. Bond dengan segala aksinya, pake acara ngelompatin ring api .. phew .. akhirnya bisa nyelamatin ceweknya. Dan endingnya mereka nari lagi berdua, plus muncul mobilnya Bond ditumpangi sama cewek-cewek cantik dan sebotol champagne.

Lanjut dengan penampilan sekumpulan penari berjubah serba hitam seperti kelelawar, dengan bentuk topi dan sayap aneh bersulur. I suspected .. The Adventures of Priscilla, Queen of the Desert. Basically mereka nari berkelompok secara bergantian .. ada yang berpasangan juga .. kostumnya pun ada yang beda seperti hippies gitu. (edit: I was wrong. It was not Priscilla, but from the movie The Mission***. The parts itself was called "The Historic". Thanks to roderickplatinum86 for the info).

Muncul satu dekorasi seperti tangga perahu (buritan, whatsoever) .. ada satu cewek berkostum biru berdiri di atas tangga. Titanic dengan lagu "My Heart Will Go On"***. She represented Rose. Disusul sama Jack .. nari deh mereka berdua. Nice and romantic. Rose-nya banyak diangkat-angkat .. dilempar .. di-spin .. heheh. Endingnya, si Rose ditinggal sendiri. Hiks.

Disusul sama my favourite sequence. Fame***. Waktu denger lagunya mulai bunyi .. gue excited banget. Ini bakalan seru nih kayaknya. Kumpulan penari berkostum gaul dan hippies, rame banget .. kompak .. heboh .. ada spotlight individual and pair dancers juga. Terus pas refrein "Fame! I'm gonna live forever ..", penonton di sebelah gue tereak .. "Oooo .. Fameeee ..". D'oh. Telat banget deh! =p (eeh .. tapi dia keliatan enjoy banget lho sepanjang show, kadang-kadang ikutan nyanyi juga ..). Nyambung tanpa jeda ke Flashdance pake lagu "What a Feeling"***. Jennifer Beals .. heheh .. pake kostum biru nari sendirian, sementara temen-temennya duduk di pinggir ice floor ngasih semangat dan ngajak penonton bertepuk tangan. Sempet jatoh .. ouch! Seruan kaget juga keluar dari area penonton. Nyambung lagi ke .. whoaaaa .. Footloose dengan lagu "Holding Out for a Hero"***. Gileeee .. ini semua soundtrack favorit gue! Penarinya ganti .. masih cewek juga .. tapi kali ini ditemenin sama yang lain-lain. Haduh, bener seru .. bener =D.

Udah abis adrenaline-nya digenjot, ada satu sequence yang gue blank .. ga tau .. lagunya sih familiar, cuma ga ngerti diambil dari mana. Narinya threesome, alias bertiga .. dua cewek, satu cowok. Penari yang lain kembali duduk di pinggir ice floor. (edit: Thanks to roderickplatinum86, I was informed that this part was called "Pop Culture*** with music from the 80's).

Terus suasana mulai tenang sama Dirty Dancing. Di lagu "She's Like the Wind"*** .. si Patrick Swayze nari sendirian. Mellow .. lighting biru kontras banget sama kostum si penari yang warna merah. Belakangan ditemenin sama si Jennifer Grey, nari seksi berdua di lagu "I've Had Time of My Life"*** .. you know the song .. you know the choreography yang diangkat-angkat itu lho .. hehehe .. And again .. it's dancing time .. Footloose*** kembali di hadapan penonton. Semua penari ngumpul .. amazing, kebayang licinnya es .. mereka nari dengan step berjingkat-jingkat .. padahal gue kalo main ice skating di MTA aja, mo napak kepeleset melulu, boro-boro bisa diem, apalagi mesti lompat-lompat .. ahhahaha .. Sempet juga para penari membentuk dua baris, terus di tengah dijadiin ajang pamer kebolehan individual or pair dancing. Lightingnya juga heboh. They ended the first round with a bang!

Jam 16.15, dapet intermission 15 menit. Gue ga bergerak. Males aja. Percuma toh, Honey yang keluar mo ke toilet aja akhirnya balik tanpa hasil .. antriannya puanjang .. kali pada kedinginan duduk deket es. Gue di dalem cuma ngeliatin crew mencairkan es pake mobil itu .. =D. Tepat jam 16.30 .. show dimulai lagi.

Babak II dibuka sama sekumpulan penari berkostum jaman dulu .. dengan warna-warni cerah, dengan topi lucu dan rok mengembang seperti kurungan ayam .. plus ada kereta salju juga. "Somewhere My Love"*** dari Dr. Zhivago mengalun. Rasanya, gue seperti nontonin postcard bergerak .. abis suasananya itu lho. Berhubung gue belom pernah nonton filmnya, gue jadi ga ngerti juga apa yang diceritain di sini. Ada penari berpasangan, ada juga yang bertiga. Ada kisah cinta segitiga ya?

Now it's character time. Voice over memperkenalkan Judy Garland***. Miss Garland menari ditemenin sama empat cowok (centil juga ya .. sampe empat .. ga cukup satu apa? hehehe ..). Lagunya .. ga tau .. ada happy-happynya gitu lho. Terus gantian Ingrid Bergman dan Humphrey Bogart nari "As Time Goes By" dari Casablanca. (gue ga bisa rekam. Tapi karena lagunya bukan lagu favorit .. jadi yeah ..). Lanjut lagi ke .. Audrey Hepburn nari "Moon River" dari Breakfast at Tiffany's. Huhuhuhu .. gue nyesel, nyesel ga dapet klip yang satu ini. Biarpun Miss Hepburn sempet kepeleset sekali waktu nari .. tapi .. tapi .. bagus banget .. lagunya bagus, narinya bagus .. Terus kayaknya abis ini ada satu karakter lagi .. tapi gue ga yakin siapa .. James Dean perhaps? Anyway. What I regret the most, and I cursed the security endlessly .. for the following .. Elvis Presley nari rame-rame di "Jailhouse Rock". Aaaaarghhh .. ini keren abis. Semuanya berpakaian seperti kelasi .. eh, salah .. seragam tahanan yang putih garis-garis biru .. it's rock 'n roll, maaaan .. dan gue ga rekam. Ihik ihik ihik ..

Nah .. yang ditunggu-tunggu, seperti gambar iklan dan yang tercetak di lembar tiket .. Charlie Chaplin, who else? Ceritanya Chaplin dengan gayanya yang kocak ketemu ceweknya. Si cewek pake baju itu .. yang kayak anak sekolah itu lho .. lagi asik-asik, si cewek diculik. Tipikal ya? Chaplin juga sampe dikejar-kejar sama villain-nya yang canggih ilmu melompatnya. Wuih. Jadi ada "korban" penari yang diminta berlutut sambil membungkuk, membentuk jejeran .. awalnya sih cuma 2-3 orang .. belakangan .. 5-6 orang!! Belom lagi ada satu kejadian, dia udah lagi kenceng-kencengnya melaju, si "korban" yang berada paling deket posisinya ceritanya ketakutan .. cewek bo .. dan dia langsung menegakkan badannya tiba-tiba minta time out, pas waktu si villain udah mau lompat. Mampus. Itu pisau sepatu gimana kalo nyangkut di kepalanya? Penonton juga kaget banget. Untung sempet ngerem, ga jadi lompat. Akhirnya dengan kejamnya, si villain minta itu cewek pindah ke urutan yang terjauh. Mana posisinya tuh deket sama batas ice floor. Jadi begitu si villain sukses lompat .. tantangan berikutnya, bisakah dia me-rem lajunya supaya ga kebablasan sampe ke kursi penonton? Jawabannya: BISA!! Rem-nya pakem. Sampe es-nya pada pecah dan terbang ke kursi penonton .. emang enak kesiram percikan es .. hihihih .. Terus gimana nasib si cewek Chaplin yang diculik? Udah sempet diiket di atas rel kereta api, muncul lokomotif pula yang mau ngelindes. Tapi Chaplin juga sakti. Cuma dengan gaya berdiri dan menyetop di depan lokomotif, itu lokomotif langsung mundur balik ke backstage *lol*. Happy ending deh .. posisi mereka juga lucu, saling bertempelan pipi, trus sedikit nungging .. hahaha.

Berikutnya muncul sepasang penari, yang cowok ber-tux hitam, yang cewek bergaun putih. Mereka nari sebentar, masuk ke belakang tirai, keluar lagi ceweknya udah ganti pake kostum pink .. nari lagi .. masuk lagi .. keluar lagi pake kostum merah. Disusul dengan rombongan penari lainnya, yang cewek dengan gaun merah, yang cowok dengan tux .. mereka menari dengan gaya ballroom. Elegant. (edit: Thanks to roderickplatinum86, now I know that this part was called "The Hollywood Glamour". And the dancing pair are Fred Astaire and Ginger Rogers***).

Lalu .. muncul trio Christina Aguilera, Mya en .. sapa satu lagi, lupa gue .. nari "Lady Marmalade"*** dari Moulin Rouge!. Dandanannya juga seperti yang penari-penari yang di film itu. Menor .. centil .. seksi .. warna-warni (pink, merah, orange). Terus muncul Christian berbaju putih dan celana hitam di lagu "Come What May"*** .. sigh .. disusul Satine yang berpakaian serba hitam ditemenin sama pasangannya yang serba hitam juga. The colour of death? Mereka nari bertiga .. endingnya, Christian ga dapet Satine. Udah sedih begitu, suasana diangkat lagi ke warna ceria dari para penari yang berkostum cancan/cabaret***. Really attractive. Segala macem warna ada di sini. Gayanya centil, malah sempet nepuk-nepuk en goyangin pinggul ngebelakangin penonton. Lightingnya juga meriah seperti lampu disko. Penonton juga terlibat banget. Banyak yang ngeluarin teriakan wooo, woooo, wooo .. sampe tepuk tangan. Apalagi pas para penari membentuk barisan cabaret bersilangan memutar, terus satu persatu penarinya yang lepas ngejar itu barisan .. terus ngambil posisi di ujung .. jadinya tambah panjaaaaang ..

Pas di ending cabaret, ada dua orang cowok memasuki floor buat masang tiang berlingkaran di tengah-tengah. Terus suasana gelap gulita, disusul permainan cahaya dari spotlight yang berputar ke arah kursi penonton .. silau .. Begitu floor terang lagi, baru keliatan dua cowok itu udah bergelantungan di tiang .. akrobat udara .. musiknya score from E.T.: The Extra-Terrestrial***. Hebat. Selain itu, di sini lightingnya betul-betul outstanding. Bagus banget.

Terus .. muncul orang-orang planet =D. Kostumnya serba ketutup, ada yang serba perak bersayap, ada yang hitam seperti mesin .. baris-berbaris memasuki floor. Di latar belakang juga ada sejenis lorong bercahaya kuning yang memutar. Musiknya? It's a plane .. it's a bird .. it's Superman***. Floor digelapin .. para penari merentangkan sayapnya .. yang ternyata punya cahaya warna-warni .. ck .. Pas terang lagi, semua penari bermunculan. Apparently it's the end of second round. Kembang api menyala dari langit-langit Istora. Tepat jam 17.30.

Oh ya .. btw, dua aktor yang audisi itu akhirnya keterima lhoooo .. sutradaranya dengan berat hati mengeluarkan teriakan kesal "Okay. You got the job!!" Penonton juga tepuk tangan .. hehehehe.

Puas banget deh. It's an enjoyable show. Penontonnya juga appreciative banget .. keliatan semuanya have fun. Honey sempet ngecek hasil rekamannya, ternyata dia cuma dapet bersih 15 menit. Di Babak II, Honey ga bisa rekam banyak karena securitynya diperketat. Sedangkan gue .. ga tau .. hehe .. biarpun ada yang kepotong-potong, overall lumayan lah yang gue dapet. Ada yang mau copy? Let me know.

Keluar Istora yang padat sama arus penonton .. gue akhirnya nemu yang jualan lampu warna-warni itu. Haaaiaaaa .. gue beli dua .. eh, dibeliin Honey deng =D. Yang satu buat gue, yang satu buat keponakan gue. Telat banget ember. Tapi daripada ga ada .. lumayan bisa dipajang di rumah .. hahahahah ..

- as posted in CineFriends -

0 comments: