Re-calling "Vina Bilang Cinta". Vina said what?


Vina Bilang Cinta merupakan salah satu film Indonesia yang paling gue tunggu sejak beberapa bulan terakhir, soalnya .. ada Delon! Pengen tau gimana sih Delon main film. Apa sebagus pas dia nyanyi? Apa lebih bagus? Apa lebih jelek? Jadilah bikin rencana mo nonton bareng Deloners tgl 4 Agustus 2005 di Senayan 21, tapi karena satu dan lain hal, batal .. akhirnya gue janjian nonton di Lippo aja bareng Andri, Maria W. (antusias banget lho nerima ajakan mendadak gue lewat telepon =D), Ping-Ping, Rika, Joy sama satu-temen-lagi-maaf-gue-lupa-namanya. Nonton yang jam 19.30 tapi gue sama Andri udah nyampe bioskop jam 18.30. Tadinya dipikir bakalan rame, ternyata sepi-sepi aja .. pada belom tau kali ye. Premiere day. In fact, we were the first audiences who bought the tickets. Terus gue berdua dinner dulu sambil nunggu yang lain nongol .. lanjut mampir ke Oh-La-La beli cafe latte to go (lagi suntuk sampe gue sendiri bete ngeliat tampang gue di kaca .. huahaha) .. akhirnya ketemuan deh di lobby bioskop.

Masuk bioskop yang ternyata beneran sepi. Tapi lumayan lah ada beberapa orang lain nyempil or mojok di sana-sini. Keliatannya penggemar Delon, soalnya terbukti di hampir setiap adegan yang ada Delonnya, rada heboh gitu lho.

Waktu Vina Bilang Cinta dimulai, awalnya film ini punya potensi bagus di mata gue. Apalagi genre romantic comedy, my favorite .. nothing can go wrong with it. Well .. I was slightly wrong. Indra Yudhistira udah kadung gembar-gembor kalo Vina Bilang Cinta sengaja dikemas secara ringan dan menghibur. Penonton ga perlu mikir yang berat-berat. Padahal, imo, film ini sebenernya membawa pesan yang cukup berat karena berbicara tentang cinta yang didengungkan membawa kenyamanan, meluruhkan kesinisan dan kegetiran.

Kenyataannya ..

Romantisme-nya kering, chemistry yang muncul di antara dua tokoh utamanya lemah. Apa yang bisa gue liat dari hubungan Cillia dan Trisno? Teman? Kekasih? Ga jelas. Dialognya banyak yang berkepanjangan, sampe gue bosen ini orang-orang ngomongnya ga selesai-selesai, lelet, ga ketauan juntrungannya. Humornya sebagian garing .. sebagian emang lucu, kadang dibuat-buat lucu, sampe gue merasa Monty Tiwa itu sedikit keterlaluan, kok bisa sih nyelipin humor seperti ini? I could still manage to laugh though, di adegan-adegan natural seperti waktu Trisno tarik-tarikan dengan Cillia yang berpakaian badut, atau waktu Badut Cillia ngedorong kepala orang. Atau ikutan tertarik ngeliat kerasnya adegan adu teriak antara Trisno dan Cillia (this was the scene everyone was promoting about. Here and there I heard, "check out this scene, check it out". There. Seen it, it's good .. but over-rated). Cameo-cameo bertaburan di sana-sini, fungsinya cuma buat memancing perhatian penonton yang sadar akan kehadiran mereka. Gue sempet bengong dimana penonton yang lain sibuk ketawa dan mengidentifikasi nama para cameo. Tulalit gitu. Ga guna banget sih, malah memecah fokus ke arah yang ga penting. On the lighter side, ada dua cameo yang ditampilkan secara menarik. Ibunya Cillia dan si empunya nama di judul. Quite brilliant, if I may say. (And oh, ada yang perhatiin kalo ibunya Cillia itu bernama Vina? Ada yang inget juga perkataan si ibu yang ga selesai, "Saya cuma mau bilang .."? Vina mau bilang apa? Nah.). Gue juga suka sama score-nya Andi Rianto yang lincah dan dinamis. Terutama track "Cium Pipiku", love it love it (gue ga mau berbicara tentang kesalahan lirik lagu "Cinta" yang dinyanyiin Trisno di depan toko =p). Warna-warna gambarnya pun jernih, dengan setting yang berkesan artistik. Endingnya pun ga murahan.

Acting wise. Rachel Maryam, you rock, girl! Ekspresi-nya pas, celetukannya mantep, dan tokoh Cillia berhasil digambarkan Rachel seperti apa adanya seseorang yang sinis. Gue demen ngeliat Cillia waktu menghadapi dua rapper bloon yang maksa nyoba CD-R sebelum beli .. that's hilarious. Enough said. Gimana Delon? Gue kalo nonton di bioskop biasanya jarang ngeluarin komentar, tapi spontan aja komentar pertama yang tercetus di mulut gue setelah beberapa detik ngeliat Trisno muncul .. "Kok kayak orang idiot???" .. dan sukses tangan gue langsung digeplak sama Maria yang duduk di sebelah kiri gue. Huahahahaha. Kalo mo dibilang Delon tampil seperti itu karena karakternya yang datang dari dusun bernama Bangka (Bangka itu pulau bukan? Udah jadi provinsi masih ada yang sekuno itu apa? Apa memang orang-orang kuper selalu berpenampilan seperti Trisno, apalagi ketauan punya adik perempuan yang gaul banget?) .. ck .. not smart, not smart. Ada interpretasi yang ga tepat nih, Delon .. Pak Indra .. Polos sih polos, tapi ada bedanya antara penampilan polos dengan penampilan mentally-retarded. Being fair, gue jelas ga bisa ngebandingin akting Delon dengan akting Rachel yang jam terbangnya udah cukup tinggi, dan yang pernah meraih penghargaan Aktris Pendukung Terbaik FFI yang lalu. Gue liat Delon belom bisa konsisten .. kadang aktingnya bagus, kadang lumayan, kadang gaya robotnya keluar. Yang terakhir ini sih yang banyakan muncul. Apalagi ngedengerin Delon membawakan dialognya (or monologue? pusing dah gue, apalagi waktu Trisno nyeritain tentang pantai .. buset, panjang beneeeeeer .. dan kayak lagi dengerin bapak guru mendongeng. Maksudnya, please?) .. gue lumayan kenal sama gaya Delon ngomong baik waktu on-air or off-air .. dan seperti itulah gaya yang gue liat waktu Trisno ngomong. Jadi Delon ini sebenernya berperan sebagai Delon or Trisno?? Sebaliknya, mari kembali ke sisi positif (I'm not all negative, thank you very much) .. ngeliat sedikit sparks antara Rachel dan Delon di adegan berantem dan ending (gals .. the ending .. itu satu-satunya adegan di dalam film ini, dimana gue setuju Delon dibilang cute .. waktu Trisno ngernyitin idungnya en noel idung Cillia) .. dan juga ngeliat ini film pertama Delon yang sayangnya agak salah arah .. still, gue sih terserah aja kalo emang Delon masih demen main film di masa-masa mendatang. Nanti kan bisa diliat lagi sejauh mana Delon bisa bertolak dari starting point ini.

Basically, setelah berpanjang-panjang .. menurut gue, Vina Bilang Cinta berusaha terlalu keras untuk menjadi film yang ringan .. terlalu ringan, sampe meaningnya kurang berasa. Serba tanggung. Hambar. Datar. Gue bukannya ga bisa menikmati hiburan yang enteng-enteng aja. Gue juga bukannya sok mo jadi penonton yang selalu berpikir keras meneliti kedalaman cerita di satu film tertentu. I easily laugh and cry at movies, any kind of movie .. unfortunately, I couldn't do much at this one. Kalo mo disalahin gue yang lagi suntuk, film ini katanya buat menghibur kan? Makanya gue nonton. Tapi yang ada gue malah tambah ngantuk (kopinya ga mempan .. huh!), dan ikut-ikutan sinis kayak Cillia. Thus come out this comment.


-- as posted in Delon_Idol
--
-- read more comments --


0 comments: