Mis-reacting/Over-reacting. Gah! What's Wrong with You, People??!

(I'm bringing this post up from the grave, cause the situation still happens recently).

------

Elo lagi nonton di bioskop. Terus elo dapet pengalaman seperti di bawah ini:

WATCH OUT FOR SPOILER!! Gue ga nulis judul filmnya deh.

Matt Damon nangis tergugu-gugu di pelukan Robin Williams. Penonton ketawa. (gue mengernyitkan kening)

Salah seorang wanita gemuk berkulit hitam menangis waktu dia mendapat kabar kalo suaminya tewas di medan perang. Penonton ketawa. (gue mo nangis).

Lilo menangis dan dengan suaranya yang imut bilang kalo dia disamakan dengan kelinci? Penonton ketawa. (gue nangis).

Suster Ngesot muncul di dalam kamar si cewek. Penonton ketawa. (gue setengah mati ketakutan).

Mandy Moore nyanyi di atas panggung teater. Penonton diem aja melongo. (gue mo nangis).

Mandy Moore nyeritain tentang penyakitnya ke Shane West. Penonton mo nangis ato udah nangis. (gue diem aja melongo).

Dakota Fanning tercengang di pinggir sungai. Penonton heboh ketawa. (gue ga bisa ngomong apa-apa).

Tom Cruise nyoba nyanyiin lagu nina bobo buat anaknya. Penonton ketawa. (gue nangis).

Rizky Hanggono ketawa di depan dokternya. Penonton ketawa. (gue mengernyitkan kening, tapi gue tau seharusnya gue nangis).

Dian Sastro ditarik masuk ke kamar dan dicium. Penonton ribut. (gue bingung ngedengerin penonton ribut).

Dian Sastro bilang kangen sama Eyang. Penonton diem aja. (gue diem-diem .. tes tes .. menetes airmataku).

Film-film animasi seperti Shark Tale atau Madagascar. Penonton ketawa ato melongo ga ngerti. (gue ketawa sampe muka gue pegel-pegel).

Film animasi seperti The Incredibles. Penonton tepok tangan sambil loncat-loncat di tempat duduk. (gue senyum aja, cukup lah).

Itu cuma sebagian contoh aja. Can you see the pattern? Kenapa sometimes penonton ga bisa memberikan reaksi yang tepat terhadap adegan-adegan film yang ditontonnya? Mungkin yang paling susah ditebak itu sense of humor. Gue juga masih bisa ngerti kalo ada penonton yang ga gampang tersentuh nonton adegan-adegan sedih .. karena ya pasti, hal-hal yang bisa menyentuh perasaan itu relatif banget, tergantung masing-masing orang juga. Tapi kalo penonton memberikan reaksi yang jelas-jelas berlawanan .. misalnya ketawa heboh pas liat adegan nangis atau pas liat adegan yang seharusnya memberikan perasaan nggak nyaman (disturbing scenes) .. ini siapa yang bisa bertanggung jawab ya? Pembuat film atau aktor yang ga bisa men"deliver" scene-nya secara tepat, atau penontonnya yang kurang peka?

Beberapa penonton, entah karena malu atau jaga image di dalam studio .. menutupi dan menghalau rasa sedihnya dengan tertawa (seperti si Rizky itu loo ..). Dan jelas-jelas gue denger di studio Ungu Violet ada yang ketawa ngikik-ngikik ke temen nontonnya sambil bilang "Aduuhh .. gue sedih nih". Tau nggak sih kalo reaksi mereka itu sangat-sangat mengganggu suasana? Kalo emang mesti nangis, ya nangis aja. Wajar kan? Mereka ketawa malah gue kira mereka sinting. Sampai detik ini juga gue masih ga bisa memaafkan penonton yang ketawa waktu ngeliat mayat mengambang di War of the Worlds. Tense dari adegan itu nyaris musnah sampe ke titik nol hanya gara-gara tawa penonton yang ga pada tempatnya. What now? Apa mereka juga lagi nyoba nutupin ketakutannya dengan ketawa seperti orang gila? Daaaaaaaaaaaammmmnnnnn!

Satu "trend" lagi yang gue baca dari penonton-penonton film Indonesia. Kenapa mereka ga bisa meng-handle adegan-adegan romantis di depan mata mereka? Ada yang ciuman, ribut "Cieeee ..". Ada yang nyerempet-nyerempet dikit, ribut "Ceileeee .." Why can't they just shut up, and sit tight? Apa mereka jengah ngeliat aktor-aktris Indonesia sedikit lebih berani dalam mengeksplorasi adegan romantis? Kenapa mereka ga memberikan reaksi yang sama waktu nonton adegan sejenis di film-film Hollywood? Norak banget deh. Sorry to say. Kampungan. Bete gue. Kayak yang ga pernah liat orang ciuman sama pelukan aja.

Gue sendiri termasuk salah satu di antara penonton yang kadang memberikan reaksi ga cocok .. tapi ga pernah sampe ekstrim, dan gue yakin ga akan pernah sampe mengganggu karena gue ga pernah menutupi apa yang gue rasakan terhadap adegan-adegan tersebut dengan mengeluarkan emosi yang berlawanan dan berlebihan secara OUT LOUD!

Ato jangan-jangan ga ada yang salah sama mereka .. jangan-jangan gue yang ngaco .. mungkin lain kali gue mestinya ketawa aja pas ada adegan pemakaman. Huahahahaahahah.

That's one. Yeap. Gue masih punya uneg-uneg. Satu lagi, ga banyak.

Buat yang sering nonton di bioskop sendirian .. pernah nerima tatapan aneh dari penonton-penonton di sekitar elo? Gue, sering. Tapi baru kemaren gue denger ada yang berbisik ke temennya "Psstt .. nontonnya sendirian" pas ngeliat gue nyelinap di antara kursi-kursi mereka. 'Mang napa? Gue nonton sendirian ga minta mereka bayarin kok. Gue juga ga ganggu mereka seperti mereka ganggu gue dengan cekikikannya itu. My friend once said, kalo jalan sendirian di shopping mall masih oke. Tapi kalo nonton sendirian di bioskop .. ?? .. Sama aja kan. Jalan di mal, makan, nonton .. sendirian .. ga ada bedanya. Of course, gue tau nonton rame-rame itu fun .. lebih fun daripada nonton sendirian. Tapi gue ga jadiin itu menjadi batasan gue buat menikmati film kapanpun dan dimanapun gue mau. Gue, kalo mesti nungguin rombongan buat nonton di bioskop .. bisa berapa banyak film yang kelewat? Yang rugi gue sendiri kan? Yang penting gue bisa enjoying time by myself. Don't you know that a time for ourselves .. a time of privacy .. is precious? Gue malah kesian sama mereka-mereka yang ga berani nonton di bioskop sendirian (atau jalan-jalan di mall .. atau makan sendirian) .. tanpa bawa-bawa temen. Ga pede kan? Ga comfort kan? Am I over-reacting on this thing? Mereka duluan sih.

Furthermore, that particular friend of mine said this to me, "You're unique. Err .. no. Weird". I'm taking it as a compliment.

That's two. And that's all for today.

8 comments:

Emajanti said...

If what you're thinking or feeling is so much diferrent than others, then you're a freak. Haha. No, just kidding. Lol.

joelliea said...

I like being a freak and blame it on others =D.

Emajanti said...

how come I got only small half part of your post on BB? don't understand .... did you just write the longer part?

joelliea said...

huh? so your BB only shows my post until which part?

no, didn't rewrite.

Emajanti said...

less than half, i think. I didn't get to the longer paragraphs.

joelliea said...

probably there's character limitation on BB. to prevent you from scrolling down heheh.

Emajanti said...

Love your new look. I always love black, or dark at least.

joelliea said...

I'm working on it. I love it too =D But it's too simple for my crowded blog contents.