Michael Learns to Rock - Tribute to Aceh

Tennis Indoor Senayan - 2 Februari 2005
Kedatangan MLTR kayaknya kurang gembar-gembor, bahkan di hotel gue sendiri. Sales udah info dari sekitar seminggu sebelum kedatangan mereka, tapi ga ada heboh gitu lho .. heheh .. paling beberapa hari sebelumnya aja mulai ada technical meeting kecil-kecilan. Pas hari Senin 31 Januari paginya .. baru deh keliatan persiapan di sana-sini. Ditambah GM pas morning briefing melempar tawaran 20 tiket konser ke table .. disuruh contact sekretarisnya, first come first served =D. GM gue yang orang Spain itu malah sempet nanya .. "This Michael Learns to Rock .. are they teenagers' kind of music?" .. sama PR gue dijawab "No. They're old now. They're our average." Hmm.

Gue selama briefing tuh menimbang-nimbang. Apa gue mo ambil apa ga. Gue sebenernya ga nge-fans banget sih. Gue cuma punya satu kaset MLTR, er .. yang ada "Sleeping Child" itu lho .. (see, judul albumnya aja gue ga inget) .. itu juga disodorin sama mantan cowok gue. Jadi ya, lagu-lagu yang lumayan gue kenal, ya yang ada di album itu. Selebihnya, gue denger dari radio, liat di TV .. dari mana-mana deh. Lagu-lagunya mereka emang banyak yang bagus, tapi selama ini gue dengernya cuma buat peneman kegiatan aja .. alias gue ga pernah berusaha buat ngapalin liriknya, ngapalin judulnya, tau siapa nama-nama personilnya .. haha .. in the exception of some very popular songs, rata-rata gue cuma apal bagian refreinnya aja. I mean .. I know they're good .. but I don't know them well. Jadi pas ada tawaran ini .. hmm .. rugi ga sih menolak tawaran tiket gratis, kesempatan yang jarang-jarang didapat? Hehe .. Jadilah gue reserve dua tiket ke sekretaris GM, maksudnya biar gue bisa ajak adik gue yang cowok buat nemenin nonton (soalnya Andri kerja siang).

GRO Manager gue juga malah sempet nanya ke gue, "Vokalis MLTR itu yang mana ya .. namanya siapa ya?" Hiyaa .. gue juga ga yakin. Perasaan namanya Jascha siapa gitu? Tapi di list VIP nama-nya yang familiar cuma Soren aja. Itupun gue ga tau orangnya yang mana. Gue cuma inget ciri-cirinya .. yang rambutnya putih .. hihi ..

Sorenya MLTR check in, di-escort sama GRO Manager (yang akhirnya nekat nanya nama ke siapa tau .. katanya "Kim Larsen" .. huh? Au ah.) .. dengan dikerumuni video cam dari promotor dan beberapa news reporter. Ga ada fans dari luar yang masuk dan mengerubungi, seperti biasanya yang terjadi kalo ada boybands dateng. Mereka itu penampilannya seperti serombongan backpackers gitu .. haha .. casual banget. Paling yang ngebedain ya ada tas-tas gitar yang digendong, plus video camera yang ngintil mereka. Cuma semalem sih, besoknya mereka check out buat ke konser di Bandung.

Nah pas hari Selasanya .. gue dikasih kabar kalo gue cuma dapet 1 tiket (tiket yang dibagiin itu berupa voucher untuk penukaran 2 tiket, jadi satunya lagi gue share sama anak Kitchen). Gue dari yakin mo nonton, jadi sempet mundur .. satu tiket .. er .. gue telpon adik gue, nawarin tiket gue (dia yang lebih familiar dengan MLTR daripada gue, so berbuat amal ke adik sendiri boleh kali ya .. heheh ..). Tadinya dia juga udah yakin mau ambil, tapi pas gue kasih tau kalo konsernya itu hari Rabu malem .. ga jadi. Katanya capek ah, pulang kerja. Kirain hari Sabtu. Akhirnya gue telpon Andri, ngasih tau kalo besok gue bakalan nonton konser sendirian di Senayan .. pulangnya minta bareng gitu. He said, go ahead.

Tengah-tengah hari, ada ribut-ribut di depan kantor gue .. ternyata temen gue yang udah reserve tiket juga cuma dapet satu, padahal dia mau nonton berdua sama ceweknya. Desperate dah dia. Hahah .. Sampe dia usaha nyari tau siapa lagi yang dapet tiket, barangkali ada yang ga kepake .. sia-sia aja. He's a good friend, temen lunch gue di cafe .. sering bantuin gue ini itu .. so I said "Ok. Kalo elo serius mo nonton, ambil aja tiket gue." Gue juga baru tau kalo ternyata tiket yang dibagiin itu ada yang VIP dan ada yang Festival. Semua yang gue kenal, dapet tiket VIP. Sedangkan yang dapet tiket Festival .. gue .. dan pastinya ada beberapa orang lagi yang ga ketahuan siapa aja. I don't mind watching concerts from Festival Class, that's usually where the fun happens. Tapi nonton di kelas Festival sendirian?? Sapa takuutttt .. ahahahahaha .. kenyataannya, temen gue berhasil ngedapetin tiket VIP satu lagi buat ceweknya .. so I could keep mine. Lega juga sih, akhirnya gue bisa memantapkan tekad buat nonton.

Hari Rabu berangkat kerja udah bawa kaos .. sama udah pake jeans and sepatu kets. Tas kerja gue tinggal di rumah, cuma bawa tas gantung kecil aja, pokoknya yang muat dompet, hp en kunci. MLTR rencananya juga mau check-in lagi .. buat mereka istirahat sebelum konser malemnya (harap-harap bisa nebeng mereka .. mimpi!). Tapi ternyata cancel, karena delay dari Bandung. Mungkin mereka bakalan langsung ke Senayan.

Gue keluar hotel kurang dari jam 6 sore. Voucher yang mesti dituker di ticket box udah dibawa sama anak Kitchen dan kita janjian ketemu di sana sekitar jam 7. Konsernya dimulai jam 7.30. Tadinya gue mau naik taksi, tapi di entrance ketemu sama temen lunch gue itu .. dan dia nawarin berangkat bareng naik motor. *gubrak*. Ok. Ok. Jalanan macet ini toh, dan pasti nyari taksi jam segitu ribet banget. Akhirnya naik motorlah kita berdua .. mampir ke tempat dia dulu buat dia ganti baju bentar .. ngobrol bentar (dari dia gue tau kalo ternyata banyak jatah tiket ga kepake. Dia aja baru dapet lagi dua tiket. Hih. Tau gitu kan gue bisa bujuk adik gue nemenin ..) .. sampe pake acara ketinggalan kunci motor plus voucher tiketnya sekalian (dia mesti balik lagi ke kamarnya .. menaiki anak tangga setinggi 6 lantai .. kasian, kasian) .. berangkat ke tempat ceweknya kerja .. parkir motor di sana .. dan kita bertiga jalan kaki dari gerbang Gelora .. ke Istora Senayan.

Yang bener aja .. jauh bo .. hahaha .. lebih parah lagi, ga ada satupun di antara kita bertiga yang tau pasti dimana sih sebenernya lokasi konser MLTR, karena di voucher sama sekali ga ada detail apa-apa. Gue sempet denger di Tennis Indoor .. tapi kok pikiran gue tuh, di Istora (yang ternyata Istora itu Badminton Hall .. bulutangkis sama tenis sama ga sih ya? =D =D =D). Sempet telepon si anak Kitchen yang udah ngantri tuker tiket, dia bilang "Arah Plaza Senayan, sebelum lampu merah belok kiri". Tut-tut. Mati. Kawan, jangan pake Mobile8 atau Frends gitu ya .. nomornya susah banget dihubungi .. putus-putus mulu. Gue bingung lah .. ini udah di dalam Gelora .. di depan udah keliatan JHCC .. disuruh ke arah Plaza Senayan, lampu merah yang mana? Akhirnya kita terusin aja deh ke arah Istora, satu-satunya arah yang gue apal .. sampe sana kok sepi .. cuma ada beberapa bus gede sama spanduk acara Radio apa gitu. Yaaaaa .. salah lokasi bo. Gue kasian sama ceweknya temen gue itu .. udah jalan jauh, ternyata salah .. kalo sama temen gue sih, gue peduli amat .. hahahaha .. biar aja dia jalan jauh, buat nurunin berat badan beberapa ons kan lumayan =D. "Maap, maap .. salah info =D" gitu gue bilang sambil cengar-cengir. Temen gue bilang "Julia, tiada maaf. Ayo gendong cewek gue .." *jeblug*. Hahah .. asal!

Trus nanya sama orang-orang di depan Istora, katanya tadi juga ada yang nyasar sampe sini. Mereka nunjukkin jalan pintas tembus dari samping Istora ke Stadion Utama (sampe kita bertiga jalan ngelewatin taman-taman gelap, terus jalan di atas track atletik .. hihihi .. ngelewatin banyak orang yang lagi jogging malam sama main sepatu roda .. pengen gue pinjem deh rollerblade-nya =D) .. tembus lagi ke Tennis Indoor. Untung malem, ga panas. Untung ga ujan. Blessing in disguise. Di tengah jalan hp gue bunyi, nyokap gue telepon nanya gue nanti makan di rumah atau nggak .. shoot, gue lupa ngasih info kalo gue ga pulang makan .. "Maa .. nggak .. nggak makan di rumah. Ini lagi di Senayan mo nonton konser." Nyokap bilang "Ya ampun. Hari gini nonton konser?" .. [pause] .. nggak deng, nyokap ga bilang begitu .. heheh .. tepatnya sih, nyokap gue kaget ngedengar gue lagi mo nonton konser malem-malem, hari kerja pula .. pulang sendirian pula .. tapi terus gue yakinin nyokap kalo gue baik-baik aja, ntar pulang bareng Andri. Gitu.

Akhirnya pas jam 7.30 nyampe. Total kita jalan kaki = 45 menit. Not bad, huh? =D. Mereka sih enak, abis ini duduk di area VIP. Nah, gue mesti nerusin berdiri di area Festival .. at least, rasa guilty gue berkurang .. hihi .. Ketemu sama anak Kitchen yang pegang tiket gue .. dia juga bilang kalo tadi dia juga nyasar, tapi setengah jalan sempet balik lagi ke luar gerbang. Ternyata Tennis Indoor itu kalo diikutin lewat jalan yang benar, paling cuma perlu waktu 10 menit jalan kaki. Bwaaaa .. ya sudahlah. Yang penting udah nyampe dengan selamat nih. Dan juga MLTR baru aja dateng, jadi konsernya belom dimulai. Masih banyak orang yang berdiri di luar ngantri tuker tiket. Phew.

Mencar dari temen gue yang masuk lewat pintu VIP .. gue masuk lewat pintu Festival .. ke dalam hall .. gosh .. berasa abis dari jalan gelap-gelapan di luar .. masuk ke hall yang terang benderang dan sejuk. The atmosphere was very nice. Ga terlalu rame .. sebagian penonton rela berdiri bertumpuk di depan stage yang tingginya sekepala .. yang lainnya pada duduk di lantai dengan cueknya .. lesehan di tengah-tengah hall atau nyender di dinding sekelilingnya. Yang VIP udah ngambil tempatnya di tribun. Kameramen-kameramen juga udah stand by di posisinya masing-masing. Keliatannya sih, sementara nunggu konser dimulai .. yang jadi tontonan pre-show itu orang-orang yang di kelas Festival. Centerpiece gitu .. hihi .. abis terang banget. Jadi semua kelakuan penonton Festival pasti keliatan dari tribun VIP. Dan lagi Tennis Indoor ga seluas Istora, so suasana kayaknya bisa lebih involving.

Di sini gue ketemu sama beberapa anak Housekeeping yang dapet tiket juga (berterima kasihlah kepada Dept. Head-nya yang ngambilin tiket. Soalnya ada beberapa departemen yang ga kebagian sama sekali, gara-gara Dept. Head-nya ga inget kalo anak-anak buahnya ada yang demen sama MLTR) .. sempet ngobrol-ngobrol .. ketawa-ketiwi .. duduk lesehan bareng di tengah-tengah hall .. main sms .. ngeliat ke atas ke tribun .. di sisi kanan ada sekelompok muda-mudi asing bawa bendera kertas Denmark (MLTR are from Denmark, aren't they?). Di area Festival juga nyempil beberapa orang asing di sana-sini. Ga ketauan lagi deh .. itu penonton .. apa rombongannya MLTR. Mondar-mandir.

Setengah sembilan kurang, ada tanda-tanda konser mau dimulai. Penonton (a.k.a Festival) pada berdiri dan berjalan mendekati stage. Gue juga pamit sama temen-temen gue .. jalan sendirian nyelip-nyelip ke depan. Ternyata mesti nunggu lagi .. ada penonton yang teriak "Delon!!! Oh .. salah ya .. heheheh" Yeeeee .. Delon ga di sini, di JHCC sana tuh =p.

Sekitar lima belas menit kemudian .. lighting mendadak dimatiin. Langsung heboh deh penontonnya. Lumayan lama, dan bener-bener gelap. Di panggung ada bayangan-bayangan bergerak. Begitu lighting nyala, MLTR udah langsung menggebrak dengan lagu-lagunya. Ada 4 personil. Nah si vokalis ini nih yang berambut putih (yang sampe sekarang masih diragukan siapa namanya) .. dari arah penonton, ada di kiri dengan keyboardnya. Di tengah ada satu cowok main gitar (ini yang paling ganteng, tapi gayanya flamboyan banget). Di kanan ada satu cewek yang juga main gitar. Di belakang tengah, cowok penggebuk drum. Mereka semua berkostum casual. Kaos, kemeja, jeans .. Didn't know their names (er .. the girl is Ida something) .. didn't care either. Karena .. gue lebih suka ngedengerin lagunya ketimbang mikir siapa nama-nama mereka.

Yeap. Lagu-lagunya. MLTR ga punya banyak stage act, karena mereka semuanya bermain musik. Vokalisnya juga cuma satu orang, yang lain sebagai backing aja. Si pemain gitar flamboyan kadang-kadang meninggalkan posisinya, maju ke pojok panggung kiri dan kanan .. sempet bikin histeris juga gara-gara gayanya memetik gitar listrik .. malah sempet turun ke bawah, jalan mondar-mandir sambil main gitar dalam jangkauan tangan penonton yang ada di barisan depan.

Jadi yang paling bisa dinikmati dari konser MLTR ini adalah lagu-lagunya. Stamina vokal-nya juga mantap. Banyak falsetto yang dinyanyiin dengan mulus dan ga ngotot. Petikan gitar dan alunan keyboard-nya asik banget. Semuanya dibawain secara effortless .. ini bukti dari kelompok band yang udah mapan, yang ga perlu jual tampang dan aksi-aksi panggung heboh. Orang-orang yang ga tau MLTR, tapi nekad mo nonton konsernya pun mungkin ga akan rugi, karena semua lagu yang dibawain itu enjoyable. Asik didengerin sama siapa aja .. ABG/Non-ABG .. sambil ngapain juga .. berdiri, duduk, jongkok .. Di sekeliling gue banyak pasangan-pasangan ABG yang keliatannya menikmati banget konser MLTR .. di depan gue malah ada sepasang yang terus berpelukan (sebentar-sebentar yang cowok juga nyium ceweknya, pas giliran lagu slow .. garing!! Gue lagi jomblo neh ..) ..

Konsernya ini merupakan tribute to Aceh, sekaligus promo album terbaru MLTR yang punya hits "Take Me to Your Heart". Ketauan banget kalo sebagian besar yang nonton itu belum familiar dengan album yang ini. Mereka yang nonton lebih banyak merupakan penggemar album yang ada "Sleeping Child", yang memang menurut gue tuh merupakan album terbaik mereka karena punya banyak lagu hits. Kedengeran dari penonton juga kalo mereka menjadikan konser ini sebagai ajang nostalgia buat melepas rindu nonton MLTR secara live. MLTR mulai intro sebuah lagu, penonton menebak-nebak "Aduuhh .. ini lagu apa ya .. apa ya .. lupa gue .. enak nih lagunya ..", terus masuk lirik sedikit .. cring .. heboh langsung dan penonton ikut nyanyi .. Agak jauh di depan gue banyak kamera dan hp teracung .. plus fosfor stick warna-warni yang diayunkan ke kiri-kanan. Di belakang gue ada satu cowok yang bisa ngikutin MLTR nyanyi di semua lagu .. semua, sampe ke lagu hits terbaru mereka. Di sisi kiri gue ada cewek yang ga bisa berenti bergerak, tangannya terayun terus sampe beberapa kali "nampar" lengan kiri gue .. biar gimanapun gue coba menghindar menjauh. Di sisi kanan gue ada sekelompok cowok yang apal mati sama improvisasi lagu-lagu MLTR, sampe ke nada-nada interlude-nya. Jadi MLTR nyanyi di panggung, kelompok sisi kanan gue ikutan jadi backing vocal dan musik pengiringnya .. hahaha .. Ada yang bareng temen-temennya menata gerak untuk lagu-lagu upbeat .. Ada juga satu penonton yang ikut nyanyi membelakangi panggung, sambil direkam sama temennya .. jadi ceritanya, dia nyanyi dengan MLTR sebagai background .. wasn't it cool?

Lagu "The Actor" dipersembahkan oleh MLTR untuk Jakarta .. refreinnya paling heboh .. vokalisnya sampe turun ke bawah buat ngasih mikrofon ke satu penonton cowok, yang sayangnya dinyanyiin secara fals .. *lol* .. (Di sini gue sempet nerima telpon dari Andri, sampe gue mesti jongkok .. terus gue acungin speaker hp gue sebentar ke arah panggung, maksudnya mo mamer lagu "The Actor" ke Andri gitu .. hyeh-heh-heh ..). MLTR terheran-heran masih bisa punya penonton yang apal seluruh refrein dari lagu-lagu yang pernah top lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Beberapa kali mereka membiarkan lagunya diambil alih .. dan dieksekusi dengan luar biasa oleh penonton. "You are all a great singer", so they said.

Tribute to Aceh diwakilkan oleh vokalis (maaf, gue masih ga yakin sama namanya) .. sendirian di panggung ditemenin sama keyboardnya. Lagu yang dinyanyiin merupakan satu lagu paling slow, dan yang paling gue suka melodinya .. ada di album biru itu lho, bareng si Sleeping Child .. judulnya kalo ga salah "Naked Like the Moon". It was .. very touching. Suara vokalnya jernih .. nadanya mellow .. ada keheningan di dalam hall .. Banyak yang menikmati lagu ini dengan mata ke arah panggung dan kedua tapak tangan menangkup di depan dada seperti yang lagi berdoa. Ini lagu ga banyak yang apal sama liriknya .. but it caught all the attention intensively. Selesai lagu itu, sambutan penonton riuh abis. Langsung dilanjut sama "Out of the Blue". Masih hanya ditemani oleh keyboard.

Ngeliat suasana udah makin malam .. MLTR bilang gini "We introduce you .. Michael Learns to .. Disco!!" Dan intro "Take on Me"-nya A-HA langsung masuk. Whoa. Meledak deh penonton .. langsung pada lompat-lompat gitu .. pas refrein sahut-sahutan, lightingnya cantik banget. On the second thought, lighting di part disco ini emang heboh .. sangat membangun suasana. Sound systemnya juga hingar bingar, tapi ga memekakkan telinga .. berdentum empuk deh .. MLTR sendiri nyanyinya juga santai tapi kok ya tetap bisa merangkum penonton. Lagu yang nyusul lebih heboh lagi .. "Jump" kalo ga salah judulnya. Itu penonton-penonton cowok .. ck ck ck .. gue aja yang ga suka sama lagu disco, kebawa juga .. suasana penuh keceriaan dan semangat, ceile .. Terus lagu "Wild Women" yang lirik refreinnya padat, bisa bikin lidah ketinggalan kalo ga apal .. penontonnya hebat lhoooo ..

Tarik napas, MLTR pamit udahan. Seperti biasa, ENCORE! Kelompok Denmark di tribun kanan berteriak paling kenceng sambil terus ngibarin bendera kertas. Gue baru bisa punya waktu lagi buat ngelirik ke tribun .. ternyata sebagian penonton udah meninggalkan seat-nya dan memilih berdiri di aisle .. nah kan. Percuma kan beli tiket VIP .. akhirnya berdiri juga karena ga kuat nahan suasana. Mendingan di Festival sekalian toh, bisa joget sampe lutut serasa jadi jelly .. hahahaha ..

MLTR muncul lagi di panggung, mainin satu intro lagu yang dari tadi udah ditunggu-tunggu .. "Paint My Love". Terus lagu "Someday" .. lagu "That's Why You Go Away" .. apa lagi ya .. begitulah. Udah ga usah diceritain lagi gimana reaksi penonton. Lebih daripada heboh .. lebih daripada histeris .. semuanya ga rela MLTR udahan, sampe baru bubar setelah mereka menghilang lama di balik stage dan voice over mengumandangkan selamat malam. Hampir jam setengah sebelas malam.

Inilah kelompok musik yang popularitasnya diyakini mulai pudar, dikalahkan oleh munculnya penyanyi atau band-band generasi baru. Tiket konser MLTR kayaknya juga agak flop, ngeliat masih banyaknya space kosong di area VIP. Area Festival juga surprisingly agak lengang .. tapi itu yang bikin gue merasa nyaman nonton .. ga perlu berdesak-desakan .. masih bisa ngerasa sejuknya AC .. punya ruang lapang untuk berekspresi tanpa takut nginjek kaki orang, atau lomba sikut antar sesama penonton .. it was very nice. Nyanyi bareng di lagu-lagu seperti "Sleeping Child", "25 Minutes", dan banyak lagi yang gue ga apal judulnya tapi bisa ikutan nyanyi di refrein .. lagu-lagu lama yang kalo didenger di radio udah membosankan, sedangkan semalam dinyanyiin live dan jadi sangat fresh. Menyimak lagu-lagu baru mereka juga, imo, ga ada yang ga enak =D =D .. including that Jacky Cheung's song adapted into "Take Me to Your Heart" .. penonton yang lain juga ga ngerti sama beberapa lagu baru, tapi support mereka masih kenceng ke arah panggung. Ada satu lagu yang catchy banget .. aduh .. judulnya .. liriknya ada angel-angel gitu .. jadi pengen beli deh albumnya .. hahaha ..

Penonton juga masih menyisakan cintanya kepada MLTR. Di tengah-tengah konser masih terdengar satu dua teriakan "I Love Youuuu" .. lagu cinta MLTR masih bisa membuat penonton melempar kiss ke arah panggung dan mengacungkan jari-jarinya ke atas kepala membentuk hati, atau sekedar lambaian tangan. Mungkin jumlah fans-nya udah menyurut, but MLTR still exist .. alive and kicking. Gue seneng gue mutusin mo nonton mereka. Ga sia-sia tiket di tangan gue.

Perjalanan pulang ke tempat Andri jadi ga berasa karena gue masih excited banget abis nonton konser .. hihihi .. baru inget kalo gue tuh belom makan malam. Akhirnya sampe rumah deh .. late dinner alias supper: spaghetti bolognaise, home-made. Terus mandi .. tidur .. zzzzzz ..

Kapan-kapan nonton konser lagi aaahhh .. kapan ya?

0 comments: