Show Indonesian Idol - MKG

WARNING: EXTREMELY LONG READING!! LOOOOONG!!!

Cara baca post yang efektif, irit pulsa telpon dan irit waktu:
1. Print
2. Baca satu lembar sehari

=D =D.

Mal Kelapa Gading 3 -The Forum - 15 November 2004.

Gue berangkat ke MKG dari Tebet sekitar jam setengah dua .. dan kayaknya gue nyetir mobil sambil ngebut abis di tol. Nggak sabar mo nyampe ke mal gitu .. haha .. untung masih dalam suasana hari raya, jadinya jalanan plong. Masuk ke MKG juga udah rada hopeless ngeliat antrian mobil nyari parkir, sampe sempet kepikiran mau pake vallet service aja. Tapi ga jadi, gue terusin aja sampe ke lapangan parkir paling belakang, biar jauh dari pintu masuk gpp deh .. asal dapet tempat kosong. Pas jam dua gue turun dari mobil.

Masuk ke mal, langsung berhadapan dengan kerumunan orang .. gue pikir itu kerumunan yang mo nonton show, ternyata kerumunan orang di counter-counter sale. Phew! Emang setau gue sih, shownya kan di The Forum. Jadi masih agak jauh ke dalem gitu. Gue jalan lempeng aja, ga noleh-noleh kanan kiri .. sampe di The Forum, agak lega karena masih belom terlalu banyak orang yang berkerumun di sana. Gue sempet muterin atrium liat-liat situasi .. liat panggung, liat speaker, nyari lokasi yang bisa gue tek .. hehe .. muter ke belakang juga, ke meja pendaftaran DFC. Jreng! =D. Masih agak sepi ya? Gue berenti sebentar ngeliatin kegiatan di sana, terus gue putusin ke toilet dulu aja. Perjalanan masih panjang nih menuju jam empat .. hehe .. daripada nanti kebelet di tengah show, repot. Di toilet sempet ketemu dua Deloners pula .. gals, emang kaos yang elo pake itu sangat menarik perhatian ya =).

Balik ke The Forum .. kerumunan udah jauh lebih padat. Whoa. Padahal baru jam 2.15. Batal deh rencana mo window shopping dulu. Gue langsung ambil posisi di sisi samping kanan, pas di depan railing. Ga, gue ga mau yang ada di depan panggung sana .. gile .. itu udah bertumpuk-tumpuk yang berdiri .. lagian deket speaker gitu, bisa tuli gue nanti. Sambil berdiri, seperti biasa, gue perhatiin semua kegiatan di sekitar gue. Organizer yang sibuk ngurusin kursi-kursi VIP, pasang-pasang tripod kamera .. sampe ngeliatin si mas en si mbak yang kebalik masang sarung kursi .. di kiri gue ada dua cewek ABG yang cute (Deloners?) .. agak jauh di sebelah kirinya lagi ada beberapa Deloners juga yang berdiri. Oke. Gue cut sampe sini dulu. Cuppid90, was that you?? Soalnya gue sempet amazed sama kegigihan dia naik ke railing, ngelobi security buat bisa dikasih izin masuk ke dalam area VIP .. hahaha .. my oh my. Gue sih ga bisa denger jelas apa isi percakapannya, tapi gue tangkep beberapa kata seperti .. "undangan", "nggak bisa", "boleh, tapi nanti kalo acara udah selesai" .. gee .. Dan berhubung itu railing dinaikin begitu, jadinya kena beban tubuh, railingnya meluncur maju terus ke depan. Sampe security di depan gue bentar-bentar mesti dorong balik tu railing .. (di seberang sana, di sisi kiri depan panggung .. malah antara railing sampe mesti dikait pake borgol .. *jawdrop* .. and I thought handcuffs were only for criminals? Berlaku buat pagar besi juga ya?). Untuk show Delon, bagusan railingnya dipantek ke lantai aja .. biar ga lari-lari mulu didorong sama fans.

Di sebelah kanan gue, ada seorang ibu yang bawa beberapa anaknya. Sempet ngobrol sepatah dua patah, sambil nunggu waktu. Sementara di belakang penonton bertambah banyak. Ada yang nyamperin bawa-bawa bookmark Delon, sambil nanya-nanya "Ini acara apa ya .. lagi nunggu siapa ya?" . Ada ibu yang ninggalin anaknya sama bapaknya di tengah kerumunan, karena dia mo cari cemilan dulu di supermarket. Ada suara cewek di belakang gue yang lagi telepon temennya di seberang sisi .. menjelaskan situasi padat plus nyebut nama Michael, Alfred, dll .. gue langsung nengok nyari siapa yang nelepon .. ga kenal deng .. hehehe .. emang ada di antara Deloners yang gue kenal gitu? =p. Security di depan gue mulai prihatin sama anak-anak kecil yang ada di depan railing. Emang sih di kanan gue banyak anak kecil. Ini pasti ibunya yang mo nonton, anaknya yang dibawa-bawa. Gue juga sempet bilang ke sebelah "Ibu, hati-hati anaknya ya. Takut kejepit." (Gue udah rada trauma ngeliat anak kecil kejepit waktu show di Lippo Karawaci Supermal dulu). Gue liat di lantai-lantai atas, udah padat juga. Beneran, gue ngeri kalo menyangkut masalah sender-senderan di railing lantai above ground. Gue colek security di depan gue "Pak, itu railing yang di atas kuat ga sih? Saya ngeri kalo sampe ada yang jatoh." Kata si Bapak Security, railingnya kuat. Ya moga-moga aja.

I hate waiting. Menunggu itu pekerjaan yang paling menyebalkan. Dan yang lebih menyebalkan lagi, gue tau kalo gue punya pilihan lain buat keluar dari kerumunan dan ga jadi nonton show, tapi gue ga bisa berbuat apa-apa karena biar gimanapun gue ga bakalan keluar dari kerumunan .. mmpphh! Kayaknya sekitar jam tigaan deh, si ibu di samping kanan gue juga nyerah, dia keluar bawa anak-anaknya .. dan tempatnya diambil sama dua orang ibu lain .. yang lagi-lagi bawa serombongan anak-anaknya. Mereka sendiri ngaku lho .. "Ini ibu-ibunya pada centil, mo nonton Delon .." *lol*. And I was waiting .. waiting .. bored .. sleepy .. tired .. hungry (eh, padahal udah makan ketupat lho .. cuma laper lagi kebanyakan berdiri *blushed*) .. gue liat ke seberang, ada penonton cewek yang sambil bersandar ke railing, matanya terpejam (hue? tidur, mbak?) .. kayaknya gue juga ngelakonin beberapa posisi deh. Sebentar satu kaki gue naik ke pijakan railing, sebentar tangan gue menopang dagu, sebentar dagu gue yang sekalian gue tempelin ke atas railing sambil kepala miring-miring ke kiri or ke kanan .. aduh kalo difoto, ketauan bete berat. Gue sambil doa-doa, mudah-mudahan show-nya ga ngaret. Minta ampun kalo mesti nunggu lebih lama lagi.

Sekitar jam setengah empat, para undangan mulai memasuki area VIP. Gue serasa dapet tambahan semangat. Ada pemandangan baru soalnya, setelah sebelumnya cuma dapet pemandangan kursi-kursi kosong =D. Wangi, rapi .. dan eng-ing-eng .. Jelita (adik Joy) memasuki area .. plus serombongan teman/keluarga .. plus dua orang cowok bule yang ganteng, tapi seperti belom mandi .. heheheh .. Berarti isu Joy ga tampil itu ga bener.

Situasi udah mulai panas nih. Animo penonton kerasa banget. Mana anak-anak di samping gue pada duduk di bawah lagi. "Ibu, mendingan anaknya jangan duduk di bawah. Nanti kejepit, kasian." Dang. Bapak Security juga makin prihatin gitu, minta izin sama atasannya buat antisipasi kalo ada anak-anak yang kejepit, apa boleh dilolosin dari bawah railing ke dalam area VIP. Atasannya ngeliat itu anak-anak punya ibu yang stand-by di deket mereka .. jadinya ga dikasih. Ya sudahlah, serahkan aja semua kebijakan kepada ibunya masing-masing. Gue juga udah deh, ga mo ikutan khawatir. Gue mulai keluarin kamera gue dari casenya. Bapak Security sempet nanya ke gue, apa gue termasuk rombongan ibu-ibu itu. Gue jawab, nggak, gue dateng sendiri. Terus ditanya, apa gue bawa kamera. Gue tunjukkin kamera gue. Eh .. hehe .. taunya dia bilang gini "Nanti ke belakang aja [sambil nunjuk ke arah belakang panggung sebelah kanan] .. mereka keluar dari parkiran VIP di sana. Jadi bisa foto-foto." Wuaaahh .. mikir mesti berebutan ke sana aja, gue udah hopeless duluan. Akhirnya gue jawab "Nggak pa-pa, Pak. Saya males kalo mesti berebutan gitu. Mendingan saya di sini aja. Tapi nanti kalo shownya udah dimulai, Bapak minggir dikit ya .. biar saya nggak kehalang .. abisnya Bapak tinggi sih .." *jeblug*. "Oh ya .. ya .. nanti saya berdirinya ke belakang sedikit deh .." .. "Terima kasih, Pak .." Hahahaah .. senangnya ada security penuh pengertian begini =D.

Jam 4 teng .. yippie .. it's on time, it's on time .. voice over berkumandang meminta para pengunjung mal berkumpul di The Forum, karena konser (or show sih, ga jelas) Indonesian Idol akan dimulai. Ga salah, heh? Masih mau nambah jumlah penonton ya? Mo ditaroh dimana lagi, udah padat gini .. Anyway. Kamera mulai gue nyalain. And the show started .. dengan penampilan pembuka dari Joy dan Delon nyanyi lagu theme (bener lagu theme II ya?) .. and sampe sekitar beberapa detik kemudian ..

..

WTH?? Gue kecele 'bo. Ternyata yang muncul itu bukan mereka .. *rotfl* .. penonton juga riuh. Imitasinya Delon itu mirip banget. Ya tingginya, ya kacamatanya, ya rambutnya, sampe ke gaya busananya. Tapi kalo imitasinya Joy .. amit-amit .. muhahahahah .. diusir sama MC baru mereka berdua lari masuk ke belakang panggung. Terus muncul Adhika nyanyi lagu "Maafkan" dan satu lagu yang dinyanyiin sama Marcel itu lho .. er .. ".. cepat pulang .. cepat kembali, jangan pergi lagiiiii .." geeetooh. Adhika seperti biasa, keren. Ganteng. Celana jeans, jaket hitam, kaos putih. Si pemilik suara boyband ini oke juga nyanyinya, rileks walaupun masih sempet fals-fals dikit .. seperti biasa pula =p. Komunikasinya juga lancar ke penonton. Adhika rajin nyamperin penonton di kiri dan kanan panggung.

Selanjutnya Suci masuk ke panggung dengan gaun feminin selutut warna orange. Dimulai dari "Tak Seindah Biasa", suara Suci jernih banget. Tapi Suci sempet lupa lirik .. hahah .. jadi inget Suci waktu di audisi juga lupa lirik .. Terus Suci nyanyi lagu kedua "Aku Makin Cinta". Cantik .. ya suaranya, ya orangnya .. masalah pitching? Who cares .. hahaha .. however, satu yang jadi perhatian gue, kalo Suci lincah sekali sore itu. Dia terus bergerak ke kiri dan ke kanan .. nyapa ramah ke penonton .. padahal lagunya kan slow. Mana pake sepatu hak tinggi, jalannya cepet pula .. Suci, jangan sampe kesandung ..

Michael gantian mengambil alih panggung dengan gayanya yang agak resmi .. dengan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam. Lagunya? Lagu kelompok The Fly itu lho .. wuaduh, judulnya apa ya .. ada terbang-terbangnya gitu .. (suami gue pas nonton rekamannya di rumah langsung surprised bisa denger Michael nyanyi lagu ini). Not my favorite, but it's quite a performance. Michael bisa ngebawa beatnya dengan enak .. plus dia tuh ramah banget ya. Senyum terus .. betul-betul hitam manis .. hehe .. Turun ke sisi panggung buat nyalamin penonton, sampe mesti lompat naik balik ke atas panggung. Wah. Cool! Lanjut ke lagu "Masih" .. haaaa .. this one, my favorite. Dan gue rasa semua penonton juga bisa nyanyi ngikutin Michael. Warna suara Michael masuk banget di lagu ini, lebih bagus daripada penyanyi aslinya, imo =). Turun ke area VIP .. nyamperin Jelita .. nyodorin mikrofon .. Jelita nyanyi sepotong "walau badai menghadang .." Too short, but pendekatan Michael bolehlah. Michael juga nyalam-nyalamin para undangan. Gue mengharapkan dia agak jauh ke belakang dikit, gitu lho .. sapa tau bisa ke tempat gue berdiri. Nggak nyampe tapinya =(.

Sampe sini, penonton kayaknya beneran udah ga sabar mo liat Delon. Banyak yang manggil-manggil. En bisa ditebak, waktu ada penampakan Delon dari belakang panggung .. berapa banyak orang yang teriak?? Ada gempa di sekitar The Forum, dari lantai bawah sampai lantai atas *hiperbola*. Sisi sebelah kiri gue juga dah histeris neriakin "DELOON!! WAAAAAA!!", sambil naikin railing .. bergetar deh gendang telinga gue .. hahah .. Delon muncul dengan kemeja casual warna putih dan celana jeans biru. Dandanannya juga casual, ga neko-neko. Bener kata temen gue, kalo Delon itu lebih cakep pake kacamata. Cute!! Handphone-handphone mulai banyak yang teracung ke atas, ke arah panggung. Kalo gue sih, udah dari show dimulai emang megangin kamera ke arah panggung terus. Tadinya siku gue masih bisa ditopang sama railing .. belakangan, berhubung makin banyak yang mondar-mandir di depan gue, plus security yang juga tambah sibuk ngedorongin railing yang terus meluncur maju .. terpaksa gue angkat kamera gue setinggi-tingginya sampe ngelewatin kepala .. pegel juga 'bo. Gue lagi fokus ke arah panggung, ga sempet nengok ke sebelah kiri buat ngeliat apa yang Deloners buat di sana .. tapi gue yakin, pasti heboh biar gimana juga =D. Lagu pertama yang dinyanyiin sama Delon: "Aku Ingin". Blah. Kok lagu itu sih? Ga bosen apa? Penampilannya standard aja. Nothing special. Tapi penonton masih tetap histeris, melambai-lambai, teriak-teriak .. mungkin sampe ke MKG 1 kedengeran kali ye ..

Terus lagu kedua, Delon bilang kalo lagu itu diambil dari albumnya. Gue harap-harap "Jangan 'Merindumu' .. jangan 'Merindumu' .. please ..", gue dah cukup bosen denger lagunya yang pertama. Ternyata lagunya "Bahagiaku". Asik asik asik! Hmm .. rasanya sih, waktu Delon nyanyi lagu ini, penonton masih banyak yang belom kenal sama liriknya. Yang nyanyi bareng ga terlalu banyak gitu. Tapi beneran .. lagunya bagus banget emang .. Delon juga bawainnya mantap .. dan sekali lagi, melodinya membuat gue terbuai. Positifnya bisa diambil, lagu ini bisa buat banyak orang tertarik buat beli albumnya. Lagu dinyanyiin sampe akhir, langsung disambung sama intro "Separuh Napas". *gubrak*. Delon, gaya elo ituuuuuuu .. ampuuuunnnn .. adrenalin gue langung melonjak ngeliat Delon bergaya kayak anak band, membelakangi penonton sambil bergaya seperti pemain gitar listrik yang ngerock .. bwaaaaaa .. gimana penonton ga mo tambah histeris coba (nyokap gue yang nonton di rumah juga sempet nyetus "Tu liat gayanya. Bisa juga Delon kayak gitu?" ). Di lagu ini Delon agak over-pitching. Too excited, I guess. Dan jujur, setelah intro, gaya Delon agak keredam pas dia mulai nyanyi. Dia kayaknya menghindari gaya yang terlalu berlebihan demi mengontrol suaranya. Sayang lho padahal, gue rasa penonton juga udah ga peduli lagi deh dia mo nyanyi fals atau ga .. Gue sempet ngeliat ke arah atas, ke railing-railing di sana .. ga ada lagi sisi kosong yang tampak. Semua penuh dengan tumpukan penonton. Thrilling. Gue seneng ngeliat animo penonton yang sedemikian besarnya .. yang gue yakin 90% besarnya diberikan untuk Delon. Magnet-nya kuat banget. Apalagi Delon tau cara menggunakan pesonanya. Sebentar dia ke kanan, sebentar dia ke kiri .. sebentar jongkok di depan penonton .. tapi Delon ga berani turun =p. Takut ya? Hehehe ..

Di tengah-tengah lagu ini, baterei kamera gue low. Jadinya ganti baterei deh. Mission accomplished, kembali acara rekam-merekam dilanjutkan. Tapi gue lupa pasang zoom .. stupid stupid .. udah keburu kembali fokus ke arah panggung sih. Abis nyanyi, Delon komunikasi sama penonton. Ngucapin selamat hari raya sambil nangkupin kedua telapak tangan di mikrofon, sambil nunduk-nunduk .. kacamatanya melorot .. gosh, you are so very cute!! Delon, pake kacamata terus aja .. hahaha .. Bawaan profesi sebelumnya sebagai MC dan wedding singer kerasa juga, ngedenger suara Delon. Soft-spoken dan sabar. Delon juga bisa becanda sama MC di atas panggung. Lagu ketiga diperkenalkan .. "Now and Forever". Hmm. Typical Delon. Slooooowwww. Boseeeeeeeeeeenn .. hik hik hik .. pilihan lagunya jangan yang kayak gini lagi dong. Tapi kayaknya penonton yang lain enjoy aja dengerin ni lagu (atau ngeliatin Delon, ga ketauan bedanya lagi =p). Emang populer banget sih, walaupun buat gue masanya udah lewat. Jadi gue cuma dengerin sambil lalu aja. Gue mulai berasa kalo anak-anak kecil di sisi kanan gue tu kayaknya udah capek .. mereka udah keringetan .. udah mulai rewel. Sebentar minta digendong sama ibunya, sebentar minta turun. Ibunya kan juga pasti repot .. mo nonton Delon, malah jadinya sibuk ngurusin anak di tengah-tengah kerumunan padat. Coba deh. Jangan bawa anak-anak kecil kalo mo nonton show Delon. Apalagi berdiri di barisan depan, yang notabene rawan desakan. Dan juga bisa mengganggu penonton di sekitarnya. Lha, abisnya gue juga ikutan ketendang-tendang sama tu anak kok =(. Tapi hari itu gue beruntung, karena di posisi gue, gue masih bisa merasa nyaman berdiri tanpa ada desakan yang berarti dari arah belakang. Antara gue dan railing juga masih bisa ada jarak. Makasih buat penonton-penonton di belakang gue =).

Hampir di ending lagu, Delon sempat intermezzo dikit sama penonton. Dia berenti pas sebelum lirik terakhir .. "Now and forever, I will be .." ngacungin mikrofon ke penonton, minta penonton yang nyelesain .. tapi kok ya respon-nya ga ada gitu .. hehe .. Lucu juga, ngeliat Delon sempet nyeletuk sambil belagak mikir gitu"Apa ya?" .. baru terus dilanjut sama ".. your .. man .." Selesai nyanyi lagu ini, Delon pamit ke penonton. More or less: "Sudah ya .." JANGAN! LAGI! "Lagi?" IYA!! "Lagu apa?" KARENA CINTA!! "Karena Cinta? Diganti sama lagu lain, boleh ga?" (eh eh, kenapa nih? Kok tumben dia nolak nyanyiin lagu "Karena Cinta"?). Terus penonton riuh gitu, ga kedengeran sama gue pada teriak apa. Buntutnya, Delon bilang "You Raise Me Up? Mau lagu You Raise Me Up?" IYAAAAA!!! Dan jadilah dia nyanyi "You Raise Me Up". Top! Needless to say .. suara Delon paling asik didenger di lagu-lagu jenis begini. Serasa tenornya membubung ke langit-langit atrium. Gue ga bisa merasakan apa yang dirasakan oleh penonton di lantai paling atas, tapi gue yakin seyakin-yakinnya .. getarannya pasti nyampe ke sana deh.

Selesai sudah penampilan solonya Delon. Dan seperti biasa, lagu "Ekspresi" dinyanyiin rame-rame bareng Adhika, Suci dan Michael. Lagu wajib II yang masih asik aja didenger. Atraktif. Suci turun ke area VIP dan menyodorkan mikrofon ke seorang ibu yang duduk di barisan depan lajur kiri. Satu refrein dinyanyiin dengan mulus dan bagus oleh si ibu. Delon waktu itu juga duduk dengan cueknya di atas panggung merhatiin si ibu yang lagi nyanyi. Di tengah-tengah lagu, memory card gue full. Gue buka dan gue eject .. eh .. hehe .. compact flash-nya loncat melewati railing, jatuh ke dalam area VIP *lol*. Wadaaaaoo .. untung jatuhnya ga jauh-jauh amat. Security di depan gue, sama cewek di samping kiri gue sempet bengong ngeliat ada sesuatu yang meloncat dari kamera gue. Hahaha .. gue panggil lagi aja si Bapak Security, minta tolong dia buat ngambilin cf gue. Hihihi .. ganti cf baru .. dan misi berlanjut.

Lagu berakhir dan MC pun muncul di panggung memintakan izin buat mereka istirahat sebentar ke belakang panggung. Sekaligus memperkenalkan .. JOY! (Deloners, perlu gue ulas lagi penampilan Joy di sini? Perlu? =D. Gue tulis aja ya, buat yang mau baca. Buat yang nggak mau baca, dilompatin aja bagian ini.)

-- JOY ALERT! --

Joy muncul dengan gaun selutut tanpa lengan warna coklat muda dan rambut oranye kayak wortel .. mungkin tadinya warna merah, cuma kena lighting kuning, jadi warnanya kayak gitu deh. Kesan pertama gue liat Joy .. Huh? Tante-tante darimana pula ini? Sorry, Joy .. gue lebih suka elo dengan rambut warna hitam. Bisa keliatan lebih imut dan lebih fresh. Lagu yang dinyanyiin pertama oleh Joy, "Surat Cinta". D'oh. Mana, mana lagu barunya?? Mana? Gaya Joy nyanyi gue perhatiin, serupa dengan gaya Joy waktu nyanyi lagu "Kuakui" di Grand Final. Lengkap dengan gaya jalan menyamping dengan tangan yang melambai-lambai .. bisa kebayang ga? Hehehe .. Tapi memang, suaranya oke. Joy punya aura pop star yang kuat .. nyambung aja gitu ke penontonnya. Gue rasa, hari itu banyak yang bukan Joy-fans juga bisa menikmati penampilannya dengan baik. Joy ga ragu turun panggung dan nyamperin penonton di sisi kiri-kanan panggung (and lagi-lagi, ga ada yang sampe ke tempat gue berdiri .. huuu ..) .. salaman .. dan karena Joy itu posturnya pendek, dia ga ketangkep sama lensa kamera gue .. tenggelam di antara banyaknya tangan-tangan terjulur .. hahah .. Joy juga nyamperin area VIP, dan kembali si ibu yang tadi kebagian mikrofon dari Suci, dapet bagian lagi diminta nyanyi "tu tu tu tu turururut ..tu tu tu tu turururut .. " =D.

Lagu kedua, "Hampa". Yay! Lagu bagus .. dan di sini gue liat Joy berani nawarin penonton buat nyanyi bareng. Dia nyamperin sisi kiri panggung, dan ada seorang cewek yang beruntung .. tangan kanannya digenggam sama Joy, ga dilepas sepanjang refrein (walaupun tanpa ditawarin mikrofon). Dari arah gue, gue bisa melihat dengan jelas gimana ekspresinya si cewek waktu dia ikutan nyanyi, berhadapan mata lekat dengan Joy langsung. Dia hapal sama liriknya "entah di mana, dirimu berada .. hampa terasa hidupku tanpa dirimu .. apakah di sana, kau merindukan aku .. seperti diriku yang selalu merindukanmu, selalu merindukanmu .." *sigh*. Touching. Gue suka banget ngeliatnya. It was my highlight of the evening. Hal-hal seperti ini yang bakalan terus dikenang, dibanding hanya menerima sekedar tempelan jabat tangan, atau lambaian dari atas panggung.

Terus .. Joy memperkenalkan lagu ketiga yang katanya pernah dinyanyiin di babak show spektakuler, dan penyanyi aslinya Celine Dion. Gue udah hampir lompat ngedengernya. "To Love You More" nyetus gitu aja dari mulut gue. Gue pernah denger versi "keroncong"nya di acara ultah C&R .. hehe .. dan gue nunggu-nunggu versi apalagi nih yang bakalan dinyanyiin sama Joy. Ternyata versinya serupa dengan punyanya Dion. Good. Dan di lagu ini, kualitas Joy bersinar terang benderang. True, napas Joy masih pendek-pendek .. kalah jauh sama panjangnya napas Dion. Tapi siapapun yang nggak benci sama Joy (baik fans atau bukan) bisa ngerasain bagusnya dia di lagu ini. Penghayatannya total, walaupun masih sedikit ngotot dalam maintaining high-note-nya. Kalo ga salah, di sini ada seorang dari rombongan Joy di area VIP yang berani malu berdiri pas di depan Joy buat ngambil fotonya lewat HP. Blueh. Ga cuma sekali pula. Gilee .. deket amat jaraknya, Mas. Jadi kayak orang yang lagi mau ngajak duel. Terus udah mulus-mulus nih nyanyinya .. akhirnya muncul cacat yang hampir fatal. Hahah. Oke. Hmm. Pas di refrein setelah bridge .. terjadi miss antara Joy sama band pengiringnya. Dan gue bisa bilang, ini sepenuhnya kesalahan Joy. Kenapa, karena waktu itu gue juga ikutan nyanyi, dan nada gue masuk ke band .. tapi nada Joy melenceng ke nada dasar yang lebih tinggi. Setau gue, ga ada modulasi dalam "To Love You More" .. kedengeran sepintas kayaknya ada, tapi sebenernya itu cuma kemanipulasi sama improvisasi dan nada-nada minor di bridge. En Joy ngambil modulasi itu. Jadinya musiknya ga cocok. However, Joy ambil keputusan bagus buat tetap stay di tune-nya. Dia langsung madep belakang ke arah musisi, dan "menekankan" nadanya tanpa takut. Gue salut sama musisi yang bisa dengan sigap mencari nada dan menyesuaikannya dengan Joy. Dan selanjutnya .. terserah Anda .. =D =D .. selanjutnya .. mulus abis .. sampe Joy dapet sambutan riuh, dan standing ovation dari rombongannya di kursi VIP (btw, Jelita kok ga ikutan berdiri ya?). Yang gue liat dari sini .. lagunya memang punya standar yang tinggi, yang bisa bikin penonton merinding waktu ngedengernya .. Joy dengan kapasitasnya sebagai penyanyi yang lebih profesional, bisa mentackle kesulitan dan kesalahan yang mungkin bisa bikin panik penyanyi yang lain (asal jangan nanti marah-marah di belakang panggung aja, ya Joy. Ini bukan kesalahan band kok) .. dan musisi yang solid dan bisa ngikutin kemauan penyanyinya. Klimaks banget deh pokoknya. It's great. Could have been greater though, should the mistake did not occur.

-- END OF ALERT --

Lagu penutup yang dinyanyiin sama Joy .. "Karena Cinta". Nah ini. Pantesan tadi Delon nolak .. rupanya udah di-tek buat dijadiin penutup show =p. Joy minta penonton di sisi kanan nyanyi .. di sisi kiri juga .. di atas juga. Apalagi ditambah dengan masuknya Delon (tanpa kacamata) .. WAAAAAA!! DELOOOOOONN!! Lagi deh pada histeris .. sampe gue sempet ngarahin kamera gue ke cewek di samping kiri gue yang emang sering banget neriakin nama Delon (maksudnya biar nanti orang rumah tau, suara siapa sih yang menjerit-jerit itu .. dan kalo suami gue complain karena istrinya mendadak tuli di telinga sebelah kiri, biar dia tau siapa yang mesti dimintai pertanggung jawaban .. hahaha ..). Dia dadah-dadah gitu di depan lensa kamera gue .. =D. Terus gue coel dahinya pake telunjuk gue .. abis gemes ngeliat hebohnya .. hehehehe .. Udah gitu mana di atas panggung mulai terjadi kelucuan demi kelucuan. Imitasi Delon dan Joy juga masuk ke panggung .. masing-masing berdiri di samping versi aslinya =D. Joy ngasih mikrofon ke Joy Imitasi .. suara yang keluar, suara laki-laki yang ga jelas dia itu lagi nyanyi atau lagi melenguh .. hahahah .. Gantian Delon yang ngasih mikrofon ke Delon Imitasi .. not bad lho suaranya. Jadi keterusan nyanyi, mikrofonnya dipegang sendiri, Delon Imitasi melangkah ke depan sedikit .. memonopoli bait .. terus nih .. Delonnya ngumpet sambil ngintip-ngintip di belakang si Imitasi .. *rotfl* .. yang lebih ngaco lagi, Delon terus madep ke belakang .. kayak yang lagi ngambek mo pulang, karena perhatian penonton ga lagi ke dia, tapi ke si Imitasi .. haaaahahahahah .. muahahahaahaha .. Chaos deh. Gue juga udah berhenti ngerekam, nikmatin aja apa yang terjadi di atas panggung. Adhika dan Suci bertengger di sisi kanan panggung .. Michael betah ngadepin penonton di sisi kiri panggung. Semuanya ikutan nyanyi "Karena Cinta". Semua. Sebuah lagu cinta yang universal. Really an enjoyable performance.

Nggak kerasa udah sekitar jam 5.30 waktu show berakhir. Semua masuk ke balik panggung .. tapi Joy keluar lagi ke sisi kanan buat nyalamin penonton. Sampe mesti ditarik masuk sama security. Gue juga ikutan bubar jalan. Tapi sebelum bubar, gue sempet ngelirik ke bagian belakang celana capri cream gue .. dammit .. ada tapak sepatu di sana. @#^$@&^!@)!! Itu tadi gue yang ketendang-tendang sama anak kecil, ternyata sepatunya ngotorin celana gue. Huh. Kalo gendong anak kecil nonton show sambil berdesak-desakan, sepatunya kantongin aja. Daripada nanti ada yang ngomel minta ganti ongkos laundry. Sebel! Ini istilah gaulnya .. somebody kicked my a**. Bodo ah. Gue cuek aja deh jalan ke belakang .. en langkah gue kehalang sama kerumunan penonton yang nunggu-nunggu para idola keluar dari sana. Mateee .. segitunyaaa .. gue sempet berhenti lama juga di sana .. eh, terus dari arah depan panggung kedengeran teriakan histeris dan kericuhan .. wuahahah .. yang di belakang itu langsung pada lari juga ke depan. Ternyata mereka kecele ya, para idola keluarnya dari arah depan dan langsung masuk ke restoran Jepang di seberang sana buat dinner. Robata Komachi, atau Robata Tomachi gitu. Para mania rela nungguin di depan restoran, menuh-menuhin koridor mal.

Gue kembali mengunjungi meja pendaftaran DFC. Ada cewek yang lagi ngisi selembar formulir pendaftaran. Gue ngintip namanya .. Lisa Salim. Ngeliat setumpuk form yang udah keiisi di satu folder. Banyak juga ya. Ga lama, gue disamperin sama satu cowok berkaos Deloners. Dipromosiin buat ikutan ngedaftar. Gue ga ngomong kalo gue anggota milis ini (walaupun emang gue belom daftar masuk ke DFC). Gue mengajukan pertanyaan-pertanyaan bodoh seputar DFC .. yang dijawab dengan sabar. Hehehe .. Ferry, nice to meet you =D =D. Gue juga baru merhatiin design kaos Deloners dari jarak dekat, dari kaos yang dipake sama Ferry .. baru keliatan ada glitter-nya ya .. hmm .. Anyway. Gue mo minta formnya buat diliat-liat di rumah, tapi disaranin buat liat dari website aja. Oke. So I said good luck .. and I went on to my window shopping plan. Pas jalan, baru kerasa kalo kaki dan tangan gue tuh pegel banget, pinggang dan leher gue juga pegel kebanyakan tengleng nyari sasaran kamera .. hahah .. haus pula. Tapi gue puas banget nonton shownya. Show-nya rapi .. mulainya on time .. ga bertele-tele .. para idola dapet jatah solo (bye-bye nyanyi rombongan) .. dan 1,5 jam worths the wait.

Jadi gue jalan-jalan bentar, beli ice chocolate di Oh La La .. terus sekitar jam 6.30 .. balik ke The Forum dalam rangka menuju pintu keluar sambil nyeruput ice chocolate yang yum .. lezatnya. Dan gue ngeliat kerumunan di depan pintu masuk restoran tempat para idola dinner makin padat aja. Gah. Masih ya? Setia banget sih .. hahahah .. Presiden aja kalo ke mal ga ditungguin sampe segitu kali? Fenomena memang ya. Orang-orang di sekitar gue yang baru aja tiba di area, jadi bertanya-tanya juga. "Ada apaan sih rame-rame? Lagi pada nungguin siapa?" "Ada Delon!! Liat yuuuukkk .." =D. Gue ga tau deh, sampe jam berapa itu pada nunggu. Yang jelas, gue mo pulang aja .. ngejemput suami .. dinner bareng di Pizza Hut .. pulang ke rumah .. mandi .. mamerin hasil rekaman ke suami ..

Dan komentarnya .. "Kamu ini kayak anak kecil aja. Deloners, Deloners .. [sambil geleng-geleng kepala]!" =D.

Catatan kecil: Nonton di antara para Deloners .. selain harus menahan gempuran nyaringnya teriakan .. ada untungnya juga. Delon jadi sering banget ngeliat ke gue .. eh .. heheh .. maksudnya ke sisi tempat gue berdiri. Tapi berasa banget .. tatapannya itu lho .. that was a long stare .. hampir khusyuk gitu lho .. haha .. nancep zeeeeep!! Kalo gue ga berpijak pada bumi dan ga sadar kalo gue tu lagi dikelilingi sama Deloners, gue bisa mikir Delon ngasih tatapannya itu langsung ke gue seorang. *gubrak* Ge-er banget seh 'lo! My point is, caranya ngasih tatapan begitu .. personal banget. Auw .. that gorgeous hunk!

The End.

-- as posted in Delon_Idol --

0 comments: