My Favourite: Jake Gyllenhaal on ..?

Ada yang belum pernah denger namanya? Atau ada yang belum pernah nonton film-filmnya? Gue ga heran, karena gue sendiri terus terang mulai suka sama dia ini secara kebetulan aja. Film-filmnya juga belum banyak yang gue tonton (susah juga sih nemuinnya).

Jadi gini asal mulanya. Dari milis yang dulu, gue denger ada disebut-sebut satu film yang berjudul Bubble Boy. Waktu gue secara kebetulan nemuin film ini di rental, gue liat-liat sinopsisnya .. gue nemuin kalo yang main itu Jake Gyllenhaal, si bintang October Sky. Nah, film yang terakhir ini lebih sering lagi gue denger, karena taglinenya yang bagus. Jadilah gue ambil itu Bubble Boy, penasaran pengen tau seperti apa sih Jake itu. Lagian gue baca ide ceritanya juga kayaknya lumayan lucu nih .. en ternyata emang filmnya konyol banget .. hehe .. Gimana ya mendeskripsikan tampangnya Jake dengan rambut mencuat ke atas-kiri-kanan, dengan tingkah laku yang polos sekaligus menggelikan .. hidup dalam bola udara pula. Belum lagi ditambah pemeran-pemeran pendukung yang sama-sama konyol, bahkan hampir di sepanjang film gue temuin adegan slapstick di sana-sini. Gue pikir ini adalah film komedi biasa aja, dengan aktor yang juga biasa-biasa aja .. sampai di satu adegan, dimana si Bubble Boy keluar dari bolanya demi mencium cewek idamannya .. zaaaaaappp .. *gubrak* .. gue langsung suka banget sama ni cowok. Dengan tampang serius begitu .. o man o man, ternyata dia itu cute abis!! And there is something in his manner that stays in my heart .. ceile ..

Dari situlah .. gue lebih yakin sama niat gue buat nyari October Sky. Gue mau ngeliat Jake main film drama. Nyewa vcd-nya, nonton filmnya, nulis reviewnya di milis ini, beli vcd-nya, nonton lagi filmnya .. semua udah gue buat. Demi Homer Hickam .. hehehehe .. neah. Filmnya sendiri udah bagus en inspirasional, ditambah pemeran-pemerannya yang solid .. and Jake, hey, aktingnya bagus juga .. ledakannya waktu menghadapi ayahnya, asik deh =D =D. Gue seneng banget ngeliat dia di sini.

Terus gue nonton The Good Girl karena gue liat Jake main bareng Jennifer Aniston. Plus katanya ni film dapet pujian dari kritisi .. so I took the chance. But bleh .. garing garing garing! Setengah idup gue berusaha nonton itu film sampe selesai .. cuma karena gue pengen ngeliat siapa tau si Jake ini bisa membuat keajaiban di sana dan bisa bikin itu film jadi lebih menarik. Ternyata .. masih garing juga. Argh. Bukan karena masalah pemerannya .. menurut gue, Jennifer Aniston sama Jake Gyllenhaal di sini bermain bagus, tapi ceritanya itu lho .. nggak kuat .. boring, lambat, dan penggambaran karakter-karakternya .. gue ga suka.

Setelah itu .. lama gue ga nemuin film-filmnya yang lain. Hampir capek nyariin Donnie Darko, dan surprise, surprise, ternyata vcd-nya dirilis. Juga Moonlight Mile. Tapi sebelum gue sempet nyewa dua film itu, gue lebih ga sabar nunggu The Day After Tomorrow yang akhirnya gue tonton di bioskop. Nah. Ngeliat karakter Sam Hall .. aiaiaiaiaia .. udah lama ga ngeliat Jake, senyumnya masih malu-malu .. sikapnya masih halus .. (walaupun gue denger, kalo di off-screen Jake Gyllenhaal ini ternyata orang yang suka becanda). Gue suka sama setiap adegan yang melibatkan Sam Hall (kecuali waktu dia berhadapan dengan serigala-serigala itu). Gue suka waktu Sam diam-diam memperhatikan Laura, gue suka waktu Sam bela-belain nyebur ke air dingin buat nelepon ayahnya, gue suka waktu Laura memeluk Sam yang kedinginan, gue suka ngeliat tampang putus asanya Sam waktu dia gagal menahan orang-orang yang mau keluar dari perpustakaan .. gue suka waktu Laura menarik Sam buat dicium .. *sigh* .. Earth to Joel .. Earth to Joel ..

Udahannya, nyaris dalam waktu berdekatan .. gue langsung sambar itu Donnie Darko sama Moonlight Mile dari rak rental (sampe ada yang ngeledekin gue: "What happened to Edward Norton?" Gee .. it's another different story, my man .. a very long one).

Ok. Now. Donnie Darko. Can anyone tell me what exactly this movie is all about? Donnie yang punya masalah kejiwaan dan punya teman imajinasi berkostum kelinci raksasa .. euw .. Ceritanya bener-bener aneh. I tried to let it flow .. dengan harapan nanti endingnya bisa lebih jelas. Ternyata endingnya pun malah bikin kening gue makin berkerut .. ahhaha .. kali gue mesti nonton lagi ye .. atau gue beli aja vcd-nya sekalian =D. Soalnya terus terang, biar filmnya aneh seperti itu .. it's really an entertaining movie. Gue nonton berdua (dan sedikit berjaga-jaga seandainya temen nonton gue itu ngomel-ngomel karena filmnya yang luar biasa ajaib), ternyata malah kita bisa ketawa-ketiwi .. dan sampai film selesai, ga ada komentar jelek yang keluar .. selain saling berpandangan dan saling nanya: "Jadi maksudnya apa?" *lol*. Nonton Donnie Darko mulanya seperti nonton video klip musik pop alternatif .. gaya pengambilan gambarnya unusual. Banyak berputar dari sudut ke sudut, sebentar di slow-motion, sebentar di freeze .. dengan latar belakang musik yang lumayan hingar-bingar. Terus ga lama keliatan lagi satu gaya editing yang kayaknya jarang gue temuin di film-film lain (atau mungkin karena gue ga gitu merhatiin). Scene-nya ada yang di-open .. alias ga diterusin sampe kemudian jawabannya ditemuin di scene berikut. Er .. gimana ya .. mungkin elo-elo yang sering baca buku Harry Potter, bisa mengenali ciri seperti ini. Sedangkan buat elo-elo yang udah nonton Donnie Darko .. inget adegan Donnie yang melecehkan guru P&K-nya di depan kelas? Seandainya adegan ini ga dibuka begitu, adegan selanjutnya yang menggambarkan orang tua Donnie menghadap Kepala Sekolah dan mendengar apa yang sebenarnya terjadi .. ga bakalan terasa lebih lucu. It's hilarious! Dan memang dengan segala keanehan tingkah laku Donnie .. Jake Gyllenhaal is great in here. He's funny, he's smart, he's awkward, he's crazy .. he's creepy. And he smiles quite a lot.

And the last movie I saw, Moonlight Mile. Dengan deretan pemeran utama seperti Dustin Hoffman dan Susan Sarandon, keliatannya ini film menjanjikan. Hmm. Gue ga bisa bilang gue suka sama ceritanya yang muram. Kalo mau digambarkan dengan satu kalimat, ini film bercerita tentang tiga orang stress. Karena gue nggak mau ikutan muram nonton film ini, gue lebih merhatiin akting pemerannya (plus Holly Hunter yang nggak gue duga ternyata muncul di sini, dan Ellen Pompeo yang rautnya mirip-mirip LeAnn Rimes). Seperti biasa .. TOP! Dan kamera kayaknya bermurah hati banget ke gue .. gue punya banyak kesempatan buat ngeliat ekpresi-ekpresi yang ditampilkan. Hal ini juga yang rasanya membuat Moonlight Mile berjalan lambat, karena kamera terfokus banyak ke masing-masing karakter .. apa yang mereka lakukan, apa yang mereka katakan, apa yang mereka rasakan. Banyak close-up. Gue puas banget .. bisa ngeliat Jake lamaan dikit .. hehehe .. and it seems like he wants to eat the camera whenever it focuses on him. Satu scene yang exceptional terjadi waktu Joe mendatangi Bertie di kantor pos untuk menarik undangan perkawinan dari box surat. Waktu Bertie menemukan satu lembar pertama, you see how the camera covered the envelope on the left side, and covered Joe's face on the right side? Dan bagaimana kamera itu terfokus bergantian ke atas tulisan nama di amplop undangan dan ke ekspresi Joe .. without a single word said, it told Bertie about who Joe was and what had happened. Gue juga suka waktu Joe berdansa pertama kalinya dengan Bertie, waktu Joe ngobrol berdua dengan Jojo (the way he smiled and said "thank you" .. ah, so sweet .. gue sempet ngulang ini adegan yang cuma sekian detik sampe beberapa kali =D), waktu Joe mengungkapkan rahasia hubungannya dengan Diana di depan Bertie (the way he swallowed his tears .. hmm ..), juga monologue-nya Joe di pengadilan, waktu Ben mencium kening Joe dengan penuh sayang .. hiiaaaaa .. eksplorasi akting Jake Gyllenhaal di sini lumayan jauh, mungkin karena ditambah dengan dukungan dari para seniornya.

Susah juga milih mana karakter favorit gue. Er .. sejauh ini, kayaknya masih Homer Hickam. Lebih karena di sini dia memerankan karakter pemuda yang optimis dan lebih "ceria" (ceriaaa .. mentari bercahaya ..) .. hehe .. Tapi karakter Donnie Darko dan Joe Nast juga nggak mengecewakan dengan porsi peran yang besar dan keliatan lebih dalam. Well. The hell with it, I'm gonna see every movie of Jake Gyllenhaal anyway =D.



0 comments: