Intermezzo for Indonesian Idol Mania

Lippo Supermal Karawaci - July 31, 2004.

Dateng bareng nyokap jam 10 pagi (padahal shownya baru mulai jam 11) buat dapetin tempat duduk di Food Court. Ngeliat panggungnya kecil banget .. dan di sana udah lumayan banyak ABG yang pada duduk-duduk nungguin show. Gue pilih tempat duduk yang deket layar gede, plus agak di barisan depan dikit. Maksudnya, kalo show udah mo dimulai, gue bisa dengan gampang lari ke depan panggung =D =D. Breakfast siomay MM bareng nyokap sambil ngomel dan bikin analisa peristiwa eliminasi Lucky (yang sampai saat ini masih merupakan favorit gue .. nyanyinya jago seh) .. sampai analisa "Mengapa Delon Bisa Bertahan Sampai Lima Besar?". Nggak lama, ada temennya nyokap yang dateng juga bareng suaminya .. mereka bergabung, jadi lumayan. Analisa berlanjut dengan lebih seru.

Sekitar jam 10.20 .. di sekitar panggung terjadi kehebohan. Gara-gara panitia baru ngasih tau kalo ada pendaftaran foto bareng Indonesian Idol dengan biaya Rp 20ribu (max. 2 orang). Lha .. bukan dari tadi aja bilangnya toh? Eh, tapi ngapain juga foto bareng orang tidak dikenal .. heheh .. Gue ke sana kan cuma buat ngerekam mereka nyanyi, buat orang rumah (dan juga buat kenang-kenangan gue) .. heheheh *lagi*. Akhirnya gue cuma celingak-celinguk ngeliatin para ABG berebutan tiket foto bareng sambil mengacungkan lembaran uang mereka.

Jam 10.30 .. nyokap ngingetin gue, supaya gue mulai stand by ke sekitar panggung, berhubung udah mulai banyak penonton yang ngerubung di sana. Nyokap gue sih biar duduk aja, sambil nungguin kakak gue plus keponakan gue yang juga lagi on the way ke sana. Ada temen ngobrol ini lah, jadi gue dengan ringan melangkah pasti ke depan .. dengan membawa senjata utama .. my camera =D =D. And guess what, gue dapet tempat paling depan 'bo .. pas di railing (pagar pembatas) .. di sisi kanan agak ke tengah pula. Top. Strategis banget. Cek-cek kamera, baterei, good view in fact. Jadi gue udah bisa nunggu dengan tenang dan damai .. sambil merhatiin keadaan di sekitar gue. Oala .. ngeliat para ABG yang dandan keren-keren dari ujung rambut sampe ujung kaki .. dan ngebandingin gue yang berdiri cuma pake t-shirt, celana pendek dan .. sendal jepit .. mana dengan tampang kayak orang baru bangun tidur sih .. (wah ya iya, paginya abis kena krisis mati air, sampe mesti numpang mandi ke rumah nyokap) .. wuuahahahaha .. pede abis. Di sebelah kanan gue, ada cewek yang berdiri dengan kamera di tangan .. sebentar-bentar nanya jam ke gue. Plus ngobrol-ngobrol dikit, spekulasi siapa aja nanti yang bakal dateng. Di sebelah kiri gue ada anak perempuan kecil (sekitar 6-7 tahun) yang dengan asik berdiri nungguin para idola .. nyokapnya cuma merhatiin dari tempat duduk di samping panggung. Agak jauh di sebelah kiri si anak kecil, ada ABG cowok .. pake topi hitam, pake kaos hitam bertuliskan "Saya Fotografer. www.photographer.net" .. lengkap dengan senjata yang lebih besar .. kamera dengan lensa tele .. berdiri pas di center area.

Menit berlalu, sampe sekitar jam 11.15 .. belum ada tanda-tanda show dimulai. Gue masih bisa nengok-nengok ke belakang, ke arah kursi food court, nyari nyokap gue. There she was .. plus kakak gue yang rupanya udah dateng bareng my nephew, the mob dengan rambut jabriknya. Tenang karena nyokap baik-baik saja (hiperbola deh) .. gue kembali mengarahkan pandangan ke panggung, menanti dengan sabar. Bosen banget deh ngedengerin theme-nya Indonesian Idol diputer terus. Dimatiin aja 'napa. Hih.

Akhirnya udah jam 11.30, waktu para sekuriti mulai memasuki area di dalam panggung, dan mengambil tempat di depan railing. Mereka bawa-bawa tongkat .. heh, mo ngegebukin orang ato gimana nih? Ada lima orang. And I thought they were too many for the small stage. (If I only knew what would happen next ..). Untungnya mereka berdiri nggak pas di depan gue, jadi pandangan gue masih bebas ke arah panggung. Si Photographer.Net kehalang sama satu sekuriti .. kasian kasian .. Si sekuriti yang satu itu lumayan ramah, soalnya mau ngasih informasi kecil-kecilan. Sempet bilang kalo Delon nggak dateng, karena sakit perut .. pernyataan yang membuat para cewek mengeluh kecewa .. tapi si mas sekuriti senyum-senyum aja. Dia pasti berbohong .. huh!

Mendekati jam 12.00 .. kaki udah lumayan pegel berdiri, mana di area gue kena sinar matahari langsung dari kaca atap food court .. gue mulai ngerasa kepadatan terjadi di belakang gue. Sempet ada yang saling dorong .. wah. Bahaya ini. Hilang sudah kedamaian gue. Gue mo nengok ke belakang nyari nyokap pun, ternyata udah ga bisa, saking penuhnya. Akhirnya gue ngeliat ke arah kanan atas, ke layar .. dan gue takjub ngeliat penuhnya penonton yang terekam di sana. Area tengah food court yang tadinya masih kosong, udah penuh dengan kepala-kepala penonton. Di lantai dua penonton juga udah berjubel di sekitar railing (d'oh, asal jangan ada jatuh aja nantinya). Gue nengok ke kanan, ke temen ngobrol gue, gue memberikan saran .. ceile .. supaya dia nggak bersandar di railing .. soalnya kalo dorongan di belakang semakin parah, itu railing bisa roboh, yang di deretan depan bisa jatuh terus keinjek .. yay! Jadinya kita berdua mulai pasang kuda-kuda. Hehehehe ..

Jam 12 teng .. Ata dan Irgi muncul. Gah. Gue nggak bisa nebak lagi siapa yang berani mati menjerit pas di kuping kanan gue. Kerumunan penonton mulai bergerak seperti perahu diayun ombak .. kiri kanan depan belakang .. Abis para host melempar kata sambutan dan quiz, muncullah para idola. Dan kuping gue semakin pekak dengan teriakan para ABG. Gue sampe meringis, sambil senyum-senyum (belagak jadi orang tua yang ga ngerti kenapa para idola itu bisa bikin ABG histeris) .. *berdoa dalam hati, muda-mudahan ringisan gue ga ketangkep sama kamera video mereka. Bisa jatuh pasaran .. hahaha*. To be frank .. Joy (my fave #2), Helena dan Michael biasa aja. But Delon .. he IS cute! =D =D. Nania-nya absen karena masih harus istirahat. Dan Lucky .. ah, Lucky ga muncul .. padahal gue mengharapkan banget bisa ngedenger dia nyanyi live. Lucky cuma kirim salam aja, katanya.

Dalam keadaan kuping berdengung karena kehisterisan para penonton (asli, suara di panggung jadi agak sayup-sayup tak sampai gitu ke kuping gue) .. untungnya ga lama kuping gue udah normal lagi .. gue menyimak tingkah para penonton yang berebutan ngejawabin quiz dan melontarkan pertanyaan ke para idola. Dan di situ gue bisa dapet kepastian nyata atas spekulasi Lucky yang tereliminasi dan "Mengapa Delon Bisa Bertahan Sampai Lima Besar?". Fans-nya itu lho .. hampir sebagian besar meneriakkan nama Delon. Begitu Ata atau Irgi menyebutkan nama Delon, gemuruh applaus dari penonton itu semakin memekakkan telinga. Ada satu group ABG cewek yang mendapatkan kesempatan melontarkan pertanyaan, dan itu ditujukan untuk Delon. "Gimana sih caranya bisa menyanyi dengan baik?" .. or more or less that was her question. Begitu mikrofon dikembalikan ke atas panggung, si cewek itu dimarahin sama temennya .. katanya "Aduh, pertanyaan elo itu norak bener sih .." .. dan dijawab sama si penanya "Abis gue ga tau lagi mesti nanya apaan .." *lol*. Demi hadiah t-shirt dan tiket gratis ke Show Spektakuler .. pokoknya nanya .. peduli itu dumb or smart question. Dan emang untungnya, pertanyaan tersebut terpilih untuk mendapatkan hadiah, yang akan langsung diserahkan oleh Delon. Nah .. jeng jeng jeng .. bayangin deh. Itu group ABG ada di belakang gue. Dan di depan gue, Delon mulai menuruni panggung dan berjalan .. ke arah gue!! I was thinking to capture the close-up moment .. when I realized it was impossible. Impossible. Soalnya apa .. histeria penonton makin menjadi, it was like a slow motion .. penonton di belakang gue mulai mendesak ke depan, Delon di depan gue mulai mendekat .. I had to grab the railing with my left hand, while my right hand was holding fast to my camera. Gue udah siap-siap, kalo sampe tangan gue ga bisa nahan badan gue yang didesak dari belakang .. dan seandainya itu railing roboh .. gue pasti bakalan langsung jatuh langsung ke pelukannya Delon ........ dan para ABG itu bakalan menggelepar cemburu ..

*rotfl* Muaahahhahahahaha .. mimpi .. mimpi ..

Seriously. Kejadiannya ga kayak gitu, thank goodness. Gue lebih sayang sama diri gue dan kamera gue, ga mau gue jatuh dan keinjek sia-sia. Jadilah gue tetap berpegangan erat sama railing dan memperkuat kuda-kuda sampe kaku rasanya kaki gue. Gue liat tangan Delon lewat di samping muka gue, mengarah ke rombongan para ABG .. and the moment of truth .. hadiah yang harusnya ditujukan ke ABG yang berhak .. berhasil direbut oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab dan tidak tau malu. Kasian gue sama cewek itu .. hampir nangis dia protes sia-sia ke sekuriti di depan. Temen-temennya kembali ngasih omelan .. "Kenapa elo nggak langsung ambil itu hadiahnya?" .. dijawab .. "Udah. Udah gue pegang. Tapi direbut dari belakang .. gue ga tau siapa yang ngambil ..". Tapi kayaknya kedengeran juga sih sama yang di atas panggung, soalnya ga lama Ata sama Irgi mengubah peraturan bahwa hadiah quiz selanjutnya akan diberikan di belakang panggung, biar ga ada kejadian dorong-dorongan waktu para idola menghampiri penonton. But it was too late, I believe. Hadiah tu cewek udah ilang. Dan gue kembali senyum-senyum kasian atas kemalangan nasib si ABG.

Barulah kemudian para idola mulai menyanyi bareng lagu tema Indonesian Idol. Tadinya gue pikir, histeria akan mereda sedikit begitu mendengar lagu-lagu mereka .. ternyata ga. Tambah parah iya. Dan malangnya, sisi tempat gue berdiri itu ABG-nya paling histeris. Gila .. dorongannya kuat banget. Sebagian besar sekuriti udah pindah ke area depan gue, mereka setengah idup juga menahan railing dari arah dalam biar ga roboh. Gue sempet ngelirik ke sebelah kiri gue, ke arah si anak kecil .. dia udah hampir kejepit. Gue menyempatkan diri susah payah minta ke penonton belakang gue supaya nggak ngedorong, karena ada anak kecil. Mereka sendiri bilang kalo mereka juga kedorong dari belakang. Akhirnya gue memperlebar jarak antara gue dengan railing, dan gue minta itu anak kecil pindah ke depan gue. Dalam hati, gue menyumpahi ibunya yang tega meninggalkan anaknya sendirian di situasi seperti ini. Well, my effort worked for a while, but not for long since the pressure was getting worse. Fortunately, sekuriti di depan gue ada yang bisa bertindak sigap. Itu anak diangkat ke dalam area panggung, buat dikembalikan ke ibunya di samping. Di situ gue sempet liat mukanya si anak yang udah merah menahan tangis. Gee .. dan ga lama kemudian, di belakang gue ada ribut-ribut suara yang minta keluar dari kerumunan karena mo pingsan .. sekuriti dipanggil-panggil ga denger .. sampe gue yang mesti nyolek satu petugas di depan gue. Mana galak banget lagi .. dipikirnya itu yang mo pingsan akal-akalan aja kali supaya bisa dibawa ke belakang panggung (biar nanti bisa ketemu sama idolanya). Tadinya itu ABG yang mengeluh mo pingsan disuruh keluar aja sendiri dari kerumunan .. yea right. They gotta be kidding. Boro-boro keluar, ngeliat kaki sendiri aja susahnya minta ampun. Akhirnya setelah diyakinkan .. sisi gue disuruh buka jalan sedikit buat si ABG ke depan. Udah di depan gue nih, railing masih ga dibuka juga .. itu ABG udah bungkuk-bungkuk mo muntah di depan gue .. dammit dammit dammit .. ga mau deh sampe itu cewek pingsan di kaki gue. Ampun .. ini sapa sih yang mo disalahin .. si penonton yang kelewat over-excited (mbok ya kalo mo nonton show beginian, mesti persiapan .. hehehe .. bawa air minum kek, jangan berdiri deket-deket panggung kek) .. atau si petugas yang nggak bisa mengantisipasi situasi. Untung-untung, railing dibuka juga. Dan selamatlah itu cewek di dalam.

Hasilnya, Ata dan Irgi berikut para idola mulai menghimbau penonton supaya ga saling dorong, karena udah ada tiga orang yang dibawa ke belakang panggung karena kejepit. Dan .. gue kehilangan posisi gue di barisan paling depan. Gue jadi ada di barisan ketiga. D'oh, kayaknya gue harus dianugerahi gelar sebagai penonton yang paling perhatian terhadap sesama penonton .. huaaaa .. *muji diri sendiri*. But at least, after all those incidents .. gue bisa lebih tenang megang kamera gue ngerekam Joy & Helena nyanyi lagu "Ironi". Er .. dibilang tenang juga ga sih .. lah abisnya ini masih tetap didorong-dorong juga dari segala sisi .. jadi kamera di tangan gue juga ga bisa steady. Gue sampe pegang kamera dua tangan, plus jinjit ngangkat kamera setinggi mungkin ke arah panggung (sebodo sama penonton di belakang yang nggak keliatan gara-gara gue. Tempat gue udah ilang gara-gara gue ngasih kesempatan ke yang membutuhkan, jadi sekarang biar yang di belakang nontonin punggung gue aja .. hyeh-heh-heh .. ga jadi deh dianugerahi gelar "Penonton Paling Perhatian terhadap Sesama"). Itupun periode rekaman gue mesti singkat-singkat. Satu hal, karena memory card gue terbatas. Dua hal, karena udah bagus-bagus gue rekam .. ada kepala sekuriti yang nongkrong menutup lensa gue dengan tampangnya yang jelek itu .. grrr ..

Pas giliran Michael nyanyi .. lagunya apa ya .. baterei kamera gue abis. Hiyaaa! Great. Perfect. Gue sih bawa baterei cadangan di soft case yang tergantung di pundak gue. Dan gue mesti berusaha super keras buat melepaskan baterei lama dari kamera, nyemplungin itu baterei ke dalam case, nyelipin jari-jari gue buat ngambil baterei baru, dan masang itu baterei lagi ke dalam kamera. Semua gue lakukan dengan ekstra hati-hati, karena gue nggak mau ada baterei yang jatuh .. ga lucu banget, karena gue nggak bakalan bisa mungut itu baterei dari lantai (wong lantainya aja ga keliatan .. yang keliatan kaki semua ..) .. or the worse, kalo seandainya kamera gue yang jatuh .. hii serem! Jadilah gue konsentrasi menundukkan kepala, occupied with my camera, di tengah para penonton yang berjingkrak-jingkrak histeris .. Then when it's done, Michael had already done with the singing as well. Damn 100x.

So. Next .. the last song. "Ekspresi" yang dinyanyiin rame-rame oleh keempat idola. This moment was the best of all throughout the show. Karena apa, selain mereka, muncul satu peserta Coba Lagi Awards yang bisa split itu lho .. dengan gayanya yang ngedangdut sekale .. hihihi .. dan memang lagunya punya beat yang asik. Dan ciri khusus dari setiap konser atau live show .. dimana penonton ikut menyanyi bersama .. muncul juga di sini. Udah ga ada lagi dorong-dorongan, yang ada hanya penonton-penonton yang ikut bergerak ngikutin irama sambil bernyanyi. Mo fals atau ga, peduli amat. Pokoknya happy. Dan kebetulan juga .. sesaat sebelum lagu berakhir, memory card gue full. So I stopped recording. And at 12.20, the show was over .. yang mo foto bareng diminta ke belakang panggung .. dan gue langsung nyelip-nyelip keluar kerumunan sebelum mereka bener-bener bubar (entah berapa orang yang kakinya keinjek sama gue .. sebodo ..) .. sambil nyengir lebar, kembali ke pangkuan nyokap yang masih duduk tenang di bangku food court. Wuahahaha .. gue baru sadar sama kaos dan rambut gue yang udah basah karena panasnya di tengah kerumunan. Untung ga pake make-up .. bisa luntur jadi kayak make-up drakula dong.

Kesimpulannya. Berdiri nunggunya kelamaan (satu setengah jam), shownya cuma sebentar (only 20 minutes), lagu yang dinyanyiin pun cuma empat lagu (Note: Delon ga nyanyi solo .. why o why ..). Dengan show skala kecil begitu, situasi termasuk chaotic karena penonton ABG yang sedemikian histeris saling dorong mendorong demi mendekati idolanya. Apalagi buat penonton yang ada di barisan paling depan. (BTW, karena kukuhnya gue bertahan di sana .. termasuk juga temen di sebelah gue .. gue sempet ngedenger ada yang kasih komentar di belakang gue, waktu mereka mulai kedorong-dorong dari belakang .. mereka bersyukur punya "tiang" yang kokoh di depan mereka .. *rotfl*. Seandainya mereka tau .. gue juga udah setengah kaku ..). Gue ga abis pikir .. kalo dari TV ngeliat penonton konser di luar negeri sana, dengan skala besar di lapangan bola misalnya .. ga keliatan ada yang saling dorong begitu .. malah mereka yang di barisan depan bisa keliatan enjoy dengerin dan bergoyang ngikutin nyanyiannya si artis. Yang ini kok ga bisa kayak begitu ya .. padahal atrium food court itu luas lho .. ada layarnya pula .. kok ya bisa maunya pada merangsek ke depan semua. Mending juga keliatan sama itu idola ..

Kalo dibilang kapok ga nonton sambil berdesakan begitu .. well .. di tengah-tengah show, sempet kepikir gue mo mundur juga. Tapi gue merasa rugi lho nyerah begitu aja. Udah nunggunya lama, masa begitu show dimulai gue mo keluar .. jie, lagian juga gue emang ga bisa keluar lagi .. hehe .. no way out. Untungnya, gue di depan masih dapet udara dikit. Ga bisa kebayang situasi di tengah-tengah kerumunan. Pasti pada berebutan oksigen tuh di sana. And again .. the last song. Kalo elo-elo ada yang pernah masuk ke food court Lipo Karawaci Supermal .. kan atapnya tinggi banget tuh ya .. jadi waktu para penonton kompak nyanyiin refrain lagu "Ekspresi" .. akustik suaranya mantap banget deh. Kayak paduan suara raksasa dengan suara bergaung .. the voices was really involving, and it's kinda amazing to be a part of it.

-- as posted in Delon_Idol --

0 comments: