"Kasih untuk Semua" dari Istora Senayan Jakarta

9 Desember 2004
Especially for Andri, Kaka, Maria W., Teguh dan pengurus milis yang udah nyariin jatah undangan. With my thanks.



Masuk kantor dengan setengah ngantuk karena malemnya baru bisa tidur jam setengah dua subuh .. gue dah langsung kesel begitu tau kalo server network kantor gue lagi error .. jadi ga bisa nerima dan ngirim email dari manapun juga. Ga bisa dapet update soal undangan Acara Natal Bersama Keluarga Besar Bimantara - Bhakti - Hyundai 2004 ini. Padahal gue bermaksud menawarkan jatah undangan gue yang kelebihan (I was holding two invitations in my hand, and would get one more from this millist .. don't ask me how I got those additional two .. it's a different story). Undangan yang confirm kepake cuma dua .. so yang satu lagi masih tidak bertuan. Sampe siang IT bercokol di kantor gue buat benerin network .. akhirnya bener, tapi jalannya masih lelet .. emailnya masih mau-mau-nggak gitu lho. Jadi gue mesti contact Maria W. buat forward update. Udah last minute banget, akhirnya gue kirim pm ke Sherlly en Ema soal undangan ini .. er .. kayaknya yang ini juga ga kekirim deh, soalnya ga terima reply .. heheh ..

Nah. Seharian kerja juga ga konsen banget. Selain ngantuk karena malemnya baru bisa tidur jam setengah dua subuh .. gue juga sibuk nelepon Andri (suami gue), minta kepastian apa dia jadi nemenin gue ke Istora, kan kebetulan dia libur. Malemnya sih udah "OK", tapi paginya berubah jadi "Liat aja nanti ya". Sampe balik lagi ke confirm mau siap-siap berangkat ke Jakarta dan janjian ketemu di Istora .. eh ga lama, telepon bilang "Di Lippo panas banget .. baru masuk ke mobil udah kepanggang nih. Mana di tol pasti macet lagi, kena 3-in-1 lagi .. mendingan di rumah deh. Udah kamu nonton sendirian aja, ntar dijemput." *gubrak* Huaaaaaaaa .. teganyateganyateganya .. gue dah seneng-seneng bisa ditemenin, terpaksa balik lagi ke rencana semula .. alias pergi sendirian. Jam lima kurang kerjaan dah selesai, gue masih nyoba load emails nyari reply. Ternyata emang masih error .. loadnya aja lama, sampe 15 menit ditungguin ga kelar-kelar. Blah. Ya sudahlah. Langsung lari ke locker buat ganti baju, keluar en nyari taksi.

Udah lama banget gue ga masuk ke area Gelora Bung Karno, lupa deh yang mana Gedung Istora. Sopir taksinya pun ga tau. Sempet masuknya ke Gelanggang Renang .. bwaaa .. jadi keinget masa kecil waktu gue sering mampir renang di sini. Keluar, hampir salah masuk lagi ke stadion sepakbola yang gede itu .. hahaha .. untung gerbangnya ketutup. Akhirnya di ujung, ketemu juga Istora. Jam 17.50, udah banyak tamu yang berkerumun di pintu masuk utama, sebagian juga udah pada masuk karena di undangan tertera acara makan malam dari jam 17.45 sampai jam 18.30. Banyak anak-anak muda yang ngumpul juga sambil megang-megang undangan. Deloners? Dunno. Gue celingak-celinguk di sekitar pintu, nyari-nyari yang berkaos Deloners kok ga adaaaaaa. Informasi yang gue tau cuma: ambil tiket di Istora, cari Wawan, Rina or Sherlly. Gitu. Telepon Kaka yang ngambil satu jatah undangan gue .. dia masih di jalan. But she gave me Wawan's number. Kirim sms ke Wawan nanya lokasi pengambilan undangan, tunggu reply beberapa menit, still nada .. akhirnya gue putusin masuk dulu aja. Harap-harap di dalam bisa nemu satu or dua Deloners buat ditanyain informasi. Hehe .. orang lain masuk megang satu undangan buat berdua, ini gue masuk megang dua undangan buat sendiri =p.

Melangkah masuk di aisle berkarpet merah penuh kilatan blitz dari fotografer, jadi serasa orang penting aja .. Nomor doorprize disobek, nerima dua souvenir hiasan salib dan lilin, terus langsung diarahin ke sebelah kiri .. masuk ke ruangan-ruangan penuh tamu makan dari dinner box Hoka-Hoka Bento. Ga selera makan ah, bosen nyium bau Hok-Ben. Tapi ngeliat yang makan pada lahap .. gue kira EO-nya tau banget ya kalo para tamu itu banyak yang baru pulang kerja .. jadi pasti laper gitu. Liat-liat juga ada wajah Delon terpampang di shopping bag para VIP, sponsor dari Reksadana. Hmm. Ganteng? Yeah. Very. Cocok jadi model shopping bag? Hahah .. ga tau juga. Gue kok rasanya kurang sreg, karena itu bag kan souvenir acara Natal ya .. kenapa ga ada warna-warna Natalnya? Kenapa Delon ga difoto pake topi Santa Claus geeetoooooo ..

Tut-tut tut-tut .. hp-ku berbunyi. Sms balasan dari Wawan, katanya dia ada di bawah lampu Istora. Nah lho. Lampu di Istora sebelah mana?? T4 pintu masuk, katanya. Nah lho lagi. Pintu T4 itu yang mana toh? Nanya ke satu security yang jaga pintu keluar di sana, gue diarahin ke dalam gitu .. sampe dah jalan jauh ke belakang, kok malah ngeliat pintu masuk gedung huruf B semua .. B2, B3 .. lah ini, B-nya ada di sini, terus T-nya di sebelah mana?? Akhirnya gue telepon Wawan, saying "Wawan .. gue tersesat!" *rotfl*. Ngacoooooo .. gue tuh yang nggak ngeh kalo T4 itu berarti "tempat" (maklum, ga gitu biasa nulis en baca yang disingkat-singkat gitu. Ga gaul ah *blushed*). Sampe ke ujung pintu gerbang Gelora dicari itu pintu T4 juga ga bakalan nemu, hellooooo. Wawan bingung kali ye, gue dah bisa masuk kok masih mau ambil undangan lagi di luar. Iye .. soalnya kalo no-show, gue curiga nanti gue bakalan di black-list .. besok-besok bisa ga dikasih tiket gratis lagi dong =D. Sekalian sih maksudnya gue mo menawarkan kembali satu undangan gue ke pengurus, kali ada Deloners yang nekad dateng ke Istora tanpa undangan. Keluar ke tempat gue masuk tadi, tengok-tengok lagi .. trying to find familiar faces, inget-inget tampang Wawan seperti yang pernah gue liat di rekaman Barca Show .. hehe .. ketemu juga akhirnya. Wawan bawa sekantong undangan .. wuaa .. ternyata masih banyak ya, so I kept my invitation for myself aja deh. Ada Vira juga yang pake kaos Deloners sambil bawa-bawa list nama .. gue disangka Lucky Kanti =). Ambil undangan dari milis, gue trace lokasi Kaka .. soalnya udah jam 18.30. Walaupun Wawan bilang acara biasanya ngaret, gue tuh pengennya masuk ke dalam on time aja gitu (kebiasaan nonton di bioskop yang sama sekali ga boleh telat, kalo ga mau ketinggalan filmnya). Jadi gue titip balik satu undangan ke Vira, buat Kaka kalo dia dah sampe Istora.

Dan masuklah gue kembali ke gedung, jalan sampe belakang .. masuk lewat pintu B2, ternyata itu yang langsung ke area VIP. Gue sih ngincernya di tribun tengah .. udah hampir penuh. Nanya sama panitia yang ada di sana, kalo mo ke tribun lewat mana .. dikasih izin naik lewat area VIP itu. Tapi kok ya gue batal naik, malah jadinya nyelip di antara kursi-kursi warna biru di belakang kursi VIP =D. Nakal ya .. *nyentil kuping sendiri*. Ini kan enaknya dateng sendirian, kalo nyelip ga keliatan gitu .. hahahahaah .. Di situ masih banyak kursi kosong, jadi gue sempet deg-degan juga .. soalnya ada penonton yang duduk di situ, terus ditegur panitia, disuruh naik ke tribun. Jadi begitu para panitia ga merhatiin, gue pindah lagi makin ke depan dan makin ke tengah di antara kursi yang sebagian udah keisi. Tadinya mau gue terusin nyelip-nyelip sampe ke area VIP .. tapi ga enak juga .. hehe .. di sana udah penuh sama para undangan resmi, wangi dan rapi .. banyak yang pake jas sama kebaya .. huaaa .. Padahal sih kalo diliat, masih ada satu-dua kursi kosong yang nyempil di sana-sini.

Pas dah settle, gue kasih info lokasi ke Kaka lewat sms .. ternyata belakangan Kaka juga dapet duduk deket-deket situ juga .. sayang di barisan gue udah penuh. Gue baru bisa perhatiin suasana dalam Istora. Kok perasaan kalo diliat dari bawah gini, kayaknya gedungnya ga terlalu besar ya? Apa mungkin karena penuh dengan jajaran kursi? Hmm. Tribun juga udah mulai dipenuhi sama penonton. Gue sempet muterin kepala, nyari tanda-tanda lokasi Deloners di tribun, ga kelacak juga. Tapi yang pasti sih, di sisi kiri gue ada sepasang ABG yang jelas-jelas masuk ke sana buat ngeliat Delon. Soalnya dia udah nyoba-nyoba kamera hp-nya ke arah panggung .. hihih .. di belakang gue juga banyak anak-anak muda, kayaknya sih serombongan. Kalo di sisi kanan gue sama di deretan depan, itu rombongan ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak kecil .. satu keluarga kayaknya. Gue langsung sedikit merosot ngeliat situasi di sekitar gue. Prepared for the worst, gue udah susah pindah tempat duduk.

..

Ok. Udah sepanjang ini, gue masih belom nulis sepatah pun soal acaranya? =D =D. Sabar ya .. kebiasaan nulis panjang emang. Stay tune, dan jangan lupa matiin dulu koneksi internetnya *wink*.

..


Istora Senayan cantik dengan dekorasi lampu-lampu kecil di dinding yang ditutup dengan kain tipis berwarna hitam. Seperti bintang-bintang di langit malam. Di panggung, terpasang pilar-pilar bergaya romawi dan kubah-kubah bermozaik dengan lighting hijau dan merah (gue jadi inget pemandangan Opera House Sydney ya .. hahah ..). Ada tanda salib besar berwarna hijau sebagai centerpiece. Simple. Elegant. Apalagi kalo diliat dari screen yang terpasang di kiri-kanan atas panggung, lighting dari kubah-kubah itu seperti fosfor yang menyala dalam gelap. Orkestra Widya Kristianti ada di sebelah kiri panggung (dari arah pandangan penonton), dan di sebelah kanan panggung ada block buat paduan suara.

Acara dimulai jam 19.00, dengan worship yang dipimpin oleh .. er .. *ngintip buku acara dulu* .. Dina Saerang. Gue tulis namanya di sini, karena gue suka sama gayanya memimpin worship. Terakhir kali gue menghadiri praise and worship kayak gini, beberapa tahun yang lalu .. waktu kedatangan Don Moen yang kedua kalinya ke Indonesia. Jadi gue hampir lupa gimana rasanya berada di tengah massa yang mengangkat pujian dalam unity. I fully understood, mungkin untuk sebagian yang dateng hanya untuk ngeliat penampilan Delon .. bisa jadi kecele lho karena ada ibadah kayak gini. Emang ga semua orang juga suka ikutan yang beginian. Kalo gue sih .. I had fun singing amongst the audience. Sama aja kayak menghadiri konser .. nyanyi juga kan .. cuma orientasinya aja yang beda. Lagu-lagunya familiar, dan mudah diikuti .. screen juga rutin menayangkan bait-bait lagu. Dinyanyiin begini, kekuatannya berasa .. tengkuk gue meremang berkali-kali mendengar nada-nada pujian berkumandang dari berbagai arah. Dan gue kesentuh banget sampe gue mo nangis .. seandainya gue bisa ngebagi ini semua dengan Andri. Dia juga padahal demen sama worship begini *sigh*.

Abis nyanyi-nyanyi sampe suara gue kayaknya udah mo abis .. =) .. masuklah Pendeta ke atas panggung buat menyampaikan firman. Well. Berapi-api sekali ya .. hehe .. Abis itu, gantian Romo yang masuk. Nah di sini nih, keliatan banget perbedaan suasananya. Soalnya kan udah semakin malam, terus Romo nyampein pesan Natalnya itu secara lambat dan laaaamaaaa .. gue setengah idup buat konsen. Apalagi di kiri-kanan gue pada ga betah. Anak-anak kecilnya udah sibuk bergerak-gerak kayak cacing kepanasan. Rombongan di belakang gue malah sibuk foto-foto .. tepatnya, motoin foto Delon yang ada di shopping bag .. d'oh. Hahahaha .. mereka juga rumpi bener. Dah gitu, dari sejak gue duduk gue ngerasain ada ketukan konstan dari arah bawah kursi. Gue kira ada kaki yang nendang-nendang kaki kursi gue. It happens sometime, karena jarak antara baris kursi emang deket sih. Jadi gue masih diem-diem aja. Tapi didiemin, kok ketukannya itu ga ilang-ilang. And it .. was .. really .. annoying! It got to my nerve. Sampe kursi gue sempet gue tarik dikit ke depan, masih juga. Akhirnya gue nengok ke cowok yang duduk di belakang gue, minta dia jangan nendangin kursi. Eh .. hehe .. ternyata dia bilang ga nendang. Cuma dari barisan dia itu kayaknya ada yang mengetuk-ngetukkan kaki ke lantai, dan berhubung lantainya itu dari tripleks above ground .. ketukannya berasa sampe ke depan. Blah. Nothing I could do then. Jadi gue lega juga pas acara penyalaan lilin Natal dan nyanyi "Malam Kudus", gue bisa berdiri meninggalkan kursi gue yang berdetak .. hihi .. Saat syahdu ngeliat lilin-lilin menyala .. I couldn't wait till Christmas came, really. Setelah itu ada persembahan dan doa penutup.

Kayaknya udah sekitar jam 21.00 lewat, waktu Charles Bonar Sirait dan Feby Febiola memasuki panggung buat membuka acara hiburan. Mereka berdua pake kostum nuansa hijau. Feby si Bintang Lux ini emang cakep abis. Dari jauh juga keliatan .. haha .. Tapi style mereka berdua memandu acara agak-agak kaku. Apa mungkin karena ini termasuk acara Natal yang resmi? *shrug*. Terus ada dua kata sambutan dari Ketua Umum Panitia sama dari Dirut Bimantara. Kata sambutan pertama, gue ga dengerin. Gue lebih asik merhatiin situasi. Begitu gue ngeliat ke arah tribun kanan atas .. ding-ding .. kok ada dua wajah Delon bertengger di kursi tribun?? *lol*. Ternyata itu shopping bag yang sengaja ditaroh agak berjauhan di atas kursi yang kosong. Jadi serasa Delon sendiri yang duduk di situ. Naaaaaahh .. akhirnya ketemu satu lokasi Deloners .. hihihihih .. Ga ada yang bawa atribut segala macem ya? Gue pikir waktu ngebaca post milis yang bilang kalo diperbolehkan bawa atribut dan yel-yel buat Delon .. bisa kayak ada rombongan cheerleaders di Istora gitu =D. Kata sambutan kedua, gue cuma inget sama kalimat terakhir .. Dirut Bimantara bilang kalo "Sound system malam ini lebih bagus daripada sound system di Indonesian Idol". *lol, applaud*. Nice one, Sir!

Ruth Sahanaya dapet giliran nyanyi pertama. And she executed her task very well. Ditemenin sama serombongan penari latar berbaju putih berbulu-bulu .. Uthe tampil kontras dengan kostum merah maroon. Mungil dan anggun. Betul-betul seorang Diva, kayak tampil di panggung Broadway gitu. Lagunya "The Christmas Song". Gue kalo denger lagu ini, selalu kebayang-bayang sama satu ruang keluarga dengan harum cinnamon .. ada pohon natal dan kado-kado di bawahnya .. ada perapian yang menyala dengan kaos-kaos kaki bergelantungan menanti diisi oleh Santa Claus .. suasananya warm banget deh. Tapi gue sempet bete di awal-awal lagu .. masalahnya ibu yang di depan gue itu ngebiarin anak laki-lakinya berdiri di kursi. Asli .. gue ketutupaaaaaaan .. hikhik .. so I tried my luck. Gue sentuh lengan si ibu sampe dia nengok ke gue, terus gue minta izin pindah ke kursi sebelahnya yang dibiarin kosong (cuma buat tempat tas doang) .. kalo boleh lho, Bu. Nyatanya, dikasih tuh. Haaa .. God said "ASK. AND YOU'LL RECEIVE." *gubrak*. Gue demen banget deh nih .. langsung gue pindah ke depan yang notabene pandangan gue ke panggung bisa lebih centralized tanpa gangguan. Ga pa-palah nyempil di antara keluarga si ibu. Daripada kursi kosong dibiarin sia-sia.

Abis Uthe, giliran Chacha si cilik bergaun putih yang nyanyiin lagu "Jingle Bells Rock". Suaranya khas anak-anak. Jernih dan ga malu-malu. Suasana riang yang dibawa Chacha diterusin oleh Harvey Malaiholo yang duet dengan Eka Deli. Kostumnya Eka .. ga banget deh. Euw! Dari jauh seperti compang-camping gitu, campuran perca kain biru dan merah. Tapi penampilan mereka berdua emang oke. Nyanyinya udah kayak ngobrol aja .. hahah .. effortless. Lagu tradisional "White Christmas" jadi sedikit ceria dibawain sama mereka. Lanjut dengan lagu "O Happy Day" yang lincah juga.

Agnes Monica muncul dengan .. er .. okay. Gimana cara mendeskripsikan kostum Agnes .. hmm. Tadinya gue udah siap-siap ngeliat Agnes tampil dengan celana yang kakinya panjang sebelah (as usual, no?). Ternyata malam ini Agnes tampil dengan kostum serba putih, dengan topi dan dengan celana yang kakinya sama panjang. Tapi .. ada tapinya nih .. celananya seperti legging transparan bermanik-manik .. dengan baju semi jas yang menurut gue [whispering] kependekan [/whispering]. A little bit unappropriate. But this is Agnes Monica, ladies and gentlemen. Siapa pula yang peduli dengan apa yang dia pakai, kalo dia bisa menyanyikan "Have Yourself A Merry Little Christmas" dengan improvisasi yang sangat bagus? Vokalnya lantang (kalo ga mo dibilang loud), merangkul atensi penonton. Bisa ditebak, Agnes dapet sambutan meriah banget, sampe ada yang suit-suit. Nyuitin Agnes Monica? Sapa takuuuuutt .. =D.

And .. Nafa Urbach mengambil alih panggung dengan lagu "O Little Town of Betlehem" versi Indonesia (gue ga tau judulnya). It was a downer, I tell ya. A quality drop dari Agnes ke Nafa. Nafa punya warna vokal yang manis padahal .. gue suka dengernya. Tapi dia cenderung kedengeran ragu-ragu kalo nyanyi. Mana sempet lupa lirik pula. Dah gitu, kostumnya kayak anak SD yang menari di perayaan Natal sekolah .. kekanak-kanakan. The interesting thing to see in this performance, penari latarnya yang memegang dua lilin yang menyala. Ngebayangin susahnya menjaga biar api lilin itu ga mati, apalagi sampe jatuh.

Acara nyanyi-menyanyi distop sementara, diganti sama operette. Off air selama persiapan setting, Charles sama Feby membacakan pemenang door prize. Wuaks .. mantan tetangga gue (alias sepasang ABG yang tadinya duduk di samping kiri gue) .. yang cewek dapet kamera! Sampe teriak-teriak kecil gitu .. hihi .. terus giliran urutan nomor yang ngedapetin HP dibacain .. 1 .. 8 .. 8 .. sampe sini jantung gue udah mencelos sampe ke perut, karena undangan gue salah satunya bernomor 1889 .. Charles nerusin baca angka .. 3!! Yaaaaaa .. ga jadi dapet HP dueng. Hahahaha ..

Operette-nya dibagi dua bagian yang juga diseling sama pembacaan pemenang door prize. Intinya, menceritakan kisah kelahiran Yesus, dengan versi dan dialog yang lebih modern. Gue surprise karena operette ini ga pake sistem dubbing. Jadi pemain-pemainnya berdialog secara live. Pretty good, lebih natural aktingnya. Apalagi didukung sama aktor-aktris yang biasa main sinetron atau film gitu. Ada Roweina Umboh (artikulasinya jelas banget) yang jadi sepupu Bunda Maria, ada Hengky Soelaiman yang jadi paman Bunda Maria (nyebut tiga dinar jadi tiga dolar .. ini kesalahan yang disengaja atau gimana? =D), ada Sion Gideon sebagai salah satu dari Tiga Raja dari Timur (tiga raja: Menado, Ambon dan Batak. Sion jadi si Menado .. aduh logatnya .. ampun .. hihihi). Gue ga bisa nangkep siapa yang jadi Yusuf. Di buku acara ada tertulis nama Ari Sihasale .. gue juga ga tau dia berperan sebagai siapa. Yang pasti nih, Bella Saphira sebagai Bunda Maria .. whoa. Bella tuh kalo main sinetron juga biasanya bagus. Jadi gue ga heran di peran ini juga dia bisa bagus. Hanya ada sedikit yang lepas .. Bunda Maria itu menurut bayangan gue punya rambut panjang lurus .. sedangkan Bella rambutnya ikal. Mungkin mesti di-rebonding dulu =p. Terus juga ada beberapa mikrofon yang volumenya kecil, jadi gue sampe nyender ke kursi depan dalam upaya ngedenger dialog mereka.

Di operette bagian kedua, Bella nyanyi lagu Natal terindah, lagu Natal wajib .. "O Holy Night" .. Oh. My. God. Lagunya versi Bella Saphira .. gayanya agak over, kurang sesuai dengan pribadi Bunda Maria yang lembut (bayangin Bunda Maria nyanyi lagu itu .. gimana sih?) .. tapi suaranya Bella .. penghayatannya Bella .. Waktu di lirik ".. fall on your knees .." dan Bella jatuh berlutut di atas panggung .. my God! Sesak rasanya .. untung suasana rada gelap. Jadi ga ada yang tau kalo gue tuh nangis (now you know .. =) ..).

Abis emosi gue diaduk-aduk sama Bella, sedikit terhibur sama kocaknya Sion Gideon .. gue nerima sms dari suami gue yang katanya udah on the way ke Istora. Udah hampir jam sepuluh .. tapi Delon belom keliatan, gimana ini .. jadi gue minta suami gue nyetirnya pelan-pelan aja, soalnya acara kayaknya masih lama =D. Jangan-jangan dia nyetir dengan kecepatan 20 km/jam .. hahahahaah .. Operette ditutup dengan monolog Yusuf yang juga nyebutin ".. mintalah, maka kau akan diberi ..". Nah. My thought exactly.

EO-nya emang pinter bener dah. Sengaja itu Idols penampilannya dipending-pending, buat ngiket penonton. Gue tu yang udah berkali-kali lirik jam, berasa udah kemaleman. Untungnya Charles dan Feby segera manggilin mereka buat tampil ke panggung. Nah. Suasana langsung jadi lebih hidup .. lebih segar .. (abis banyak yang ngantuk pas operette). Ternyata .. mereka nyanyinya keroyokan. Pfffff!! Di satu sisi, gue seneng juga karena itu bisa menghemat waktu .. di sisi lain, gue sebel karena gue ga bisa menikmati penampilan mereka dengan lebih detail. Idols itu dalam catatan gue, udah terkenal lousy kalo giliran nyanyi rame-rame. Hmm.

Coba denger lagu "Joy to the World" .. dari sisi kiri panggung, muncul Michael. Nyanyi beberapa bait. Terus, muncul Adhika dari sisi yang sama juga, nyanyi beberapa bait juga .. haaa .. gue pikir Adhika ga hadir di sini, karena namanya ga tercantum di undangan =D (belakangan waktu ngeliat buku acara, baru keliatan ada namanya di sana).

Delon akhirnya muncul juga. Tapi munculnya bareng Bona dari sisi kanan panggung. Tune pertama Delon over-pitched. Argh! Terlalu excited ya? =p. Tapi ga lama, suara Delon pas banget diduetin sama Bona. Vibra mereka senada dan seirama. Terakhir, muncul Suci dan Karen berdua dari atas tangga di tengah-tengah panggung. Nyanyi rame-rame .. dengan gayanya masing-masing .. nggak maksimal, but not bad .. we all know them. Delon tampil paling glamour, lho. Kostumnya putih gemerlap, rambutnya jabrik .. posisinya di ujung kanan barisan Idols. (Btw, kenapa Delon kebanyakan selalu di paling ujung ya, jarang ada di tengah gitu .. apa karena Delon tinggi?).

Terus terang, karena pandangan gue terfokus ke atas panggung, gue ga sadar kalo ternyata di bawah panggung itu udah keliatan penonton berkerumun. Gue baru tau pas anak-anak muda di belakang gue pada ribut-ribut mau ke arah panggung. Hebohnya penonton baru keliatan dari situ tuh (sebelumnya ga terlalu, masih pada ragu-ragu jaga image kali ya? Hahaha ..). Imagine this .. Idols di panggung itu seperti gula yang menarik semut .. seperti magnet yang menarik besi. Lucu lhoooooo .. gue terpesona sama pemandangan di dalam Istora saat itu. Kemanapun gue menengok .. dari berbagai arah, satu persatu penonton bangkit dari kursi mereka dan jalan ke arah depan. Yang dari tribun keliatan menuruni anak tangga yang lumayan curam buat mencapai area panggung. Gang di kiri-kanan lajur gue juga penuh dengan barisan penonton yang lagi jalan. Hebatnya, mereka ga sampe lari-lari .. haha .. takut kesandung kali ye .. Mungkin kalo direkam secara slow motion, mereka bisa keliatan seperti para zombie yang baru bangkit dari kubur .. jalan nyamperin mangsanya .. yay. Ekstrim amat perumpamaannya yeeee ..

Ibu-ibu yang ada di sebelah kiri-kanan gue sempet nengok ke arah gue. Mungkin mereka heran juga, kenapa gue ga ikutan ke depan =D. Padahal gue bawa kamera lho .. tapi kok ya dari awal acara, itu kamera betah aja tiduran di bawah kursi depan. Gue kehilangan niat buat ngambil foto or merekam klips ah .. lagi pengen enjoy aja nikmatin apa yang ada. Ibu-ibu itu juga geleng-geleng kepala sambil senyum-senyum ngeliat tingkah para penonton muda. Hoho .. iyalah. Gue aja cengar-cengir sendirian .. my o my. Gue juga coba ngelirik ke arah tempat duduk Kaka, mo liat apa Kaka juga ikutan ke depan panggung .. ga keliatan, ketutupan sama orang yang pada berdiri .. hihihi ..

Lagu kedua yang dinyanyiin sama Idols .. "Mary's Boy Child" .. di atas panggung, di depan kerumunan handphone teracung .. =D =D. Mana jarak kerumunan sama panggung itu seperti ga dibatasi lagi .. deket banget. Gue ngeri aja kalo ada Idols yang ditarik sama penonton .. untung nggak. Gue ga bisa kasih komentar lebih atas penampilan mereka untuk lagu ini. Biasa ajalah, ga ada yang istimewa.

Abis Idols selesai nyanyi, mereka langsung keluar panggung. Udah nih? Segitu doang? Nanti masih ada lagi kali ya. Eh .. Delon nyaris salah milih jalan keluar. Dia udah jalan ke arah kanan .. terus mungkin ada yang ngasih kode-kode gitu .. jadinya dia balik kanan dan jalan bareng Idols yang lain keluar lewat sisi kiri. Gayanyaaaaaa .. ngeliat Delon puter balik dan jalan .. flamboyan banget! Man! =D.

Charles dan Feby mengomentari kehebohan yang dibawa oleh penampilan Idols. Yeah. (Panitianya juga kaget kali ya .. gpp, mereka bisa mengantisipasi show yang melibatkan Idols di kemudian hari =)). Dengan sopan, mereka minta kerumunan penonton di bawah panggung supaya kembali ke tempat masing-masing. Reluctantly, ada beberapa yang nurut .. ada juga yang masih coba peruntungan diam di tempat.

Kaka nyamperin tempat duduk gue, dia mo pulang. Keliatannya bosen banget ya .. =). So we said goodbye to each other. Ga lama juga gue kembali terima sms dari Andri, bilang kalo dia udah sampe di Istora. Gue minta dia tunggu sebentar .. harapan gue sih, mungkin nanti Delon bisa tampil solo gitu. Jadi gue mo nungguin aja.

Ternyata yang dipanggil buat nyanyi lagi .. Agnes Monica! Kostum yang dipake kali ini .. no comment aja dah. Kerumunan kembali heboh di depan panggung. Agnes kebagian jeprat-jepret .. hahah .. Lagu "Amazing Grace" dinyanyiin secara black oleh Agnes. IMHO, terlalu banyak improvisasi .. Agnes nyanyi terlalu loud .. kening gue berkerut terus dari awal sampe akhir lagu. Menurut gue, keanggunan lagu itu rusak oleh Agnes *shrug*. Gue ga suka. Di sana, gue tuh udah mo nyerah aja buat pulang. Bete ga sih. Udah malem .. denger orang nyanyi teriak-teriak begini .. gue juga concern sama Andri yang nunggu sendirian di depan gerbang Istora. Please help me out of this thing .. please .. stop singing a.s.a.p ..

Akhirnya permohonan gue didenger .. Agnes selesai juga nyanyinya =D. Thank you, thank you *bow three times*. Tepuk penonton meriah, sambil kembali nyuitin Agnes. Gah. Yeah, right. Selera emang beda. Dan gue punya feeling, acara udah mo selesai. Apalagi pas Charles dan Feby minta lagi kepada kerumunan supaya bubar .. dan acara ga akan diteruskan sebelum sekitar panggung itu bersih, karena untuk penampilan yang ini, diperlukan sudut pengambilan gambar yang baik. Susah banget lho ngebubarin penonton .. sampe mesti diminta berkali-kali .. gue yang dengernya juga sedikit geram. Mungkin kalo gue yang jadi MC, ga bakalan bisa sesabar Charles dan Feby yang masih bisa bilang "Tolong kembali ke tempatnya masing-masing, ya Adik-adik ..". Versi gue nih: "Guys, please! Udah malem niiiiiiihh .. balik ke kursi lagi, apa susahnya sih??? Shoo! Shoo!" *sambil bawa-bawa tongkat ngusirin penonton*. Hahahaahaha ..

Paduan suara mulai menempati block-nya di sisi kanan panggung. Bapak-bapaknya pake baju putih, ibu-ibunya pake baju merah (semodel kebaya gitu). Dah beres, satu persatu artis pendukung muncul membacakan verses .. mulai dari Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya, Delon, Karen, Michael, Suci, Agnes Monica, Bona (Bona telat masuknya) .. dan terakhir Adhika. Terus mereka semua menempati anak tangga di tengah panggung, bergabung dengan artis-artis lainnya. Dan dimulailah intro lagu .. "Hallelujah Haendel"!!! Bwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa .. Bete gue langsung ilang denger intro lagu ini. Ini lagu dah dijadiin lagu wajib Malam Paskah di gereja gue .. (iya Paskah. Biar gimanapun gue bersikeras kalo "Hallelujah Haendel" itu biasa dinyanyiin dalam perayaan Natal, ternyata gereja gue punya pemikiran sendiri kalo lirik lagu ini lebih cocok untuk dinyanyiin dalam perayaan Paskah. " .. and He shall reign forever and ever .." Gitu.). Hallelujah yang rumit .. Hallelujah yang indah .. Hallelujah yang begitu melekat di memori, apalagi Paskah yang lalu baru aja dinyanyiin sama koor wilayah gue (seumur-umur gabung di paduan suara or koor gereja, baru pernah dua kali nyanyi lagu ini .. terhitung berpuluh-puluh kali waktu latihan .. tapi nada-nada dan liriknya udah terserap, dan ga akan pernah gue lupa) .. Hallelujah yang bisa memberikan kepuasan hati begitu selesai dinyanyiin dengan baik. Gue seneng banget bisa denger lagu ini berkumandang .. a joyful feeling .. perhatian gue tumpah penuh ke block paduan suara. Denger mereka nyanyi, ikut nyanyi bareng .. sedikit kecewa karena udah bagus-bagus di bagian awal, di bagian verse-nya sempet balapan sama orkestra (it's a tricky part, I know) .. but they picked it up, and went on to the end smoothly. Overall, menurut pendengaran gue, paduan suaranya bagus, tapi bobotnya sedikit terlalu ringan .. karena sound system, perhaps? Mestinya Delon bergabung di bagian tenor .. jadi bisa lebih seru =D. But anyway, it's a good performance. Bravo!

Lagu penutup "We Wish You a Merry Christmas" dinyanyiin all stars. Penonton juga udah bersiap-siap mo pulang. Selesai lagu, semua artis masuk ke belakang panggung .. dan lagi-lagi Delon salah jalan. Dia mo keluar lewat .. lagi-lagi .. sisi kanan panggung. Ada Deloners di situ ya, Delon? Kok larinya ke sana mulu .. =p. Puter balik, Delon akhirnya keluar bareng Idols yang lain lewat anak tangga di tengah panggung. Di ujung anak tangga paling atas, Delon sempet dipanggil sama anggota paduan suara cowok yang ada di barisan belakang. Saling bertukar lambaian tangan. Terus Michael yang keluar paling akhir juga sempet berinteraksi .. diacungin jempol .. Michael membungkukkan badan sambil menangkupkan kedua telapak tangan ke arah paduan suara. Sweet.

Charles dan Feby keluar buat menarik door prize hadiah utama. Gue sih ga lucky banget kalo soal undian begini. Jadi hanya untuk menghormati Charles dan Feby aja, gue masih duduk nungguin sampe keseluruhan acara selesai. Sampe mereka berdua mengucapkan terima kasih dan selamat malam. Jam 22.50 .. ngaret hampir satu jam dari yang tertera di undangan dan buku acara.

Gue ga kecewa atas penampilan Idols yang singkat seperti itu, karena gue udah cukup seneng dengan keseluruhan acara dan penampilan bintang pendukungnya. Ekspektasi gue awalnya juga ga terlalu berlebihan, diliat dari banyaknya artis senior yang ikut mengisi acara .. wajar aja kalo Idols ditampilin sebagai bagian dari pendukung, dan bukan sebagai yang utama. (Yang membuat penampilan Idols kerasa lebih special di sini, hanyalah hebohnya tanggapan dari para penonton muda .. heheh ..). Walaupun kangen sama Andri, karena belom ketemu muka dari malam sebelumnya .. ditambah sedikit misinformed masalah update undangan .. I had fun.

Gue jalan keluar gedung cepet-cepet, nyaris lari .. sempet ngelewatin ruangan-ruangan yang masih penuh dengan kerumunan orang (mungkin di situ pos-nya para artis) .. tujuan gue cuma satu: Andri. Masuk ke mobil, kalimat yang keluar dari mulut gue, "Kamu ga ikuuuuuuttt .. hik hik .. ada yang nyanyi "Hallelujah Haendel" .. Bella Saphira jadi Bunda Maria, nyanyi "O Holy Night" .. aaaaahh, ga dapet undian mobil Hyundai niiiiiihh .." Andri cuma senyum-senyum, trus nanya "Delon gimana?" Dan ceritalah gue panjang lebar .. sepanjang jarak Istora Senayan ke Lippo Karawaci.

Sampe Karawaci sekitar jam 22.30, baru kerasa lapar dan haus. Jadi kita berdua mampir ke Benton Junction buat supper. Pas midnight .. home sweet home.

-- as posted in Delon_Idol --

0 comments: