Hollywood Highlights - PS Trisakti

HOLLYWOOD HIGHLIGHTS
A Silver Years Celebration of Paduan Suara Mahasiswa Universitas Trisakti

Performing songs from Original Motion Picture Soundtrack of Hollywood Movies
Such as:
"Be Our Guest" (Beauty and the Beast, 1991)
"All That Jazz" (Chicago, 2001)
"Bring Me to Life" (Daredevil, 2003) and many more

Thursday February 17, 2005
Starting 19.00 hrs
Gedung Kesenian Jakarta
Jl. Gedung Kesenian No. 1
Jakarta 10710


Ceritanya gue akhirnya reserve tiket lewat telepon, mesen dua tiket Blockbuster yang 100ribu. Ternyata flyer discount 10% yang nyelip di M2 itu ga berlaku buat kelas ini boo .. hik hik .. berlakunya buat kelas Box Office yang 150ribu (so they said. They should've written it down on the flyer, d'oh!). Berhubung gue pengen banget nonton, ya gue tetep pesen aja. Terus dua hari sebelumnya gue juga cari lagi post gue soal info acara ini, soalnya flyer-nya ilang .. kalo sampe salah tanggal dan jam, ga lucu kali ye.

Pulang kerja jam lima, tukang majalah langganan gue ngasih M2 edisi terbaru Star Wars III. Hah, pas banget kayaknya nih, bisa buat bahan bacaan sebelum nonton konser. Dijemput Andri, langsung jalan ke Gedung Kesenian, sampe jam enam kurang. Too early. Panitianya masih sibuk beres-beres di reception desk =D. Sambil nunggu, gue liat foto-foto hitam-putih yang dipajang di dinding. Ada rolling banner M2 dipasang di depan pintu masuk auditorium .. it's pretty cool. Banner-nya berisi poster-poster film seperti The Lord of the Rings: The Two Towers, Finding Nemo, The Last Samurai (versi poster yang dipilih, ternyata yang paling oke menurut gue juga) .. dan masih ada beberapa poster lainnya. Di lantai carpet juga ditaruh .. er .. itu apa namanya ya .. kayak alas Hollywood Walk of Fame gitu. Saking uniknya, gue sampe ga berani nginjek .. hahaha ..

Ga lama, kita berdua dapet tiket (tuker sama bukti transfer) .. sama dapet M2 edisi Spider-Man 2 dua eksemplar. Ooo .. ternyata ini gunanya tumpukan-tumpukan majalah M2 di belakang reception. Buat dibagi-bagiin. A cheap way to introduce M2?? Biasanya sih kalo ada promosi, yang dibagiin itu edisi terbaru dong .. ini malah edisi 2004. Ada yang dapet edisi Troy .. Basi ga sih? =p. (Anybody would like to have those two Spider-Man 2? Gue udah pernah beli, dan udah pernah gue baca dari depan ke belakang. Majalah yang dibagiin ini kondisinya ga terlalu bagus, maklum stock lama. Contact gue aja kalo ada yang mau ye). Terus kita berdua di-escort ke dalam auditorium. Seumur-umur gue hidup di Jakarta, baru kali ini gue masuk ke dalam Gedung Kesenian .. ck .. keterlaluan sekali gue ini .. =p. Auditorium-nya quite cozy, dengan kursi-kursi lipat merah (seperti bioskop jaman dulu .. atau di mana sih bioskop yang masih pake kursi lipat begitu?) dan aisle bercarpet merah. Ga terlalu luas, dikelilingi balcony berpilar seperti layaknya gedung-gedung opera. Langit-langitnya tinggi melengkung. Ternyata seat-nya dapet di deretan empat baris dari depan panggung, rada mojok dikit. Hmm. Mungkin ini gara-gara gue telat transfer sama fax kali .. baru beberapa hari yang lalu .. jadi seat assignment-nya dapet yang rada di depan gini. Begitu duduk .. jeblak .. kursinya oglek (goyang, maksud gue) ke belakang. Jantnng gue sampe mo copot .. heheh .. udahannya kesel juga, gimana mo nonton asik kalo kursinya kayak kursi goyang begini. Mumpung auditorium masih kosong, gue keluar lagi, coba minta tuker seat sama Panitia, tapi ga bisa .. udah penuh katanya. So, oke lah. No sweat necessary. Pas Andri ke toilet, gue duduk sendirian, ngeliat-liat suasana. Di deretan tengah ada kursi buat undangan yang dikasih seat-cover .. mungkin itu juga jadi batas antara kelas Blockbuster dan kelas Box Office di belakangnya .. mungkin, gue cuma nebak-nebak aja soalnya (really, tadinya gue pikir yang Box Office itu di balcony atau dimana gitu .. ternyata di balcony itu buat post lighting operator. Btw, ada box yang disiapin buat The Phantom ga?). Sekalian gue coba membiasakan diri sama si kursi goyang .. masih penasaran, gue ngintip ke bawah kursi. Oalah .. ternyata mur kakinya loose. Jadilah gue freelance handygirl of Gedung Kesenian Jakarta .. ngencengin mur kursi. Untung aja ga perlu sampe pinjem tang. Mana pas lagi jongkok-jongkok begitu, ada Panitia ngedeketin gue buat nandain tiket sekalian ngasih buku acara pula .. hihihi .. Akhirnya kursi gue udah mantep, ga goyang lagi. Beres dah. Happy. Andri juga udah balik, gue ajak keluar lagi aja buat nyari makan nasi goreng di depan, daripada nunggu cengo di dalam.

Jam setengah tujuh, gue sama Andri masuk lagi ke dalam auditorium. Penonton udah mulai memenuhi ruangan. Dari speaker mengalun OST Chicago. Nunggu lagi sambil baca-baca buku acara, ngeliat song list .. yippiee! "Through the Eyes of Love" tercantum di sana. Selesai baca itu, gue terusin lagi ngebaca bonus booklet M2 terbaru Movie Highlights 2004 .. M2 tuh ya, kalo giliran ngasih list sama komentar-komentar singkat .. lucu lho. Banyak yang milih Best Tagline: Alien vs. Predator. ("Whoever wins, we lose .. keeps banging my mind when Pemilu comes" *rotfl*). Andri sampe negur gara-gara gue ketawa sendirian .. *giggle*. Sampe di halaman terakhir, udah jam tujuh, acara belom dimulai juga. Gue bengong deh, soalnya keabisan bahan bacaan .. majalah M2-nya lagi dibaca sama Andri. Tunggu-tunggu .. jam tujuh duapuluh, ga ada tanda-tanda juga .. *sigh* .. susah juga ya nyari acara yang bisa mulai tepat waktu.

Finally (gue ga ngeliat jam lagi .. tapi kayaknya sekitar setengah delapan-an gitu), satu MC cewek keluar dari balik panggung membuka konser. Lampu auditorium di-deem, anggota T&T Orchestra pimpinan Tya Subiakto juga satu persatu mulai bermunculan dan menempati pos-nya masing-masing di bawah panggung. Dari arah panggung sendiri, di balik layar kedengeran grasa-grusu, langkah kaki, sama suara bisik-bisik. Lumayan lama juga. MC-nya salah timing neh .. lebih bagus kalo dia memulai acara setelah semua persiapan beres gitu.

Dan konser dimulai ..

"Be Our Guest"
(OST Beauty and the Beast - Originally performed by "Lumiere the Chandelier", "Mrs. Pot", and the whole silverwares and chinawares)
Begitu layar dibuka, keliatan siluet-siluet anggota PS. Waktu lighting nyala .. wah .. panggung penuh sama sekelompok cewek-cowok berkostum seperti butler. Ini seharusnya bisa jadi lagu pembuka yang bagus kalo diliat dari theme-nya. Kenyataannya, lagu ini dinyanyikan dengan serba tanggung. Koreografinya juga ga jelas, pake kursi-kursi kayak boyband show gitu. Gaya narinya banyak yang canggung (masih demam panggung, Mas, Mbak?). Lagu "Be Our Guest" yang seharusnya meriah oleh paduan suara .. jadi kurang greget karena kebanyakan gaya dan hanging mikrofon kurang peka dalam menangkap suara PS yang bergerak kesana-kesini. Malah di awal kedengeran tempo nyanyinya rada ga match sama orkestra. I know this is quite a difficult song .. but if they dared to put it as an appetizer, they'd better serve it with a bang.

"Endless Love"
(OST Endless Love - Originally performed by Diana Ross and Lionel Richie)

Tom Cruise and Brooke Shields. Gue kok belom pernah nemu film ini ya. Anggota PS menghilang sebentar ke balik panggung buat modify costume .. yang cewek pake model bustier hitam, celana panjang hitam, dan rok tile seperti penari balet. Beberapa orang muncul di atas panggung sambil masih membenahi kostumnya .. hey, di belakang panggung ga ada kaca ya? =p. Lagu ini, nothing unusual, dinyanyikan duet, with the rest of the choir as background vocals. Yang cowok nyanyi duluan .. yang cewek nyusul, muncul dari samping panggung tanpa mikrofon =o =o =o. Berani mati sekaleeee .. hahahaha .. sambil nyanyi, tangannya minta mikrofon ke samping, akhirnya dapet juga, ada yang nyodorin *lol*. I may say, their vocals were very good, terutama yang cewek. They just had to work on their chemistry on stage .. this is a love song and they sang it like they knew nothing about love. Yang cowok nyanyi sambil ngeliatin si cewek (jarang banget ngeliat ke penonton) .. sedangkan yang cewek nyanyi sambil ngeliat ke arah penonton (jarang banget ngeliat ke si cowok) .. kesannya, yang cowok jadi pengemis cinta. Dueng! And where was the smile, the happiness for they had found their endless love??

"La Vie En Rose"
(OST French Kiss - Originally performed by .. I have no idea ..)
One of my favorite romantic comedies. Mulai dari lagu ini, screen yang ada di belakang panggung mulai menampilkan trailer-trailer film sesuai dengan lagu yang dibawakan. Lagunya sendiri sebenernya familiar buat gue, tapi gue ga pernah tau siapa yang nyanyiin. Cewek yang tadi nyanyi "Endless Love", tampil solo sambil duduk di depan panggung. Lafal Perancisnya bagus (gue ga ngerti bahasa Perancis, at least dia punya sengau yang kedengerannya bagus), vokalnya jernih. Sweet!

"For Just a Moment"
(Love theme of St. Elmo's Fire - Originally performed by David Foster)

David Foster is a genius. Arrangement-nya dibawakan dengan sangat baik oleh T&T Orchestra. Sedangkan yang nyanyi .. bagus juga. Hehehe .. nyanyi bareng-bareng gitu dan ga banyak gaya, suara khas PS lebih kedengeran mantap dan harmonis.

"Tomorrow"
(OST Annie - Performed by Nikka Costa, well, this was the first version I heard)

A different soloist, a different kind of voice .. same as good, nonetheless. It's the second highlight after that French solo. High note-nya bagus, lafal Inggrisnya excellent. PS yang ngiringin semakin menambah manisnya lagu ini. Love it.

"Through the Eyes of Love"
(Theme from Ice Castles - Originally performed by Melissa Manchester)

Highly anticipated. Love the movie, love the song. Mo instrumentalia atau dengan vokal, this song is personal for me. Kali ini yang kebagian peran itu anggota PS yang cewek-cewek. Though I've heard a better arrangement of this song with SATB parts (still got the music sheet on hand =D) .. also have seen a nicer performance of it .. this mellow song was well-executed, sesuai dengan harapan gue. Agak sedikit terganggu dengan munculnya solo di verse ketiga (improvisasi-nya mengubah tone lagu ini) .. it still could touch me and got me misty. The voices that came out from the choir just like voices from afar. So soft .. so haunting .. and the picture of the blind Alexis Winston dancing on ice appeared in my mind .. Two thumbs up!

"Glory of Love"
(OST The Karate Kid II - Originally performed by Peter Cetera)

*speechless* .. Can I say it out loud? Can I? .. It was a DISASTER! Ga kebayang kalo ada solo dari PS Trisakti bisa nyanyi se-fals dan secanggung ini. Please dong ah. What's wrong with you, man? Nervous? Not well-prepared, or what? Semangat-nya sih boleh lah .. tapi nyanyinya melenceng kemana-mana .. pitch-nya ga ada yang pas=(. Jadi sepanjang penampilan, gue milih ngeliatin Ralph Macchio aja deh.

"I'm Every Woman"
(OST The Bodyguard - Originally performed by Whitney Houston)

.. and the disaster continued .. and it's worse. Di atas panggung, ada trio cewek (including si empunya suara cantik dari penampilan kedua dan ketiga) yang mati kutu. Kenapa sih .. masih banyak lagu lain yang lebih safe dari The Bodyguard .. milihnya lagu upbeat kayak gini, nyanyinya berantakan, ga apal lirik, saling lirak-lirik di atas panggung, cengar-cengir .. Gals, come on! Elo bertiga lagi ditonton sama banyak orang lhooo .. Mphhh!! DJ Romy aja ga bisa bantu mereka.

"You Can't Hurry Love"
(OST Runaway Bride - Originally performed by Phil Collins, though it's performed by a female singer for the movie)

Yeah, yeah .. you can't hurry love. Jadi ga perlu nyanyi terburu-buru, sampe ga jelas lagi apa yang dinyanyiin. Giliran dua cowok yang ambil suara, salah satunya malah yang jadi dirigen-nya. Di tengah nyanyi pake acara tukeran mikrofon segala .. hah, apa-apaan??! Koregrafinya rameee .. lumayan lah, buat penyegaran .. walaupun tanda-tanda "kutukan" atas PS Trisaki masih aktif keliatan. Abisnya udah tiga track berturut-turut, penampilannya ga bagus. Duduk gue juga makin melorot nih ..

"I Want to Spend My Lifetime Loving You"
(OST The Mask of Zorro - Originally performed by Tina Arena and Marc Anthony)

Kelebihan dari lagu ini, warna spanyol dan soul yang diberikan oleh duet aslinya. Ada yang pernah ngeliat video klip-nya? It's gripping. Sementara duet yang nyanyi di atas panggung semalam .. well, she is no Tina, and he is no Marc. Chemistry-nya ada sih .. they're holding hands, they're exchanging stares, penghayatannya juga not bad. But something .. waktu si cowok mulai nyanyi aja, nada dasarnya ga nyambung sama orkestra. Cukup lama juga sampe kedua belah pihak bisa menemukan nada sepakat. Dan rasanya gue kurang sreg sama improvisasi si cowok. Tenggelam sama vokal ceweknya yang tampil berani dengan warna suara unik. Duet yang ga imbang.

"Don't Cry for Me, Argentina"
(OST Evita - Performed by Madonna for the movie)

Gue tadinya mengharapkan sedikit surprise .. perhaps, dinyanyiin dari balcony getooo .. hahahah .. Ok. Track ini dinyanyiin sama solis cewek bersuara lembut .. haluuussss banget .. sampe gue kepikiran sama suara tikus-tikus yang nyanyi sambil mandang bulan di An American Tale =D =D. Nobody's gonna hurt you, dear .. jangan ragu-ragu dong nyanyinya, apalagi sampe ngelompatin lirik (orkestranya jadi ketinggalan). Padahal suara dah bagus, nyanyi juga ga fals .. tapi keliatan ga enjoy banget di atas panggung. Nyanyi sambil mikir, gitu. You were at the centerpoint of the stage .. and you were impersonating Evita Peron .. talking to your people. It should have been more involving, should have been powerful .. with lots of charisma. So talk to us instead of talking to yourself, let us hear you out loud .. make us believe that every of your word is true =). Anyway, the music was grand. And the choir made it richer. Andri suka sama track ini, dia bilang "Nah. Ini baru bagus!". See how different our taste is? *wink*.

"All that Jazz"
(OST Chicago - Performed by Catherine Zeta-Jones for the movie)

Salah satu lagu yang tercetak di flyer. Gue pengen tau, gimana lagu jazz ini bisa dinyanyiin sama PS. Kelompok PS muncul di panggung sambil bawa tongkat hitam, kostum cewek-nya juga ganti dengan tile biru pendek. Intro mengalun .. and .. Catherine Zeta-Jones mulai menyanyi. *gubrak*. I felt cheated somehow. Rupanya mereka cuma bertugas sebagai penari aja. Nice choreography, by the way. Saran gue sih, kalo mo lipsync diseragamin aja .. jadi kompak buka mulutnya. Ini ada yang nari diem-diem, ada yang nari sambil nyanyi juga. Plus ati-ati pas ngayunin tongkat .. itu ada hanging microphone yang kena getok sampe terayun-ayun .. *lol* .. untung ga jatoh.

Sampe sini .. konser diputus. Break time 30 menit. Bisa ngelempengin kaki dan pinggang. Stand Papa Ron's di foyer diserbu sama penonton yang lapar, jualan pizza slice-nya laku tuh kayaknya. Gue cuma nyari minum aja .. ada refri isi minuman kaleng .. tapi yang menarik minat gue cuma Pocari Sweat. 4ribu sekaleng?!! Highway robbery! Dengan harga segitu gue bisa beli Coca-cola 1.5 liter di Hypermart .. hahah .. yeah, right. No coke in the fridge, so take it or leave it. Liat-liat stand M2, jualan M2 Box edisi Ocean's Twelve. Hmm, not interested, I've bought it already since a couple of months ago. Abis selesai minum, mondar-mandir di foyer yang udah berkabut karena jadi cerobong asap rokok .. gue sama Andri mutusin nunggu di dalam aja deh. Masih ditemenin sama OST Chicago.

Akhirnya konser babak kedua dilanjutin .. di sini juga urutan songlist ada yang diacak .. jadi kalo ada yang kebalik-balik, harap maklum, buku acaranya ga update lagi soalnya.

"Hakuna Matata"
(OST The Lion King - Originally performed by "Timon", "Pumbaa" .. and that cute cub "Simba")

Bukannya gue ga demen sama ni lagu. Cuma ini .. hmm .. gue belum pernah nemuin ada yang bisa nyanyiin lagu ini setepat di filmnya .. well, di audisi American Idol Season 4 ada yang bisa, and the performer is truly talented as an entertainer. This song contains some tricky parts, as it was originally sung by unique characters in the movie with some dash of dialogues. Ga ada maksud buat melecehkan kemampuan PS sebenernya .. well .. kenyataannya, imo, emang trio yang ngebawain lagu ini lumayan menghibur, tapi belom cukup baik. Istilahnya, gue masih ga bisa nangkep jelas apa yang di"bicarakan" di atas panggung, juga ada masalah lupa lirik .. dan keluwesan trio itu berakting. Cowok yang pake kacamata (dia ini si dirigen di babak pertama kalo ga salah. Posisinya udah diganti sama dirigen), he's quite good though. Gayanya lucu dan ga malu-malu. KPS Band yang mengiringi PS mulai di babak kedua ini juga oke banget. Seandainya nih .. seandainya lagu yang dipilih itu "Circle of Life" .. it would be perfect since it could brought up the capability of the whole choir.

Ada dua lagu yang di-list tapi ga dinyanyiin: "The Lion Sleeps Tonight" (OST The Lion King 2) en "River of Dreams" (OST Philadelphia). Ga tau kenapa batal ditampilkan. Gue jadi serasa nonton film yang di-sensor atau di-cut sama projectionist .. di trailer ada, tapi di feature ga ada gitu .. heheh .. Lanjut ke ..

"Kokomo"
(OST Cocktail - Originally performed by The Beach Boys)

Aruba, Jamaica .. oo I wanna take you to Bermuda, Bahama .. come on, pretty mama .. Tom Cruise juggling, hot hot hot .. heheh .. (fyi, VCD-nya lagi di-sale Rp 12.500 aja). Kali ini, giliran anggota cowok yang mengambil alih panggung. Not bad. Nyanyinya rileks. Yang gue sayangkan, kenapa mikrofon hanya dipegang oleh beberapa orang aja? Jadi suaranya ga nyatu .. nada utama lagunya juga timbul tenggelam karena ga kebagian mic. Padahal lagu ini punya nada bass yang cool. Terus juga, karena ada dua lagu yang dilewatin, penonton bisa mengira kalo lagu ini adalah soundtrack dari The Lion King 2 .. karena film itulah yang muncul di screen sampai hampir setengah lagu .. heheh ..

"La Bamba"
(OST La Bamba - Originally performed by .. sorry, I forgot .. haven't seen the movie either)

Hmm. Kayaknya babak kedua ini jadi babak rame-rame gini. Gue udah mulai lost .. I mean .. gue udah ga bisa konsen lagi ngedenger suara-suara PS, karena perhatian gue terpecah sama hebohnya musik dan gaya mereka di atas panggung. Apalagi ditambah dengan Duo Percussion (yang gue ga tau kapan masuknya, di track ini atau di track sebelumnya). Keliatannya, PS juga udah kepecah tujuannya .. mo nyanyi atau mo nari. Yang kedengeran dari PS cuma bamba-bamba-bamba aja. Yah, enjoy aja sih. Di sini kalo ga salah, deretan mikrofon yang digantung paling belakang sempet jatuh. Yay. Untung ga ada yang ketimpa.

"Pretty Woman"
(OST Pretty Woman - Originally performed by .. *thinking* .. not my favorite. Sorry.)

Filmnya masih bertengger di urutan paling atas list gue sebagai the best romantic comedy. Tapi lagu yang ini, biasa-biasa aja .. paling kebayang Vivian dengan kakinya yang jenjang menyeberang jalan waktu dia lagi shopping gila-gilaan. Masih kebawa suasana riang gembira, penuh ceria .. gue liat penonton juga terhibur banget. Kalo udah begini nih, lupa deh kalo ini lagi nontonin konser paduan suara. Seperti yang lagi nonton show apa gitu.

"Picture of You"
(OST Bean - Originally performed by Boyzone)
One high point: gile band-nya .. kereeeeeennn!! I love the music .. well, selain lagunya sendiri emang bagus (still can't believe this is Boyzone's, in a Bean's movie .. pretty crazy stuff). PS nyanyi-nya bagus ga ya? You know what, I didn't really care =p. Give me these things, and you will not hear me bitching about lyrics and vocals .. hahahah .. neah. It's just difficult to give detailed comments on this kind of performance. They had fun (including the conductor himself), it's obvious, by dancing around and singing along .. and I had fun too, by sitting back and relax.

"Bring Me to Life"
(OST Daredevil - Originally performed by Evanescence)

Yang jelas, lagu ini udah membuat gue rela nonton Daredevil yang jelek itu .. hanya demi mendengar secuil track-nya waktu Elektra bermain trisula. Then, lagu ini juga yang menjadi motivasi utama gue buat nonton konser "Hollywood Highlights". A choir singing pop metal? Tough call. I'd really like to know how it's gonna be performed .. who's gonna sing Amy Lee, who's gonna rap those words .. how good they would be. Di songlist, lagu ini muncul di urutan terakhir, dan gue pikir mereka emang berniat menutup konser dengan "keras". So to be frank, I didn't see it coming that early. Waktu PS muncul dengan kostum campur-aduk bergaya anak-anak muda .. warna-warnanya saling bertabrakan dengan cerianya .. I thought they're gonna sing something different. But when the music started .. duduk gue yang tadinya leha-leha gitu, langsung tegak. Applause penonton juga rame. Tya Subiakto (beneran itu yang namanya Tya ya?), the orchestra conductor sendiri yang muncul dalam balutan busana kulit berwarna hitam dan jaket warna peach (or was it pink or light brown? Argh, gue jadi buta warna begini ..), langsung menghentak dengan vokalnya yang kuat. Damn, she's good! She was fantastic on stage .. she's energetic, over-pitched a bit because of the excitement .. but no doubt she knew how to sing this song. And the rapper, he's okay. Sempet salah masuk sampe geleng-geleng kepala .. hihi .. he picked it up quite fast. Bener, lagu ini powerful, bisa membangunkan orang-orang tidur kayaknya. Auditorium serasa lebih hidup. Beat yang datang dari band sangat menggedor suasana. Gue suka banget! Sayang tantangan kali ini ga diambil sama anggota PS, why? It could be interesting as well, you never know.

"What a Feeling"
(OST Flashdance - Originally performed by Irene Cara)

So finally I knew why they wore those colorful costumes =D. It's dancing time, ladies and gentlemen! Lagunya dinyanyiin sama solis yang udah mencuri perhatian gue sejak "Endless Love" (hehe .. rasanya secara keseluruhan, dia bisa dinobatkan jadi bintang solo konser ini .. aside from her failure to be the "every woman"). Vokalnya seperti yang udah-udah .. konstan, jernih .. surprisingly bisa cocok dengan lagu begini. Her dance was not bad either (need to work on that smile a little bit, though). And really I think somebody should provide some headset or microphone clip for her, you know .. Britney Spears' stuffs. Would have made her task easier. And guys, mo liat Jennifer Beals sukses nari di filmnya? VCD-nya lagi disale juga, 19ribu kalo ga salah.

"Footloose"
(OST Footloose - Originally performed by Kenny Loggins)

Really loose. I got a feeling, even Kenny Loggins and Kevin Bacon would smile should they watched this performance .. hahaha .. Kocak, menghibur. Gayanya itu lhooo .. Makin malam, makin gila juga ini anak-anak PS. Vokalnya mesti berusaha keras mengalahkan kemeriahan musik dan koreografi, then again .. who cares. Everybody had fun. (fyi, lagi .. you can find the movie on sale. Bwaa .. ketauan banget gue abis browsing rak-rak vcd obralan di mall .. hahahaha ..).

"Fame"
(OST Fame - Originally performed by Irene Cara)
Ingat adegan siswa-siswi sekolah seni tumpah ruah ke jalan dan menari bebas sampe nginjek-nginjek mobil? Kebayang semangat yang dibawa oleh lagu pemenang Oscar ini? Well. Semangat itu berhasil dibawa oleh KPS Band, T&T Orkestra (you gotta check Tya Subiakto out when she was conducting this track .. her style was so cool!), dirigen PS, serta koreografi yang bagus. And what about the choir? Di bagian awal lagu, sulit buat fokus ke solis yang berlokasi di tengah-tengah keramaian panggung. Suaranya pun timbul tenggelam. Baru di pertengahan lagu, waktu si solis diangkat (yeap, you heard me. Diangkat, seperti seorang diva atau pahlawan olahraga) dan dibawa ke depan .. vokalnya lebih nyata terdengar. Solis-nya punya warna suara mirip dengan Irene Cara, dan kemampuannya membawa nada-nada tinggi mengundang applause meriah dari penonton. I myself, was stunned by her microphone control. Very nice. Hanya ada sedikit minus .. FAME! You should have cried it out, guys. HIGH! And fly high to the sky. Jangan mau kalah sama suara terompet. You're not gonna live forever for sure .. but at least you are alive at this very moment. It's the closing performance .. with an excellent song choice. So don't hold back.

.. and it was over .. er .. not exactly. Setelah MC kembali muncul di panggung untuk menutup konser dengan membacakan beberapa ucapan terima kasih (dia ga dikasih mikrofon 'bo .. teganya!), lagu "Fame" kembali ditampilkan sebagai encore. With the same spirit, with the same choreography. I had a wild dream that this time they would step down the stage .. and they would sing and dance freely among the audience. But I guess, it was just too much to ask =D =D.

Baru deh, setelah itu bubar jalan. Kembali OST Chicago mengalun .. gah. Ga punya soundtrack lain ya? Udah hampir jam sepuluh .. so Andri and I went home directly.

Overall, the concert is not bad. It's quite entertaining as a package (I'm giving the credit to the second part of the concert). This one is a nice try, not everyday I can find a choir doing musical like this. But did it worth 100k? Er .. sorry to say, buat gue masih kemahalan. Gue kok ya kurang puas gitu, seperti masih ada yang kurang. It's like .. knowing that the performers have so many talents .. it's there .. but they haven't given it all yet till the end of the concert. At 50k .. no .. at 75k .. it should be okay. But absolutely not at 100k. Yeah, I know I am a cheapskate. Within reasons though.

Gue ini penggemar film dan penggemar musik .. dan soundtrack adalah jembatan terbaik untuk menyatukan kedua hal tersebut. I love soundtracks. Waktu gue menerima flyer "Hollywood Highlights", yang ada di pikiran gue adalah konser ini adalah penampilan sekelompok paduan suara yang mempresentasikan soundtracks .. in a choir style. With the quality of vocal performance above all. Bukan berarti kualitas vokal PS Trisakti itu jelek .. no, I'm not saying that, put that gun away, please. Gue ga pernah meragukan bagusnya vokal masing-masing anggota. However, imo, it takes more showmanship to sing solo than to sing in a group. Solis-solisnya masih sulit berinteraksi dengan penonton, baik lewat ekspresi, maupun lewat gesture. Lagu-lagunya walaupun sebagian besar dibawakan dengan suara yang indah, rasanya jadi hambar karena feel-nya banyak yang ga nyampe.

Apalagi ditambah dengan koreografi yang sebentar-sebentar merusak konsentrasi mereka dalam menyanyi. Keliatan kalo hal ini di luar kapasitas sebagian anggota PS. Masih banyak yang ga luwes, masih ada yang belum bisa membawa jiwanya ke dalam tarian (lagunya ceria tapi ekspresinya mandek kayak yang abis konser nanti mo dihukum mati), ada banyak kesalahan gerak, ada yang ga apal koreografinya (nari sambil terus ngeliat ke arah temen-temennya .. nyari contekan gaya), ada yang saling dorong or colek-colek, dan lain sebagainya =p. Tahukah kamu kalo nari sambil nyanyi itu susah-susah gampang? Exactly.

Sepanjang konser, gue juga kasian ngeliat dirigen-nya. Udah demikian atraktif dan semangat .. ngasih kode buat senyum, juga ga diliat. Karena lokasinya di pojok kali ye, jadi serba salah. Ada anak PS yang serius banget terus-terusan ngeliat ke samping ke arah dirigen, sampe mimiknya sedingin batu dan dia lupa kalo penonton mengharapkan senyum manisnya .. dan ada banyak juga yang nyuekin si dirigen. Ada keharusan dirigen memimpin konser se-casual ini? I think no. Ga pake dirigen lebih banyak plus-nya deh .. PS bisa lebih involve ke penonton, dan dirigen ga perlu buang energi ngayunin tangan. Mendingan dia ikutan gabung ke tengah panggung aja toh ..

And this .. I'm not really sure how they feel, I could be wrong .. but this is how I feel .. that they're getting too comfortable with the audience. Gue yakin saat itu auditorium sebagian besar dipenuhi oleh kalangan Universitas Trisakti. I could see the audience were giving big tolerance on the performance (of course, why wouldn't they?), and the performers knew it. And once the performers knew that the audience had tolerance for everything, that's where they likely would fail to give their best. Andri sempet menghentikan komentar negatif gue, karena dia merasa penonton yang duduk di sekeliling kita berdua adalah relasi Universitas Trisakti. He's afraid that somehow I would offend them. O yeah? I paid for the tickets, and I expected for the best I could get. They had courage to sell the concert for public, and they'd better know that public judgment is never easy. Besides, I'm not always negative, am I? =D.

Well, on the lighter side .. 25 tahun usia Paduan Suara Mahasiswa Universitas Trisakti adalah satu hal yang bisa dibanggakan. Seperti yang ditulis dalam buku acara, bahwa PS Trisakti mampu menyanyikan beragam jenis musik, memang bisa ditunjukkan di depan penonton malam itu. Pilihan lagu-lagu yang diambil dari film-film yang dirilis sepanjang tahun 1979-2004 juga bervariasi. Ada beberapa track luar biasa yang ternyata bisa masuk ke dalam konser ini. Dan karena soundtrack itu ga terhitung banyaknya dan pastinya sangat sulit memilih mana yang akan dibawakan (mereka harus membatasi satu soundtrack dari satu film per tahun, sepertinya), they surely have missed these songs from my personal favorites: "Come What May" dari Moulin Rouge! (a musical so rich, and not a single song is taken from this movie), "Until" dari Kate & Leopold yang punya nada eksotik dan petikan gitar khas (oo .. it will be a unique experience hearing this sung by a choir) .. or one of the songs from The Phantom of the Opera (it could be dedicated to the Phantom at the Box =D). Atau kalo saja mereka boleh menyimak pilihan-pilihan soundtrack dari tahun-tahun sebelumnya, there are some phenomenal songs that it will be a crime to miss such as "The Sound of Music" from the movie-you-know-what, "Over the Rainbow" dari The Wizard of Oz or even "Somewhere" dari West Side Story yang pastinya bisa mengharu-biru perasaan .. to be dedicated to the tsunami victims, perhaps? .. I can go on and on with the list .. heheh .. For some other concerts, I wish.

Yeah. Despite of my ranting above, I would love to see more of this kind of concert .. (tahun depan lagi ya?) .. with some points to consider. First, see the bargaining price mentioned above ..

.. kidding =D =D.

I, in fact, can be very generous for good things. I don't mind seeing a dancing choir .. I appreciate all their efforts to present a different approach in their concert. But it didn't seem working too well because they have missed to pay more attention on some details, such as the sound system, the choir's capability, the costumes and the stage space for the choreography. Those hanging microphones .. too many people moving on the stage, too few mics to capture the voices. One or two persons holding the microphones while they're singing as a group, was really a bad idea. Mana sering feedback pula. Man, sayang kan suara bagus-bagus ga bisa kedengeran dengan utuh. Terus kalo sulit melakukan multi-task nyanyi sambil nari, pisahin aja solis-nya (seperti yang di babak pertama itu lho) and let the soloist focusing on his/her singing. Gue pikir penonton juga ga akan keberatan kalo solis-nya ga ikutan nari, asal nyanyinya bagus gitu. Paduan suara itu kan tugas utamanya menampilkan suara, no? Jadi ya jangan sampe tenggelam karena koreografi. Dan untuk nari rame-rame begitu, tolong .. panggungnya kecil amat. Gue tuh ya pas nonton track yang nari rame-rame, sempet was-was juga .. kali aja ada anak PS yang kesikut, atau kesandung temennya .. hehe .. Mungkin bisa dipertimbangkan ruang gerak yang lebih lapang, atau kalo perlu koreografinya juga dibatasi sekalian .. mengingat ga semuanya keliatan bisa nari luwes juga. Apalagi ditambah dengan kostum yang enggak banget .. ga rapi, dan keliatan ga gitu nyaman dipake oleh sebagian anggota. And musical is not just singing and dancing. Good interpretation and good acting from the heart could give some high points in living up the show (dare I hope for a movie parody in every track? =D). I'm sure they'll get one outstanding concert if they can work on these things.

Or .. okay, okay, I'm stopping, just one more point .. or .. present something simpler instead. PS Trisakti punya harmonisasi suara yang baik, dan banyak soundtrack yang bisa dinyanyikan oleh komposisi paduan suara lengkap tanpa kehilangan warna aslinya. So leave all the so-so individual performances in the closet and go back to the basic .. perform the songs in a unity, with minimalized choreography. It might be an elegant and classier performance.

Stop. Told ya. Now I will keep my big mouth shut for a while, and replay my Ice Castles once again. Pleaseeee don't let this feeling end .. it's everything I am .. everything I wanna be ..

Thank you for reading =D.

0 comments: