I Spent My Birthday with Delon

Score, Citos
6 April 2005


Kuningan -Taman Anggrek - Citos .. dua setengah jam .. itu lebih dari waktu tempuh Jakarta - Puncak bukan nya'? Macet. Laper. Ngantuk. Bete. Untung ada Wednesday Love Song di mobil .. ditemenin begitu bisa lebih rileks nyamperin Delon. Padahal kata kepala sih udah mo muter balik pulang aja sejak di arteri Pondok Indah (itu underpass project .. hih! Jakarta ga ada abis-abisnya bikin jalan, tetep aja ga nolong). Tapi kata hati ga ngasih .. ayo jalan terus, terobos aja lampu merahnya (buset, dimana-mana lampu merah). Dah tanggung, mumpung ada kesempatan juga buat nonton Delon live.

Jam delapan teng, gue sama Andri nyampe di Citos. Thanks God nyari parkirnya gampang, dapet pas di bawah sisi Score. Untung juga ya ternyata show-nya baru mulai jam 9. Jadi kita berdua masih bisa dinner dulu. Naik eskalator mo ke BillieChick .. gue liat Luci Kanti lagi main sms sendirian di depan entrance Score =D. Mo nyamperin, tapi lapernya ga nahan .. jadi gue lewat aja deh. Sambil nunggu makanan, gue sms Grace .. ternyata masih di tol. Hua. Ok. Nah, terus gue sempet liat-liat cake display di restoran itu, tau-tau ada waiter di balik counter bisik-bisik sama colleague-nya, "Delon, Delon". Tut-tut. Radar gue langsung bunyi gitu, secepat kilat balik badan ngeliat ke luar (ke arah eskalator di depan sana) .. ternyata .. ga ada siapa-siapa!! What?? Apa Delon itu sejenis dedemit yang bisa sekejap mata menghilang dari pandangan .. zeeppp .. dari koridor langsung masuk Score? Apa itu waiter yang lagi dapet penampakan? False alarm, kali ye. Gue ngerasa ditipu, langsung balik badan lagi ke counter ngelempar tatapan sengit ke si waiter .. ternyata .. di counter juga ga ada siapa-siapa. Waiter yang tadi nyebut Delon kayaknya udah menghilang ke kitchen. Cuih! Jangan-jangan si waiter itu juga sejenis jin. Au ah.

Jam sembilan selesai makan, gue ngintip entrance Score. Udah kedengeran suara live music dari arah dalam. Tenang. Delon-nya baru muncul nanti jam 10. Masih males masuk deh, jadinya gue ke toko kaset dulu (pas di sebelah Score juga). Liat-liat di sana, dapet dua kaset .. terima sms dari Grace sama Becca yang bilang mereka udah ada di dalem Score .. so we finished our shopping and went straight away to Score. Di depan Score ada beberapa orang yang pegang-pegang handycam ke arah entrance, lagi ngerekam apa ya?

Gue antri mo bayar cover charge di belakang Luci Kanti yang ternyata juga baru masuk (lha .. gue pikir Luci udah di dalem dari tadi?). 2 @ 50ribu keluar, ga ada pilihan soft drink (huh?!) .. adanya Vodka Vibre, Vodka Mix, sama San Miguel. Ya jelas gue sama Andri ambil Vodka Mix doooongg .. itu minuman gue pas nonton Ju-On di rumah. (Emangnya ini mo nonton Delon ato mo nonton film horor sih?) Andri ambil yang blueberry, gue ambil yang cranberry. Cocok. Pas mo masuk, ditawarin sponsor rokok Gudang Garam lagi. Maaf, Mbak, saya tidak merokok. Lagian nawarin kok rokok? Nawarin berlian aja, napa? =D. Pas udah di dalem, baru ketauan kalo Andri ternyata ngambil satu kotak .. dia malah minta gue balik lagi ke pintu buat minta jatah yang tadi gue tolak. Heee .. buat apaan? Buat nanti dikasih ke security penjaga portal kompleks gue katanya, gratis ini. Maaf, honey bunny sugar sweetie candy candy .. gue udah cukup tersinggung dikira gue perokok (padahal kenapa juga mesti tersinggung? Si Mbak kan ga tau .. hihih .. dia hanya menjalankan tugas) .. ogah banget nyamperin lagi. Biarin aja security dapet satu kotak, cukup lah buat dibagi-bagi ke temen-nya satu orang satu batang.

Yeeee .. ini kok jadi nulis ginian sih .. oke, oke. Back to the right track.

Gue ga nyangka kalo Score itu tetap di-set seperti apa adanya. Tadinya gue pikir meja-kursi-sofa bakalan diangkat, termasuk meja-meja bilyar juga .. biar bikin suasana lapang. Soalnya kan di telepon bilangnya semuanya harus berdiri. Ternyata banyak tuh .. di mana-mana ada tulisan "Reserved" .. sampe bar stools juga di-reserve. Yang bener aja?? Minimum 30 orang buat reservation buffet?? A total b.s.!! Ada yang reserve sofa, cuma buat duduk bertiga. Puh puh puh. Sudahlah. Berdiri juga ga pa-pa .. asik malah. Yang berdiri ga terlalu banyak, bisa flexible nyari spot. Di dalem gue juga dengan mudah bisa me-locate rombongan Grace, Becca sama Mega. Ada Lina sama Luci Kanti juga ya. Berdasarkan hasil interogasi singkat, ketauan Luci ternyata udah di sana sejak jam empat sore. Jam empat?? Jam empat .. *melongo* ..

Memang stage Score itu antik. Tinggi di atas front bar. Kalo ada penyanyi yang menderita phobia ketinggian .. bisa pipis di celana kali .. hahah .. Yang nonton juga mesti ngedongak. Pegel-pegel deh lehernya. Andri aja gue minta duduk di depan sana, ga mau. Dia lebih milih berdiri di belakang middle bar, agak jauh dari stage tapi pandangannya bisa lebih central gitu. Jadinya gue bentar-bentar gabung sama Deloners di depan stage, bentar-bentar gue balik ke lokasi Andri .. buat jaga-jaga jangan sampe ada cewek yang kecantol sama dia (ga rela, ga rela!) .. hahahahaha.

Sambil ngobrol .. numpang duduk di sofa reserved terdepan (yang punya belom dateng, so bolehlah duduk-duduk bentar) .. dengerin Bonita nyanyi tepat jam sepuluh. Man, this girl .. suaranya hebat! Bonita nyanyi beberapa lagu yang cocok banget buat dibawain di sini (gue ga tau judul-judulnya, tapi melodinya familiar). Termasuk satu lagu ballad Stevie Wonder yang di mobil tadi sempet diputar di radio .. and satu lagu powerful dari Whitney Houston "Saving All My Love for You". Loved it very much. Di spot ini juga gue kenalan sama Litha, Cindy en Novie (now we know who's who .. behind the mailist all these times =D. Litha, biarpun gue udah bertambah tua setahun .. elo baru boleh panggil gue ibu-ibu kalo usia gue udah kepala sembilan .. *lol*). Terus gue sama Mega sempet ngerumpiin Delon yang betah bercokol di table temen-temennya di samping sana (ga tau atau belagak ga tau kalo ada sekelompok Deloners di tengah yang setia menunggu .. cieee ..) .. sempet dilewatin juga sama Karen Idol yang, as usual, tampil punk abis. Ga lama, yang punya sofa dateng. So we moved away a little bit. Masih di depan stage tapinya. Trus gue juga ke bar sebentar claim minuman. Soalnya namanya vodka, ga bisa gue minum cepet-cepet, ntar mabok lah. Enaknya nanti buat diminum pelan-pelan sambil ngeliatin Delon .. buat berimajinasi .. stop, stop, stop.

Jam sepuluh duapuluh (kayaknya ye) .. akhirnya Delon dipanggil buat tampil. Gue juga langsung gabung lagi sama Deloners di depan stage. Baru gue bisa liat dengan baik dan benar, Delon pake kaos merah, jeans, kacamata, style rambut casual juga alias ga jabrik. Delon langsung menuju stage dari arah meja tempat ngobrolnya .. terus naik tangga .. nyampe deh di atas. Abis basa-basi sejenak, lagu "Invisible" langsung digebrak .. brak! Ini lagu punya history jelek di buku gue. Waktu Delon nyanyi di Grand Final Indonesian Idol dulu itu, bikin gue hopeless karena fals-nya. Nah, yang sekarang nih .. he might wanna work a bit more on the lower notes and the pronunciation (masih jadi dua titik kelemahan Delon. Nada rendahnya kurang kuat, sama lafal Inggrisnya yang menggumam ga jelas) .. tapi yang penting, dia udah ga fals lagi nyanyinya lhooooo .. Tempo-nya juga oke, thanks to the band.

Diterusin sama lagu "Kau Sangat Berarti". Not bad. Bukan lagu favorit gue, tapi pilihan lagu ini bagus buat ngedukung suasana yang udah dimulai sejak lagu pertama tadi. Tadinya gue harap-harap cemas, cemasnya ga semua penonton itu Deloners yang bisa nerima lagu-lagunya Delon dengan telinga terbuka. Ternyata penonton-penonton di sekitar juga keliatannya enjoy aja dengerin Delon. Malah banyak juga yang bergabung sama Deloners ngambil foto Delon dari bawah stage. Di lagu ini, kelompok Deloners disamperin sama Wawan. Lha, jabriknya .. gantian sama Delon?

Selesai nyanyi, Delon ngomong ke salah satu area sofa di depan kiri .. minta yang ulang tahun buat naik ke panggung. Cewek pake baju merah .. kata Delon, bajunya sama warnanya. Pake jeans juga, sama. Diajak nyanyi bareng, tu cewek ga mau. Katanya biar Delon aja yang nyanyi, dia dengerin aja. Hmm. Intro mengalun .. "The Way You Look at Me" .. Mak. Gue kalo duduk di kursi, pasti udah jatoh ngegelinding kali. Akhirnya gue bisa juga toh dengerin Delon nyanyi lagunya si CB? =D. Padahal paginya gue baru aja ngebahas soal this particular song bareng Maria W. about CB's version. Karena banyak yang bilang kalo versi Delon lebih bagus. Well, Delon emang bagus nyanyi lagu ini (bukan berarti versi Delon lebih bagus daripada CB, cause biar bagaimanapun, gue bakalan tetap prefer yang original). Again, the pronunciation was quite distracting. Soalnya gue kebiasa denger lagu tanpa teks, jadi artikulasi itu penting banget buat gue menangkap lirik. Tapi karakter suara Delon pas, itu yang bikin lagu ini sama menyentuhnya seperti yang dinyanyiin CB. Delon juga memperlakukan birthday girl-nya dengan manis banget. Duduk berdua di anak tangga, dipeluk sambil nyanyi .. dicium rambutnya .. so sweet. Gue sampe terharu lho, jadi serasa gue juga yang dipeluk en dicium *gubrak. Beneran jatoh kali ini. This must be the Vodka talking*. I was happy for that girl. Terus Delon gandeng dia nurunin stage, nganterin tu cewek balik ke mejanya. Langsung deh kelompoknya heboh, pada ngerubutin minta foto bareng. Karena hebohnya, Delon kehilangan konsentrasi .. masuk baitnya kecepetan, sampe band-nya sempet dragging buat nyesuain birama. Bingung dong .. pegang mikrofon, nyanyi, meluk cewek, dikerubutin cewek-cewek yang lain, berpose buat foto .. all at once? Untung aja ga lama. Bisa-bisa nanti Delon mesti nyanyi sambil pegangan sama pilar, saking bingungnya.

Gue lupa Angie gabung sama kita pas di lagu apa ya. Jadi di tengah-tengah dengerin Delon, Angie nyamperin gue dari arah belakang sambil nanya ini Deloners bukan, karena dia baru pertama kali dateng di show-show begini. So yeah, glad you could join us =).

Lagu keempat .. apalagi kalo bukan "Aku Masih Cinta". Need to comment more on this one? Er .. di bagian improvisasi "huuu huuu" itu, Delon ngambilnya nadanya kurang tinggi. Ga tau apa emang maksudnya begitu, atau emang pitch-nya ga pas. Di telinga gue ga enak aja gitu dengernya. But that's very minor. Selebihnya, mantep deh! Terutama napasnya yang puanjang. Yang keliatan banget di sini nih .. Deloners udah semakin mendekat, mendekat, dan mendekat ke arah stage. Lengkap dengan persenjataannya .. camera dan HP. Apalagi Delon nyanyinya sering duduk di anak tangga. Luci juga setia di area front bar. Luci, Luci, gue curiga dikit lagi Luci bisa ikutan naik sampe ke stage paling atas demi Delon .. heheheeh .. Tapi nggak kok. Malah Delon yang turun nyamperin Luci, terus nyodorin mikrofon minta Luci nyanyi refrein. Tapi Luci kok ga apal? Nervous, I assume?

Bonita dipanggil Delon ke stage buat nemenin nyanyi "Endless Love". Bwwwwwwaaaaaaa!!! Bukan Delon namanya kalo ga bisa bagus nyanyiin lagu ini. Ini kan lagu wajibnya wedding singers .. hahahaha .. Stage langsung jadi ajang pamer kekuatan suara dan improvisasi mereka. Top. Gue sempet ngelirik ke belakang nyari Andri .. dia juga lagi asik dengerin di sana. Hiks. Jauh banget siiihh .. mana pas di lagu romantis begeneeee .. Tapi Andri aman. Ada Novie yang nemenin =D.

Duet keren-nya selesai. Delon basa-basi lagi sama penonton. "Lanjut?" .. Penonton cowok di belakang gue nyamber "Lanjuuuuuttt .. sampe jam satu!" Eeeee .. demen ya? (Hihihi .. gue juga maunya gitu sih. Delon nyanyi terus sampe jam satu. Tapi mikir besok kerja .. yay). Delon pun lanjut .. nyanyi "1000 Tahun Lamanya". Dari semua lagu yang pernah dinyanyiin sama Delon, this song always be one of my favorites. Sejak di Show Spektakuler, Delon udah bagus nyanyiinnya (gue inget komentar Andri waktu itu, "Kenapa Delon ga pilih lagu-lagu kayak gini terus aja sih?"). Terus waktu road show Indonesian Idol di Balai Sarbini juga. Di sini .. lebih bagus lagi, soalnya gue dengernya live =D. Asik banget dah. Ngebawa penonton banget. Mega ambil inisiatif maju buat nyalamin Delon .. terus balik ke kelompok dengan gaya seperti yang abis nyetak gol =p =p. Yang lain ngikut deh. Deloners-non Deloners .. maju aja nyalamin Delon, minta foto bareng. Ngeliatinnya seru .. hehehe.

Udah hampir jam sebelas, dan show udah hampir selesai. Delon nanya feedback ke penonton .. dijawab sama penonton yang di duduk di stool sebelah kanan Deloners "Kurang. Kurang goyang!". And you know what .. ga tau siapa yang ngusulin lagu dangdut .. Delon sempet meragain goyang pinggul ala penyanyi dangdut, terus sambil ngebelakangin penonton, dia melantunkan baris pertama dari lirik "Kopi Dangdut"!!!! I'd be damned!! Kyaaaaa .. gue sama Mega udah ngacungin jempol, maksudnya minta dia terusin nyanyi lagu itu .. ternyata cuma segitu aja yang dikasih .. (tolong, Delon .. tolong kapan-kapan nyanyi lagu ini). Delon ga prepare lagu dangdut or disko malam itu deh. So diganti sama lagu "The Reason". Wuah. Ini sih lagunya Andri banget. Tadi di toko kaset, dia nyari album Hoobastank yang ada lagu ini, ga ketemu. Gue sendiri baru dua kali denger lagu ini. Pertama, sayup-sayup aja di supermarket. Kedua, ya yang dinyanyiin sama Delon. Jujur, Delon makes me like the song even better.

Lengkap sudah. Abis say bye-bye ke penonton, Delon juga inget buat nyalamin band pengiringnya. Nice. Terus langsung ke masuk ke ruangan di samping stage. Sementara Deloners nyamperin Delon buat foto bareng, gue balik kanan nyamperin Andri .. hehe .. ngobrol-ngobrol sama Novie sambil nunggu yang lain selesai bercengkerama dengan Delon. Pas niatnya udah kesampaian semua, kita ngumpul-ngumpul lagi bentar, en gue sama Andri pamit. Perjalanan pulang masih jauh soalnya.

Hiii .. sampe rumah pas midnight. Suara hampir abis karena kebanyakan ngobrol teriak-teriak di Score, ngalahin suara musik yang kenceng banget sampe bass-nya berdentam menggetarkan meja .. bau asap rokok dari ujung rambut sampe ujung kaki .. terpaksa mandi sambil cuci rambut (emang enak, keramas malem-malem?), en tidur langsung. What a day! But I have to say I've had fun. Show-nya Delon runtut, biarpun mulainya malem banget (ga sabar deh!) .. it's really easy and enjoyable. Selain itu, ini show Delon pertama yang gue tonton rame-rame bareng Deloners, dalam arti yang sebenarnya. Biasanya gue nonton sendirian soalnya =D. Thank you all for the company and the wishes.

-- as posted in Delon_Idol --

0 comments: